Antara Honda NSR, Yamaha TZM, Suzuki RGR, dan Kawasaki Ninja RR..milih mana??

Bicara soal motor sport yg bener2 sport sejati di Indonesia….ane rasa sampai saat ini masih dipegang ama motor sport 2 stroke…coz selain tampangnya yg balap banget…mesinnya juga oke…jadi ngk tampang balap mesin lemot..di Indonesia dulu ada 4 pabrikan yg mempunyai 4 motor balap legenda…..dan mesinnya hingga sampai saat ini masih ditakuti…coz gahar bner..yuk dikupas satu2..motor apa itu yak??

1. Yamaha TZM


Motor sport paling kencang dijajaran motor2 buatan YMKI ini dimasukkan YMKI dengan cara CBU di akhir tahun 90an…motor ini memiliki gen balap dari Yamaha TZR yg berjaya di moto GP 250…denger2 di Indonesia ini motor tanpa tanding..bahkan honda NSR, Kawasaki ninja, dan Suzuki RGR…ngk mampu ngimbangi ini motor…motor ini dibekali karbu 30 mm, rangka yang udah deltabox dan senjata pamungkasnya YPVS…dan teknologi itu hanya bisa disaingi oleh Honda NSR dengan RC Valvenya..di luar Indonesia…ada satu motor yg bisa menandingi keperkasaan si TZM…yaitu Honda NSR SP…yg bner2 lebih eksotis dari nih motor..sayangnya AHM ngk masukin nih motor..dan peredarannya di Indonesia hanya lewat IU di tahun 2000 an.

Oh ya rem nya si TZM udah full floating lo…dan pada jaman itu merupakan Teknologi yg maju di Indonesia..ck…ck..ck….soal powernya..mesin TZM mampu memuntahkan power sebesar 39 DK..woww…namun sayangnya jagoan dari YMKI ini kudu mati muda ditahun 1999 . oh ya..kalo sampeyan mo beli nih motor…yg paling utama di cek adalah YPVSnya..suka udah ngk berfungsi..trus kalo CDInya..suka di ganti ama Yamaha RX-king…ini motor mngkin rada langka..namun harga dipasaran kira2 sekitar 17-20 an Juta…

2. Honda NSR


Ini adalah motor yg diproduksi AHM pada tahun (kalo ngk salah) 90 an….tampangnya sih yg produk pertama asli mirip ama Suzuki RGR…namun specnya lebih OK dari RGR…berikut specnya:

Tipe Mesin: 2 tak berpendingin air dan teknologi RC valve
Volume Mesin: 149cc
Ratio Kompresi: 6.8 : 1
Tenaga: 39.5 ps/10,500 rpm
Torsi: 2.75 kg-m/ 10,000 rpm
Pengapian: System CDI
Busi: Plug B9 ECS (NGK)
Transmisi: 6 percepatan, tipe basah
Dimensi: 685 x 1,970 x 1,060mm
Sumbu roda: 1,335mm
Ban: 90/80/17 — 120/80/17
Suspensi Belakang: Monoshock
Rem: Cakram piston ganda depan belakang
Bobot Bersih (kg): 122.4 Kg

Namun spec trsebut belum bisa mengalahkan Yamaha TZM…yg merupakan motor kenceng di Indonesia…namun pada tahun 2000 an…IU mengimpor Honda NSR SP yg specnya lebih OK dari NSR lokal…dan mampu mengimbangi kedigdayaan Yamaha TZM..berkut specnya si SP:

Model : NSR 150 SP
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Horsepower : 39.5 ps at 10,500 rpm
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 122.4 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 120/80-17 or 130/80-17

3. Suzuki RGR


Di awal kemunculannya jadi idola para remaja muda….toh dominasinya lambat laun kalah oleh Kawasaki Ninja, Honda nSR dan Yamaha TZM….yg jelas2 lebih keren bentuknya dan dari segi power lebih bertenaga..namun bagi Suzuki lover di Indonesia…motor ini lah motor paling keren dan bertenaga yg pernah diproduksi oleh Suzuki (di Indonesia tentunya)..berikut specnya:

DIMENSIONS AND DRY MASS

Overall length: 1,996mm
Overall width: 664mm
Overall height: 1,148mm
Seat height: 780mm
Wheel base: 1,333mm
Ground clearance: 133mm
Dry mass: 128 kg

ENGINE

Type: 2-Stroke liquid cooled
Intake system: Crankcase needlevalve
Intake control system: SIPC (Suzuki Intake Pulse Control)
Number of cylinders: 1
Bore: 61.00 mm
Stroke: 50.60 mm
Piston displacement: 148 cc
Corrected compression ratio: .6.8: 1
Carburettor: Mikuni tm 28 ss, slingshot type
Air cleaner: Wet sump
Starter system: Primary kick
Lubrication system: Liquid cooled

TRANSMISSION

Clutch: Wet multi plate type
Transmission: 4-speed
Gearshift pattern: 1 down, 5 up
Primary reduction: 3.350 (67/20)
Final reduction: 2.937 (48/16)
Gear ratios
Low: 2.636 (29/11)
2nd: 1.857 (26/11)
3rd: 1.333 (20/15)
4th: 1.095 (23/21)
5th: 0.916 (22/24)
6th: 0.833 (20/24)
Drive chain: DID: 428 Vca Or takasago: RJ 428ho

CHASSIS

Frame: S.R.F.B SUZUKI racing Frame BOX
Front suspension: Telescopic shock
Rear suspension: Single shock, new link
Steering angle: 35 deg (left & right)
Caster: 25 deg
Trail: 94mm
Turning radius: 2,600mm
Front brake: disc 290mm dia
Rear brake: disc 210mm dia
Front tyre size: 90/90-17 49S 4pr
Rear tyre size: 110/90-17 60S 4pr

ELECTRICAL SYSTEM

Ignition system: SUZUKI CDI
Ignition timing: 14 deg T.P.D.C at 6000 rpm
Spark plug: NGK: B8ES ND: W24 ESU
Battery: 12V 10.8 kc (3Ah) 10 HR
Generator: MAGNETO
Fuse: 15A
Headlight: 12V 30/30 x 2W
Tail/Brake light: 5/18 x 2W
Turn signal light: 10W
Speedometer light: 1.7W
Neutral indicator light: 1.7W
Turn signal indicator light: 3W
2T oil indicator light: 3W
Oil level indicator light: 3W

CAPACITIES

Fuel tank including reserve: 14 liter
Engine oil tank: 1.2 liter
Transmission oil: 1050 ml (change)
Front fork oil: 302 ml In solution: 1050 ml

4. Kawasaki Ninja


Inilah satu2nya legenda yg masih bertahan hingga saat ini..dengan kemampuannya yg Up To date…Ninja bukanlah samurai yg kalah dan melakukan harakiri..namun Ninja menghargai hidup dan terus berlatih….dan hasilnya hingga saat ini menjadi motor idaman dan sekaligus menjadi motor premium…selain karena bodynya yg keren..powernya juga bertenaga…tak bisa disaingi oleh motor2 lokal jaman sekarang…berikut specnya yg terbaru:

Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator : Mikuni VM 28
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Tipe system reduksi primer : Gear
Rasio reduksi : 3,272 ( 72/22 )
Kopling : Wet, multi disc
Tipe Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Rasio Gigi : Ke-1    2.700 ( 27/10 )
Ke-2    1.706 ( 29/17 )
Ke-3    1.300 ( 26/20 )
Ke-4    1.090 ( 24/22 )
Ke-5    0.952 ( 20/21 )
Ke-6    0.863 ( 19/22 )
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.479 @ top gear
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Rem Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Rem Cakram Twin Pot
Ban Depan : 90/90-17 49S Tube-type
Ban Belakang : 110/80-17 57S Tube-type
PanjangxlebarxTinggi : 1975mm x 719mm x 1090mm
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah

Well..setelah melihat2…spec motor2 diatas..udah jelas siapa yg paling kenceng??…ato ada yg mo nambahin??…monggo dishare…

ane berikan bonus buat agan2 yg mau share:

229 thoughts on “Antara Honda NSR, Yamaha TZM, Suzuki RGR, dan Kawasaki Ninja RR..milih mana??

  1. bapakku isek nggawe nsr sp mas…tapi jarang d gawe luar kota….
    gak kuat karo borose :D
    iku gambar bonus spdae keren….maleh pengen numpaki modele…
    hahahahahah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s