Sedikit pertarungan panas nih..coz sempet argumentasi ama tmen sesama pemilik Satria namun beda jenis..doi pakai Satria Fu 150 yg ngk lain adalah adik dari sang legend..my Gledekan..yg ngk lain adalah satria RU120…soal kenceng mana sih duo legenda beda engine ini??..
Hal ini juga kerap ditemui oleh para penggeber Ru dan Fu…kadang ada yg ngaku kalo RUnya standart lebih kenceng dari Fu yg notabene adalah mesin 4 stroke…ada yg ngaku FU standartnya bisa ngalahin Ru yg mengusung mesin 2 stroke..jujur aja,,ane saat ini masih bingung…coz sepanjang ane adu speed..yah sekadar nyoba2 speed nih motor sampai berapa..ane selalu milih FU sebagai sparing partner…kadang kalo mood baik dan si gledekan lagi sehat yah bisa dimenangkan RU 120..namun kalo mood jelek..si gledekan lagi ngk sehat..rider FU ok..yah kalah lahh..
Ada baiknya kita menilik power yg dicatat pabrikan aja..sebagai berikut:
Spec Suzuki Satria Ru120:
ENGINE
: 2 stroke,single cylinder,air cooled
BORE X STROKE
: 56 x 49 mm
COMPRESION RATIO
: 7.0 : 1
CARBURETOR
: mikuni VM 20 ss
IGNITION
: dc. cdi
NET WEIGHT
: 101 kg
MAX POWER
: 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
MAX TORQUE
: 1,50 kgmf @ 7000 rpm
INTAKE SYSTEM
: reed valve
TRANSMISION
: 5 speed (satria 120 s)
: 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )
Spec Suzuki Satria FU150 :
Tipe Mesin | : | 4 Tak, DOHC 4 Valve, |
Diameter X Langkah | : | 62 mm x 48.8 mm |
Sistem Pendinginan | : | Udara dan Oli |
Volume Silinder (cc) | : | 147.3 cm3 |
Perbandingan Kompresi | : | 10.2 : 1 |
Daya maksimum | : | 16.0 Ps / 9.500 rpm |
Torsi maksimum | : | 1.27 kgm / 8.500 rpm |
Karburator | : | MIKUNI BS 26-187 |
Sistem Starter | : | Pedal dan elektrik |
Kopling | : | Manual, plat majemuk |
Rantai Penggerak | : | DID 428 DS, 122 mata |
Oli | : | 1 Liter Pada penggantian Periodik, 1.1 liter pada saat penggantian filter oli |
Transmisi | 6 Percepatan return | |
Kelistrikan | ||
Pengapian | : | DC CDI |
Aki | : | 12 Volt 2,5 Ah 10 HR |
Busi | NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N | |
Dimensi | ||
Panjang x lebar x tinggi | : | 1.963 x 712 x 1.077 mm |
Jarak sumbu roda | : | 1.252 mm |
Jarak terendah ke tanah | : | 136 mm |
Berat kosong | : | 107 kg |
Rangka | ||
Tipe rangka | : | Tulang punggung |
Tipe suspensi depan | : | Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli |
Tipe suspensi belakang | : | Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli |
Ukuran ban depan | : | 70/90 – 17 38S |
Ukuran ban belakang | : | 80/90 – 17 44S |
Rem depan | : | Cakram |
Rem belakang | : | Cakram |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | : | 4.9 Liter |
Radius Putar | : | 2 M |
Sudut Kemudi | : | 45o (Kanan dan Kiri) |
Menilik spesifikasi diatas jujur ane terperanjak..hebat bner suzuki bisa menciptakan pengganti sang legenda hidup..yaitu Satria Ru 120 dengan Fu 150 yg disoal power kalo diatas kertas bisa ngalahin RU…seharusnya hal demikian bisajuga dong dilakukan oleh yamaha untuk sang legendnya si RX King??..
Back to topic..kira2 kalo di real lintasan speed ok mana yah??..yah cuman minta pendapatnya aja…kalo ane sih jujur masih bingung…xixiixix..oh iya nih cuman perbandingan power aja lo..namun sebagai rider Satria..ttp dah semuanya Sodara..toh sama2 dari satu ibu kok..Suzuki giituu..
*Note: Perbandingan cuman buat mesin standart aja..kalo ada yg cerita satrianya lawan ini..ato itu menang dengan mesin dimodif…sama aja dengan angin lalu
Mantep ru,,,
satria ane RU 2002 5 speed cuma bisa lari 130km/j dgn spech standar njeglek.
rung tau njajal FU, tak ngalah wae lah
11-12an lah….
ru bos
ane punya ru 120,dan honda cs1.
Ini bukti nyata. Pada kecepatan cs1 122kpj eh…kena salip oleh ru ..
Sayangnya gk tau sbrpa kpj nya ru ozt spidometernya dh gk da lgi.yg jelas cs1 stantar kalah,
ru di bawa oleh adik saya yg bb nya 48kg
sedagkan honda cs1 ane yg bawa bb ane 61kg.
lain hri adik saya tes lgi dengan rx king..eh..rx king nya keok di lalap jga ma ru 120.
Ane jdi sayang ma ru pngen di buat motor drag aja lah..
Satria Ru rajanya jalanan ..boleh di coba
Di atas kertas emang fu. Tapi nyata coba aja pake ru. Tenaganya jauh nikmat ru.. ru 120 tetep josss .. ane punya dua mtor itu bro. Biarpun fu gua kasi part racing tetep aja terasa ngoook nya.. beda ama ru .tancap gas langsung melayangggg….. fu skrg ane kasi buat istri tuch. Klo ru ane kna ujan dikit gak rela ane. Hehehehehe
ru dong boss…!!! ru ane pernah ngalahin bnyak mtor boss diantaranya ; satria fu,tiger,rx king,f1zr… motor keaadaan standar..
jlass ru donk bosss…dari huruf aja fu ktinggalan 11 langkah[F-R]…itung aja kalo kaga pcaya,,hehehe;;….tapi buktinya emank nyata kok…rider fu idungnya cuma kebagian asap wangi ru gw….wkwkwkwk…
yg muda harus ngalah ama yg tua xixixixixixix,,,,, satria lovers
RU ttp mk nyooozzzsss bozs,…
he2…
Assalamualaikum.wr.wb…satria bikin loe beda sobht,….motor yg lain…lewat deah…『hermanto sungai penuh kerinci.
emang kenceng aku aja buat trabas ok ampe ga kuat nghandel saking asik bgt.wkwk
Saya pemilik satria ru tahun 2005, full modifikasi, mesin oke,. Kondisi kayak baru, (mau di jual) klu mau lihat gambar foto nya ini pin BB saya 284C1EF5
aku punya 2 satria ru tahun 2000 ama 2003 .yg tahun 2000 seker n stang seker rxz .karbu sp 26 knalpot racing abenk jogja .buring’n .6 speed .tapi ga pernah kluar rumah takut naeki nya .yg tahun 2003 standar njeglek go wora-wiri .pernah di bleyer fu tapi ceman tak mat plat no sama model’e .ketemu lagi di pakelan aku pake yg thn 2000 dr bangjo pakelan sampe bangjo njago’an funya tak tunggu sampe 2x lampu merah .jongkinya baru kelihatan terus omong sama aku .mav mas motor’e kog ngilang ya .begitu cerita ku 🙂
kwkwkwkkw.gue juga punya stria lscm,mau modif kencang gemana caranya ya mas bro ?? satria lumba-lumba
satria 2 tak sudah kencang dari lahir… kalo sob pgn mtr nya kencang terus and tahan di makan zaman, sob cukup rajin2 ganti oli mesin sama oli samping aje yang merk bagusan jgn lupa bahan bakar juga harus pake pertamax plus.. terbukti mtr rk cool ane thn 2002 masih bisa lari 125 km/j dengan kondisi bawaan dealer semua tanpa ada yg di ganti2….
btul bnget tue.,,, 2 tak nyawanya ada di oli samping.,.,., hrus rajin2 tuh.,., gua pnya satria LSCM.,,.,smpai skrang msih sehat sampai 140km/h.,,, lnjtkan laskar 2 tak.,
wah utk jangka panjang apa ga masalah tuh boss di kasih pertamax plus, kan kompresi nya cuma 7 boss…
Menurut gw seimbang sih…satria FU 150cc memang cc besar tp mesinnya 4tak sedankan kakaknya mesinnya 2tak tp cc nya kecil; jadi menurut gw sama…semua kembali lg kepada ridernya masing2 bro.
jual suzuki satria FU 150 cc mampir di http://www.dealermotorsuzuki.com
thx
Iseng ngintip spidometer saef saat ru yg saya kendarai berlari di 80kpj=90-100satria f,nah kalo ru saya 130…lalu berapa saef??satria 2 tak lebih unggul…trek panjang joki saaf nungging kaya kuda,dapat diputusin satria ru.
Jelas RU lebih unggul bos,saya sudah buktikan sendiri
Saya punya satria hiu larinya bisa tembus 145kpj
Satria fu cuma kene asapnya he..he..he
Sesama rider Satrisa gak boleh berantem, Aku punya satria Ru 120 6 speed, memang larinya kenceng tarik gas spontan, motornya jambret buat kamu para pemilik Fu loe harus hormat sama pemilik RU 120 sebab Ru120 sudah jadi legend.