Suzuki satria RU Vs Fu: Tarung sesama Sodara Sekandung…Menang siapa??

Sedikit pertarungan panas nih..coz sempet argumentasi ama tmen sesama pemilik Satria namun beda jenis..doi pakai Satria Fu 150 yg ngk lain adalah adik dari sang legend..my Gledekan..yg ngk lain adalah satria RU120…soal kenceng mana sih duo legenda beda engine ini??..

Hal ini juga kerap ditemui oleh para penggeber Ru dan Fu…kadang ada yg ngaku kalo RUnya standart lebih kenceng dari Fu yg notabene adalah mesin 4 stroke…ada yg ngaku FU standartnya bisa ngalahin Ru yg mengusung mesin 2 stroke..jujur aja,,ane saat ini masih bingung…coz sepanjang ane adu speed..yah sekadar nyoba2 speed nih motor sampai berapa..ane selalu milih FU sebagai sparing partner…kadang kalo mood baik dan si gledekan lagi sehat yah bisa dimenangkan RU 120..namun kalo mood jelek..si gledekan lagi ngk sehat..rider FU ok..yah kalah lahh..

Ada baiknya kita menilik power yg dicatat pabrikan aja..sebagai berikut:

Spec Suzuki Satria Ru120:

ENGINE
: 2 stroke,single cylinder,air cooled
BORE X STROKE
: 56 x 49 mm
COMPRESION RATIO
: 7.0 : 1
CARBURETOR
: mikuni VM 20 ss
IGNITION
: dc. cdi
NET WEIGHT
: 101 kg
MAX POWER
: 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
MAX TORQUE
: 1,50 kgmf @ 7000 rpm
INTAKE SYSTEM
: reed valve
TRANSMISION
: 5 speed (satria 120 s)
: 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )

Spec Suzuki Satria FU150 :

Tipe Mesin : 4 Tak, DOHC 4 Valve,
Diameter X Langkah : 62 mm  x 48.8 mm
Sistem Pendinginan : Udara dan Oli
Volume Silinder (cc) : 147.3 cm3
Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
Daya maksimum : 16.0 Ps / 9.500 rpm
Torsi maksimum : 1.27 kgm / 8.500 rpm
Karburator : MIKUNI BS 26-187
Sistem Starter : Pedal dan elektrik
Kopling : Manual, plat majemuk
Rantai Penggerak : DID 428 DS, 122 mata
Oli : 1 Liter Pada penggantian Periodik, 1.1 liter pada saat penggantian filter oli
Transmisi 6 Percepatan return
Kelistrikan
Pengapian : DC CDI
Aki : 12 Volt 2,5 Ah 10 HR
Busi NGK CR8E atau   DENSO U24ESR-N
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi : 1.963 x 712 x 1.077 mm
Jarak sumbu roda : 1.252 mm
Jarak terendah ke tanah : 136 mm
Berat kosong : 107 kg
Rangka
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Ukuran ban depan : 70/90 – 17 38S
Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 44S
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4.9 Liter
Radius Putar : 2 M
Sudut Kemudi : 45o (Kanan dan Kiri)

Menilik spesifikasi diatas jujur ane terperanjak..hebat bner suzuki bisa menciptakan pengganti sang legenda hidup..yaitu Satria Ru 120 dengan Fu 150 yg disoal power kalo diatas kertas bisa ngalahin RU…seharusnya hal demikian bisajuga dong dilakukan oleh yamaha untuk sang legendnya si RX King??..

Back to topic..kira2 kalo di real lintasan speed ok mana yah??..yah cuman minta pendapatnya aja…kalo ane sih jujur masih bingung…xixiixix..oh iya nih cuman perbandingan power aja lo..namun sebagai rider Satria..ttp dah semuanya Sodara..toh sama2 dari satu ibu kok..Suzuki giituu..

*Note: Perbandingan cuman buat mesin standart aja..kalo ada yg cerita satrianya lawan ini..ato itu menang dengan mesin dimodif…sama aja dengan angin lalu

119 thoughts on “Suzuki satria RU Vs Fu: Tarung sesama Sodara Sekandung…Menang siapa??

  1. ane punya ru 120,dan honda cs1.
    Ini bukti nyata. Pada kecepatan cs1 122kpj eh…kena salip oleh ru ..
    Sayangnya gk tau sbrpa kpj nya ru ozt spidometernya dh gk da lgi.yg jelas cs1 stantar kalah,
    ru di bawa oleh adik saya yg bb nya 48kg
    sedagkan honda cs1 ane yg bawa bb ane 61kg.
    lain hri adik saya tes lgi dengan rx king..eh..rx king nya keok di lalap jga ma ru 120.
    Ane jdi sayang ma ru pngen di buat motor drag aja lah..

  2. Di atas kertas emang fu. Tapi nyata coba aja pake ru. Tenaganya jauh nikmat ru.. ru 120 tetep josss .. ane punya dua mtor itu bro. Biarpun fu gua kasi part racing tetep aja terasa ngoook nya.. beda ama ru .tancap gas langsung melayangggg….. fu skrg ane kasi buat istri tuch. Klo ru ane kna ujan dikit gak rela ane. Hehehehehe

  3. ru dong boss…!!! ru ane pernah ngalahin bnyak mtor boss diantaranya ; satria fu,tiger,rx king,f1zr… motor keaadaan standar..

  4. jlass ru donk bosss…dari huruf aja fu ktinggalan 11 langkah[F-R]…itung aja kalo kaga pcaya,,hehehe;;….tapi buktinya emank nyata kok…rider fu idungnya cuma kebagian asap wangi ru gw….wkwkwkwk…

  5. Saya pemilik satria ru tahun 2005, full modifikasi, mesin oke,. Kondisi kayak baru, (mau di jual) klu mau lihat gambar foto nya ini pin BB saya 284C1EF5

  6. aku punya 2 satria ru tahun 2000 ama 2003 .yg tahun 2000 seker n stang seker rxz .karbu sp 26 knalpot racing abenk jogja .buring’n .6 speed .tapi ga pernah kluar rumah takut naeki nya .yg tahun 2003 standar njeglek go wora-wiri .pernah di bleyer fu tapi ceman tak mat plat no sama model’e .ketemu lagi di pakelan aku pake yg thn 2000 dr bangjo pakelan sampe bangjo njago’an funya tak tunggu sampe 2x lampu merah .jongkinya baru kelihatan terus omong sama aku .mav mas motor’e kog ngilang ya .begitu cerita ku 🙂

  7. satria 2 tak sudah kencang dari lahir… kalo sob pgn mtr nya kencang terus and tahan di makan zaman, sob cukup rajin2 ganti oli mesin sama oli samping aje yang merk bagusan jgn lupa bahan bakar juga harus pake pertamax plus.. terbukti mtr rk cool ane thn 2002 masih bisa lari 125 km/j dengan kondisi bawaan dealer semua tanpa ada yg di ganti2….

    • btul bnget tue.,,, 2 tak nyawanya ada di oli samping.,.,., hrus rajin2 tuh.,., gua pnya satria LSCM.,,.,smpai skrang msih sehat sampai 140km/h.,,, lnjtkan laskar 2 tak.,

  8. Iseng ngintip spidometer saef saat ru yg saya kendarai berlari di 80kpj=90-100satria f,nah kalo ru saya 130…lalu berapa saef??satria 2 tak lebih unggul…trek panjang joki saaf nungging kaya kuda,dapat diputusin satria ru.

  9. Jelas RU lebih unggul bos,saya sudah buktikan sendiri
    Saya punya satria hiu larinya bisa tembus 145kpj
    Satria fu cuma kene asapnya he..he..he

  10. Sesama rider Satrisa gak boleh berantem, Aku punya satria Ru 120 6 speed, memang larinya kenceng tarik gas spontan, motornya jambret buat kamu para pemilik Fu loe harus hormat sama pemilik RU 120 sebab Ru120 sudah jadi legend.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s