Sepucuk surat Untuk BAI Dari Konsumen Yg Loyal…Namun Sayang Tak Berbalas…

Kalo nyebut produk Bajaj di Indonesia..pasti dong bakalan kebayang motor tangguh nan irit.apalagi ditunjang komunitas yg loyal membuat Bajaj Pulsar semakin dikenal dan digemari..tapi masih banyak problem yg harus di benahi oleh BAI selaku penegdar bajaj Pulsar di Indonesia.

Yah namanya Tiada Gading yg Tak retak..tiada ATPM yg sempurna…memang menjadi suatu hal yg maklum..tapi semaklum2 nya bukankah sebaiknya gading yg retak itu ditambal sebelum pecah??..atau ATPM yg belum sempurna itu bisa dong dibenahi lagi perlahan2 agara konsumen merasa keloyalitasannya di perhatikan??..

Beikut adalah potongan surat yg di kirimkan oleh seorang konsumen yg loyal terhadap BAI tapi hingga detik ini sang “Idola” belum menanggapi surat dari “Fans” nya itu..ingat seorang public figure  bisa terkenal dan berjaya karena jasa fans..tanpa itu dia Nothing..sama hal nya dengan pabrikan…tanpa konsumen yg loyal..jgn harap bisa berjalan lama..

Kepada Yth.,

Pimpinan PT. Bajaj AutoIndonesia(BAI)

Jl. Raya Industri C4 No. 1

Bekasi International Industrial Estate

Lippo Cikarang – Bekasi 17550

 

Salam sejahtera kepada Bapak ataupun Ibu pimpinan PT. Bajaj Auto Indonesia. Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri terelebih dahulu. Saya bernama lengkap Bryan Rinaldi Suhartarto. Berusia 22 tahun dengan aktifitas keseharian sebagai mahasiswa di salah satu universitas swasta di Surabaya (keterengan lebih lengkap terkait saya sudah dilampirkan di akhir proposal).

Melalui proposal ini, saya ingin menyampaikan saran dan masukkan terkait pengembangan usaha yang bisa diterapkan oleh PT. Bajaj Auto Indonesia (BAI) untuk mengoptimalkan pengembangan usaha yang sedang dilakukan. Sebelum menulis proposal ini, saya sudah mengumpulkan berbagai masukkan dan aspirasi dari komunitas pengguna produk BAI di forum internet yaitu www.prides-online.com . Dalam tulisan berikutnya, saya akan menyampaikan garis besar realita di lapangan yang dialami pengguna produk BAI di Indonesia, kemudian akan disampaikan saran dan masukkan untuk BAI baik dari para pengguna produk maupun saya pribadi yang juga merupakan pengguna produk Bajaj yang dikelola oleh BAI.

 

REALITA DI LAPANGAN

Konteks dari realita di lapangan berikut adalah realita-realita yang saya dapat dari penyampaian para pengguna produk terkait keluhan maupun masalah yang dialami oleh para pengguna namun para pengguna bersangkutan belum menerima solusi terbaik dari BAI. Berikut poin-poin dari garis besar keluhan dan permasalahan yang terjadi di lapangan (terkait saran dan masukkan lengkap tanpa dirangkum dicantumkan pada lampiran di akhir proposl) :

  • Ketersediaan sparepart yang tidak lengkap dan tidak merata di setiap bengkel resmi.

 

  • Kurang aktifnya tindak lanjut dari layanan penjualan (contoh : ketika produk sudah berada di tangan pengguna, tidak ada tindak lanjut seperti penanyaan kabar terkait kualitas produk, ada masalah atau gangguan atau tidak, dan sebagainya).

 

  • Kurangnya apresiasi terhadap orang-orang yang melakukan inovasi menggunakan produk Bajaj.

 

 

  • Lemahnya di sektor pengendalian kualitas yang dirasakan oleh para pengguna (contoh : seperti yang saya alami sendiri, Pulsar 220 yang sampai di tempat saya, saya terima dengan kondisi ada baut-baut yang belum kencang, kemudian di sayap sebelah kanan sudah terdapat goresan yang mungkin saja goresan tersebut terjadi karena kecerobohan penyimpanan dan/atau pengiriman barang).

 

  • Kualitas produk yang masih terdapat kekurangan dan kurang memuaskan. (contoh : hasil pengerjaan las yang kurang rapi, dan sebagainya).

 

 

  • Profesionalitas administrasi dealer yang kurang memuaskan (contoh : wawasan terkait produk yang kurang luas, tidak ramah dalam melayani konsumen, dan sebagainya).

  • Dan berbagai keluhan lain yang saya sertakan lengkap pada lampiran di akhir proposal ini.

 

SARAN DAN MASUKKAN

Setelah penyampaian realita di lapangan, saya akan menyampaikan saran dan masukkan yang merupakan hasil paduan dari saran dan masukkan dari para pengguna lain serta masukkan pribadi dari saya yang juga selaku pengguna. Berikut poin-poin dari garis besar saran dan masukkan yang terhimpun :

  • Konsumen menginginkan ketersediaan sparepart Bajaj lengkap di setiap dealer dan bengkel resmi. Bagi konsumen tidak masalah bila sparepart yang harus dibeli harganya lebih mahal dari pada harga jual yang sekarang, hanya saja konsumen butuh kepastian bahwa di setiap dealer, semua sparepart Bajaj tersedia lengkap sehingga tidak harus mencari sparepart substitusi dari milik sepeda motor dari brand selain Bajaj.

 

  • Setiap dealer memiliki tenaga admistrasi dan mekanik yang handal di bidangnya. Sehingga pelayanan terhadap konsumen benar-benar memuaskan. Contoh : bagian pemasaran yang tidak hanya memasarkan dan menjual, tetapi juga menindak lanjuti kepuasan konsumen ketika barang sudah berada di tangan mereka, kemudian para mekanik dengan kemampuan perbaikan yang handal didukung dengan alat lengkap serta ketersediaan sparepart yang komplit.

 

  • Bajaj membangun pabrik perakitan di Indonesia serta bekerja sama dengan penyedia komponen lokal. Hal ini dapat membuat pengendalian kualitas bisa ditangani lebih baik, serta komponen-komponen benar-benar sesuai dengan kondisi Indonesia (contohnya : Roda, dan sebagainya). Dengan bekerja sama dengan penyedia komponen lokal, maka kebutuhan sparepart tidak mutlak bergantung kepada pihak Bajaj India sehingga tidak semua sparepart harus didatangkan secara impor. Dengan demikian, selain pengendalian kualitas yang lebih terjaga, ketersediaan sparepart juga lebih baik dari sekarang.

 

  • Untuk sepeda motor maupun sparepart yang harus didatangkan dari India. Diharpkan BAI menerapkan penyeleksian kualitas yang benar-benar baik. Sehingga tidak ada konsumen yang mengeluh seperti kasus : rangka miring, seal-seal sudah bocor pada penggunaan masih baru, dan lain sebagainya.

 

  • Bajaj melalukan advertising, pengadaan event, serta pemberian apresiasi kepada orang-orang yang melakukan inovasi dengan menggunakan produknya. Masyarakat Indonesia tidak sekedar memilih kelebihan teknologi untuk membeli produk yang dibeli, tetapi juga mempertimbangkan nilai gengsi dan gaya hidup. Hal tersebut terbentuk dari intensitas dan kualitas advertising yang dilakukan oleh BAI selaku ATPM. Itu bisa didukung dengan pengadaan event yang mengundang komunitas dan lain sebagainya agar para calon pembeli sepeda motor tertarik dengan produk Bajaj yang tidak hanya unggul di teknologi, namun juga mengakomodir bagi masyarakat yang membeli sepeda motor untuk mendongkrak kemapanan dan gaya hidup. Kemudian terkait apresiasi kepada orang-orang yang melakukan inovasi, adalah hal sepele yang bisa jadi kuda hitam pendongkrakan citra produk Bajaj. Melihat para inovator menghasilkan karya-karya menarik menggunakan produk Bajaj, merupakan suatu nilai tersendiri bagi calon pembeli, karena mengetahui bahwa produk Bajaj mudah dan sangat mampu dioptimalkan baik dari segi gaya maupun peforma bila dimodifikasi. Hal tersebut akan lebih baik lagi, jika para inovator tadi diberi apresiasi ataupun sponsor resmi dari BAI. Sehingga akan terbentuk suatu siklus pengembangan yang simultan yang menguntungkan BAI maupun pihak inovator.

 

Demikianlah mulai dari realita di lapangan hingga saran dan masukkan yang ingin disampaikan ke pihak BAI. Besar harapan kami selaku para pengguna produk Bajaj maupun calon pembeli sepeda motor yang nantinya bisa saja memilih produk Bajaj agar pihak BAI menerima informasi ini, menanggapi, kemudian memberikan solusi maupun tindakan-tindakan nyata agar kepuasan konsumen bisa lebih baik lagi. Dengan kepuasan konsumen yang meningkat, maka brand Bajaj juga akan diuntungkan. Karena penyebaran berita baik akan membuat produk Bajaj semakin dilihat dan dipercaya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Sekian proposal ini, di halaman berikutnya terdapat lampiran-lampiran, mulai data lengkap terkait saya selaku pengirim surat ini serta bukti-bukti otentik terkait masukkan-masukkan dari para pengguna Bajaj. Terimakasih dan Tuhan memberkati.

Nah sebagai pabrikan yg baik walopun kadang ngk sejalan mungkin bisa lah meluangkan waktu menyuruh seseorang untuk membalas surat dari konsumen yg loyal ini..walopun hanya sebatas balasan..yg nmanya komunikasi antara pabrikan dan konsumen sudah seharusnya terjadi..

Semoga ini bisa disikapi dengan bijak..klo ada saran dan balasan..leawat blog ini juga bisa..

Terimakasih

35 thoughts on “Sepucuk surat Untuk BAI Dari Konsumen Yg Loyal…Namun Sayang Tak Berbalas…

  1. untuk substitusi beberapa part biar gak terlalu mentok ngarapin beres coba di marih
    http://nosvelos.wordpress.com/2012/01/01/bajaj-pulsar-dan-suku-cadang-alternatif/#comment-235
    masih ada beberapa part juga yang belum di sebutin di situ…macam piston dkk, seenggaknya membantulah bagi yang kekurangan info substitusi…
    BAI biasa respon kalo udah masuk blok mayan bagus….. tapi continuitas ke beres nya yang masih blum jelas, pengalaman sayah juga (masuk blog dipo koboys ^^)

  2. Ayo dong BAI segera menjawab jeritan konsumen loyalnya… segera benahi kekurangan sebelum pulsar ane sekarat dan mati perlahan…

  3. Wah Mz Bro itu Cinta Matee keknya..
    Klo cara Ane tanpa Ba-Bi-Bu lsg Ane jual mumpung kondisi msh baru gress. Jualan klo gak niat yg rugi y konsumen.

  4. sorry mas bro…. tulisannya ga kebaca, soalnya kalah ama gambar cewenya tuh….. dibenahi lagi dong blognya…………..

  5. serius nich,…
    kayanya butuh waktu untuk itu semua,
    proses dan perbaikan terus menerus (kaizen)

    di pabrikan jepang pun ngga semudah itu langsung ini itu,
    tapi melalui proses riset dan perbaikan mendalam
    walau terkadang ide terbaik berasal dari lini bawah, namun sering pula ide itu tidak di anggap karena datang bukan dari belakang meja petinggi.

    sekarang tergantung BAI nya, apakah customer oriented atau hanya iseng jualan di indonesia, karena pabrikan jepang sudah bergerak jauh didepan dari sisi standarisasi fisik maupun sdm yang diberikan training khusus untuk memperlakukan konsumen “lebih” manusiawi.

    terkadang ngga semua mengenai uang, ada banyak orang yang lebih suka dilayani dengan baik ketimbang di berikan diskon atau harga lebih murah.
    dan saya yakin teman-teman juga berpikir sama.

    nah market itu sebetulnya yang sangat royal dan fanatik ketimbang yang mengejar diskon. namun apakah BAI aware akan ini,…
    time will tel aja lahhh

    CMIIW

    • nah itulah yang menurut ane masih kurang banget…IMHO, skill mekanik beres bajaj masih agak kurang, ane komplain masalah indikator aki kedip malah di jawab agak ketus… 😦
      ane si puas dengan produk tapi kurang terhadap pelayanan

  6. yap, sepertinya sebelum surat tersebut dikirimkan, mungkin pihak BAI memang sudah “tahu” kelamahannya sendiri. walau susah untuk segera diselesaikan secaran instan, pling ga ad usaha BAI utk berbenah diri.

    menanti ktm duke..

  7. tenang bro konsumen…. dah sy denger…., denger thok lho!
    gua gak mikirin spare parts, yg penting gua udh untung jual motor!
    motor yg udah dibeli kan milik kamu, urusin sendiri donk…

  8. BAi udah mengajukan permohonan ke prinsipal di india untung membangun
    pabrik perakitan dan sparepart di india, tapi ditolak india karna penjualan tidak sesuai target..coba googling aja, infonya ada kok

    bajaj india blm pernah buat pabrik sparepart dimanapun selain di india itu sendiri
    BAI harus rebutan sparepart dengan bajaj di seluruh dunia untuk sparepart…penjualan bajaj terbesar ada di afrika, tapi g juga dibikinin pabrik perakitan disana
    bajaj ini dijual di afghanistan, iran, mesir, nigeria, amerika latin, asia tenggara
    qatar dll

    selama bajaj india koret alias pelit..y susah buat pabrik diluar negaranya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s