Honda VT250F SPADA…Eh Busett..VTR 2009 aja kalah…

Kalo bicara motor 250cc Honda dibawah 4 silinder..pasti pada letoy2 mesinnya…yah emang begitu sih kebanyakan…apalagi CBR250 gen sekarang ini..waduhh..cuman 1 silinder ajah..power kalah ama kompetitor nih…tercatat jagoan 250cc Honda dibawah 4 cylinder yg masih aktif sampai sekarang selain CBR yah VTR250…soal power??…gila2 an..nyampai 32 hp 22 kW pada 10500 rpm…

Melihat power VTR itu aja orang udah geleng2…emang dahsyat tuh motor…nah sekarang coba ente telusuri silsilah si motor 250cc 2 cylinder ini…ternyata ada sebuah clan 250cc Honda lagi..namanya Honda VT250F…muncul pada tahn 1983…mengusung mesin 2 cylinder 250ccm DOHC…dan dapat menyemburkan power sebesar 35 hp 25.5 kW pada 11000 rpm..ngerii euy….

 

 

 

 

Ngk sampai situ aja…kelanjutan dari klan VT250F dilanjutkan lagi pada tahun 1984..dengan sasis udah usung Deltabox (yg pendahulunya masih tubular)…semakin mantab membawa mesin 250cc 2 cylinder DOHC berkitirr mantabb…tapi soal power ngk ada perubahan signifikan..masih menyemburkan tenaga “cuma” 35 hp 25.5 kW pada 11000 rpm..yah versi ini cuman pembenahan pada rangka aja…

 

 

 

 

Nah varian yg paling ngeri pun akhirnya keluar pada tahun 1988…dinamakan Honda VT250F SPADA (kayak ucapan permisi yg ngetred di tahun2 jadul yee??..xixix )…dan dibelakangnya ditambah embel2 spesial edition..sebenarnya aapa sih spesialnya??..ternyata nih motor udah melakukan revolusi di body…berkesan Europe bangett…buntut udah kyk Cagiva Mito ato Ducati 916…cuman nih motor masih usung genre naked bike…sepintas mirip ama Ducati monster juga..cuman ini motor pakai rangka deltabok…soal powernya??..liat aja spek di bawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

Model

Honda VT 250F Spada

Year

1988

Engine

Liquid cooled, four stroke, V-Twin, DOHC, 4 valves per cylinder

Capacity

248
Bore x Stroke 60 x 44.1 mm
Compression Ratio 11.0:1

Induction

2x 32mm Keihin

Ignition  /  Starting

Transistorized 

Max Power

40 hp @ 12000 rpm

Max Torque

2.6 kg-m @ 9000 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain
Gear Ratio 1st gear 2.733  / 2nd gear 2.000 / 3rd gear 1.590 / 4th gear 1.333 / 5 speed 1.153
6 speed 1.035

Front Suspension

Air assisted telescopic forks

Rear Suspension

Pro-link air assisted monoshock

Front Brakes

Single disc 2 piston caliper

Rear Brakes

single disc

Front Tyre

100/80-17

Rear Tyre

140/70 -17
Seat Height 740 mm

Dry-Weight  /  Wet

140 kg  /  153 kg

Fuel Capacity

11 Litres

 

Nah sebuah revolusi yg mengagumkan..nih motor emang fenomenal di soal powernya..sekarang bandingkan dnegan Honda VTR 250 terbaru :

 

 

 

Model

Honda VTR 250

Year

2010

Engine

Liquid cooled, four stroke, 90°V-twin cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 60 x 44.2 mm
Compression Ratio 11.0:1

Induction

PGM-FI electronic fuel injection, 32mm

Ignition  /  Starting

Computer-controlled fully transistorised with electronic advance  /  electr4ic

Clutch Wet multiple plate coil springs

Max Power

32 hp 22 kW @ 10500 rpm

Max Torque

22 Nm @ 8500 rpm

Transmission  /  Drive

5 Speed  /  chain
Frame Diamond; steel

Front Suspension

41mm telescopic front forks

Rear Suspension

Pro-Link, Swinging arm system

Front Brakes

Single 296mm discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single disc 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/70-17
Seat Height 780 mm

Dry-Weight

139 kg

Fuel Capacity

12.4 Litres

 

 

 

 

Melihat perbandingan diatas..nampaknya Honda perlu mereborn ulang nih si SPADA..tentu dengan tampilan full fairing..dijamin kompetitornya bakalan mendelik keheranan ama power edannya…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20 thoughts on “Honda VT250F SPADA…Eh Busett..VTR 2009 aja kalah…

  1. Era sekarang pabrikan ga berani ngasih motor kecil bertenaga gedhe,selain mahal takutnya jadi mesin pembunuh.la wong yg mesinnya bertenaga kecil aja dah berapa orang yg mati tiap hari di jalanan gara2 motor.

  2. Namanya juga cari untung boss.
    kan honda motor letoy.
    ngakunya sih sport sejati.
    tapi kualitasnya plek
    kayak ember bekas..

  3. setuju sma bro gaplek mania,bikin motor kenceng mah gampang apalagi bwt honda,sekarang jamannya mesin efisien dan ngak nyusahin.

  4. Kalo bicara motor 250cc Honda
    dibawah 4 silinder..pasti pada letoy2
    mesinnya…
    =========================
    tau gak sih Crf 250r dgn power 39,8 hp on the crank dan 35 hp on the wheel ? Letoy ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s