Kalo bicara motor 250cc Honda dibawah 4 silinder..pasti pada letoy2 mesinnya…yah emang begitu sih kebanyakan…apalagi CBR250 gen sekarang ini..waduhh..cuman 1 silinder ajah..power kalah ama kompetitor nih…tercatat jagoan 250cc Honda dibawah 4 cylinder yg masih aktif sampai sekarang selain CBR yah VTR250…soal power??…gila2 an..nyampai 32 hp 22 kW pada 10500 rpm…
Melihat power VTR itu aja orang udah geleng2…emang dahsyat tuh motor…nah sekarang coba ente telusuri silsilah si motor 250cc 2 cylinder ini…ternyata ada sebuah clan 250cc Honda lagi..namanya Honda VT250F…muncul pada tahn 1983…mengusung mesin 2 cylinder 250ccm DOHC…dan dapat menyemburkan power sebesar 35 hp 25.5 kW pada 11000 rpm..ngerii euy….
Ngk sampai situ aja…kelanjutan dari klan VT250F dilanjutkan lagi pada tahun 1984..dengan sasis udah usung Deltabox (yg pendahulunya masih tubular)…semakin mantab membawa mesin 250cc 2 cylinder DOHC berkitirr mantabb…tapi soal power ngk ada perubahan signifikan..masih menyemburkan tenaga “cuma” 35 hp 25.5 kW pada 11000 rpm..yah versi ini cuman pembenahan pada rangka aja…
Nah varian yg paling ngeri pun akhirnya keluar pada tahun 1988…dinamakan Honda VT250F SPADA (kayak ucapan permisi yg ngetred di tahun2 jadul yee??..xixix )…dan dibelakangnya ditambah embel2 spesial edition..sebenarnya aapa sih spesialnya??..ternyata nih motor udah melakukan revolusi di body…berkesan Europe bangett…buntut udah kyk Cagiva Mito ato Ducati 916…cuman nih motor masih usung genre naked bike…sepintas mirip ama Ducati monster juga..cuman ini motor pakai rangka deltabok…soal powernya??..liat aja spek di bawah ini :
Model |
Honda VT 250F Spada |
Year |
1988 |
Engine |
Liquid cooled, four stroke, V-Twin, DOHC, 4 valves per cylinder |
Capacity |
248 |
Bore x Stroke | 60 x 44.1 mm |
Compression Ratio | 11.0:1 |
Induction |
2x 32mm Keihin |
Ignition / Starting |
Transistorized |
Max Power |
40 hp @ 12000 rpm |
Max Torque |
2.6 kg-m @ 9000 rpm |
Transmission / Drive |
6 Speed / chain |
Gear Ratio | 1st gear 2.733 / 2nd gear 2.000 / 3rd gear 1.590 / 4th gear 1.333 / 5 speed 1.153 6 speed 1.035 |
Front Suspension |
Air assisted telescopic forks |
Rear Suspension |
Pro-link air assisted monoshock |
Front Brakes |
Single disc 2 piston caliper |
Rear Brakes |
single disc |
Front Tyre |
100/80-17 |
Rear Tyre |
140/70 -17 |
Seat Height | 740 mm |
Dry-Weight / Wet |
140 kg / 153 kg |
Fuel Capacity |
11 Litres |
Nah sebuah revolusi yg mengagumkan..nih motor emang fenomenal di soal powernya..sekarang bandingkan dnegan Honda VTR 250 terbaru :
Model |
Honda VTR 250 |
Year |
2010 |
Engine |
Liquid cooled, four stroke, 90°V-twin cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder. |
Capacity |
249 |
Bore x Stroke | 60 x 44.2 mm |
Compression Ratio | 11.0:1 |
Induction |
PGM-FI electronic fuel injection, 32mm |
Ignition / Starting |
Computer-controlled fully transistorised with electronic advance / electr4ic |
Clutch | Wet multiple plate coil springs |
Max Power |
32 hp 22 kW @ 10500 rpm |
Max Torque |
22 Nm @ 8500 rpm |
Transmission / Drive |
5 Speed / chain |
Frame | Diamond; steel |
Front Suspension |
41mm telescopic front forks |
Rear Suspension |
Pro-Link, Swinging arm system |
Front Brakes |
Single 296mm discs 2 piston calipers |
Rear Brakes |
Single disc 1 piston caliper |
Front Tyre |
110/70-17 |
Rear Tyre |
140/70-17 |
Seat Height | 780 mm |
Dry-Weight |
139 kg |
Fuel Capacity |
12.4 Litres |
Melihat perbandingan diatas..nampaknya Honda perlu mereborn ulang nih si SPADA..tentu dengan tampilan full fairing..dijamin kompetitornya bakalan mendelik keheranan ama power edannya…
tetep beratan Pulsar ku..
T_T
wkwkwkkw..nasibbb
masih ada yang jual kah ??
kagak tauuu
Era sekarang pabrikan ga berani ngasih motor kecil bertenaga gedhe,selain mahal takutnya jadi mesin pembunuh.la wong yg mesinnya bertenaga kecil aja dah berapa orang yg mati tiap hari di jalanan gara2 motor.
wah tapi masih ada loo yg ngejual mesin pembunuh….yah tinggal pabrikannya ajahh lah
jaman sekarang era efisiensi(koyo jeneng bis)
makanya cbr250 sekarang single silinder.klah jauh dari pendahulunya cbr250 yg 4inline
lah VTR kenapa masih diprodukksi??
Namanya juga cari untung boss.
kan honda motor letoy.
ngakunya sih sport sejati.
tapi kualitasnya plek
kayak ember bekas..
Setuju reborn pake full fairing bs head to head dng N250 , spek berimbang bd configurasi mesin. Tp power lbh edun . . . Dng harga 50 jutaan pasti bs competitif
yupp..konsumen jadi banyak pilihan
sing tuwo malah luwih sangar
setuju sma bro gaplek mania,bikin motor kenceng mah gampang apalagi bwt honda,sekarang jamannya mesin efisien dan ngak nyusahin.
motor2 jaman dulu lbh gahar dan powerful tp boros..
Kalo bicara motor 250cc Honda
dibawah 4 silinder..pasti pada letoy2
mesinnya…
=========================
tau gak sih Crf 250r dgn power 39,8 hp on the crank dan 35 hp on the wheel ? Letoy ?
iyee..coz CRF putaran bawahnya aja yg bertenaga..karakter motor trail om
JOSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS
enak tenan motor kui nggo ngebut tp iso ndang mati juga rider e.
Maklum gan..
namanya demi keselamatan..
Honda bisa aja buat 100 HP,,tp ya orang tewas jd banyk
ga tau yg bener mana powernya setau ane vt250f 83 43HP..?.