Yuk Belajar Naik Motor…

Sebuah judul yg aneh bukan??…karena hampir sebagian besar pengunjung blog ini udah pinter2 naik motor..bahkan ada yg sampai berucap lebih jago dari siapapun saat naek motor..hm…sebuah pernytaan yg patut dipertanyakan terlebih dahulu ke orang sekitar..apakah sampeyan udah jago naek motor??..apakah ente ngk perlu belajar naek motor??…

Kalo ada yg tanya aapakah ane sendiri jago naek motor??…ah ane cuman bilang “Baru Belajar”…ada yg nge hina ah ngapain lu bicara soal motor..naek motor aja paling lu baru belajar…udah biasa juga…

Perlu di perjelas juga..belajar naek motor yg bener itu bukan di soal sehebat apakah dirimu menjaga keseimbangan…sehebat apakah ente cornering…sehebat apakah ente ngebutt…dll…namun yg di maksud dari judul diatas se jago apakah ente naik motor secara beradab??…

Bukannya menggurui ato sok pintar..akhir2 ini pengendara motor yg berkendara secara biadab semakin banyak..ngk hanya rider2 biasa ajah..namun ada aparat…anak2 klub/komunitas juga ikutan….disini ane ngk mau nunjuk siapa yg bner dan salah..coz semua orang itu ada salahnya kok..semua keyakinan itu juga ada salahnya…

Trus apa yg diperlukan untuk belajar naik motor??..yah pertama2 cek aja kelengkapan diri sendiri saat berkendara…apakah pantas berkendara tanpa menggunakan helm??..kalo ngk pakai dong..trus pakai jacket juga..ngk usah mahal2..lalu pakai celana panjang..glove dan sepatu..Mahal om riding gearnya..sementara seadanya dahulu..yg penting adanya KEMAUAN..kalo udah ada itu dengan nabung dikit2 pasti bisa beli ridiing gear yg mumpuni deh..trust me..ane dlu ngk punya apa2..bahkan kalo mau pergi jauh harus minjem helm dulu..padahal saat itu motor punya..aneh ye?? šŸ˜€

Lanjut setelah adanya kemauan ane mulai menerapkan riding gear ke keseharian riding..lama kelamaan sebuah helm bisa ane beli..ngk mahal2..half face yg penting safety dlu..seelah itu jacket semi kulit bisa ane beli dari hasil nabung..ngk lama kemudian ada rejeki..bisa beli helm full face idaman (alhamdulillah ya?)..setelah itu beberapa tahun kemudian bisa beli jacket yg sekarang ane pakai..soal sepatu ssaat ini masih berupaya memakai AP Boot yg versi konvensional (kyk sepatu kantor)..trus ngk beli sepatu riding kenapa??..masih nabung dan masih belajar..coz kadang juga masih pakai selop kalo buat jarak2 dekt :malus:

Lastt setelah belajar dasar2nya..mulai lah berbenah dikendaraanya..pastikan semua perlatan vital di motor berfungsi..macam spion ada 2, lampu idup semua…ban ..rem semua memenuhi standart keselamatan..bagus sih standart aja..kalo dimodif usahakan lebih baik dari aslinya..bukannya tujuan utama memodifikasi adalah merubah barang standart menjadi lebih baik dari aslinya ye??…

Setelah itu pelajari perangkat2 dimotormu..tombol ini buat apa..tombol anu buat apa..jgn sampai tombol sein jadi karatan ato ada sarang laba2 disana gara2 gak pernah tau fungsi tombol itu buat ngesein šŸ˜€

Di dalam fase memodifikasi motor ini adalah fase kalo kata orang2 masa PUBER…jadi banyak pilihan..macam manusia..mau jadi anak baek2, berandal…mau jadi laki2 tulen, MAHO, Bencong, Transexsual…dll lah…nah tinggal milih aja…kadang ada yg baru punya motor langsung ngecilin ban dan velgnya biar jadi gaya ala MAHO motor2 Thailand..ada yg maen gaya road race ..dll..

Nah setelah pencarian jatiidiri dan belajar cara naek motor selesai dan dirasa bisa dan jago dalam berkendara..nah mulai dah boleh jalan di jalan raya…sekarang tinggal milih riding style mu nih..mau yg super lambat…biasa..sruntulan..ato arogan??..tinggal dipilih..disini adalah proses hidup mati seorang rider…salah2 baru melesat karena girang naek motor..eh gaya yg dipakai sruntulan ato arogan…bisa2 ente di ciummm dengan mesranya oleh BUS šŸ˜€

Bosan jalan sendiri??..bisa kok ikut klub ato komunitas…bisanambah temen dan waawasan dalam belajar permotoran..tapi awas kalo ktemu sama orang2 yg “Merasa benar Dan hebat” Alih2 aliran sesat yg ente terima..duh hancur masa depanmu…

Nah setelah jago dan merasa “Benar Dalam Menaiki Kendaraan”..cobalah sesekali touring ke Luar daerah ente domisili..jgn lupa motor dimodip agar bisa menghadapi segala macam medan..nah disini kembali lagi ada fase PUBER…tinggal milih mau pakai “Perangkat Lenong Lengkap” yg emang ribet tapi HALAL… atau ente mo tiru gaya Aparat yg keliatan WAH namun kalo diaplikasi sipil pasti HARAm…namun disini kalo suhu sesat ente udah berkata : “Ah sesekali dihidupkan ngk apa2…cuman sebagai peringatan aja ke masyarakat”…atau ” Boleh Kok Asal Udah dapet ijin dari aparat walopun kita orang sipil”….

Nah setelah melewati masa “Super Jago” pastinya manusia bakalan menjadi tua…punya keluarga..dan ingin santai dalam menikmati masa tua..pernah ngk kepikiran kalo ente suatu saat udah tua dan sedang riding bareng anak dan istri..riding secara udah tua pasti dongg udah senior dalam berkendara??…Pas riding santai sayup2 terdengar suara sirene dan dispion ada lampu kelip2..wah dikira ada ambulance ato pejabat mau lewat nih..sebagai rakyat yg baik harus memberi jalan tentunya…setelah rombongan mendekat ..loh WEDHUS ngk taunya cuman anak klub/komunitas yg pasang SIRBO gak jelas…dongkol gak??…

Besoknya pas jalan lagi nemu kejadian kyk gitu ttp ogah minggir..sampai2 di tendang tuh motor ente..dan ente hampir jatoh gara2 ngk mau ngalah ada klub geblek yg pakai SIRBO mau lewat…dongkol + emosi gak??…

Yah mungkin selama ini kita merasa udah hebat dan jago dalam berkendara…soal skill ane no coment dah..namun soal berkendara yg BERADAB…apakah ente udah jago?…yukk belajar..ane juga belum jago kok..Belajar Naik Motor Agar lebih BEradab di Jalan šŸ™‚

21 thoughts on “Yuk Belajar Naik Motor…

  1. hahaha… koyo pengalamanku, om..
    numpak motor kira2 60kpj, agak ke tengah soale pinggir banyak lubang..
    dari belakang denger suara sirine, kirain ada ambulance opo rombongan pejabat.
    pas udah minggir, eehh…. ternyata ada motor semprot nyalain sirine. sendirian lagi.. sempat liat nama klubnya sih..
    dasar wong gemblung.

  2. Aduh… Malu ane, mungkin secara skill ane udah jago(imho).
    Tp ane belum beradap. Kadang suka emosian…. Apalgi kalo digunting,ato ada alay bego….
    Yuuukkk bro semua… Menjadi lebih beradab, seperti kata bro Lingga…
    šŸ™‚

  3. krn selama ini toleransi hanya berlaku buat motor sejenis, hrsnya toleransi kpd semua pengguna jalan raya…klo liat org kesulitan dgn kendaraannya apa susahnya kita samperin, sapa tau kita bisa bantu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s