Jaman Udah Mulai Kebalik??..Aparat Jadi Anak Club…Anak Club Jadi Aparat??

Bukan soal profesi tentunya..tapi soal kelakuan..kenapa?…kalo liat beberapa kejadian akhir2 ini..ato di daerah sendiri deh..banyak aparat yg menggunakan kendaraan dinasnya buat keseharian juga..padahal you know perangkat kendaraan dinas aparat itu lengkapp sekalee…udah mirip ama tunggangannya anak klub/komunitas..full box…ada engine guardnya..ada windshieldnya..gagah dan siap diajak jalan2 kemana-mana..plus sebagai seorang hamba hukum tentunya pakai strobo dan sirene..dan itu hukumnya halal…

Ini anak klub/komunitas yah?? (gbr. om Amamoto)

Nah yg jadi pertanyaan..boleh ye motor dinas dipakai jjl??..apalagi pakai kaos , sandal jepit+celana pendek??….kalo soal motor dinasnya ane rasa ngk etis aja buat jalan diluar tugas..coz ntar menimbulkan sesuatu bagi bikers laen..atau parahnya dikira anak klub/komunitas nyang sok2 an jadi aparat gadungan…soal minusnya riding gear..no coment ah..ntar ada yg jawab : “Mungkin bapaknya hanya beli rokok ajah”… 😀

Nah fenomena terbalik juga berefek ke anak klub/komunitas yg sekarang makin banyak menjadi Aparat wannabe..soal tampilan mereka..hampir sama lo dengan aparat..yah cuman motornya ngk dikasih livery plek aparat…bisa kasus ntar..nyang ane sebut dengan kata “mirip” adalah mulai dari adanya box, engine guard, windshield dan adanya barang Haram buat rakyat sipil..yaitu Strobo dan sirene..

Ini Aparat kah?? (gbr. Om Ato)

Soal safety riding mereka banyak yg bagus..bahkan kelengkapannya ada yg melebihi aparat lo..namun soal kelakuan??..makin hari ane menjumpai makin banyak aja nyang mirip ama parat…mulai dari ngeblokade jalan lah..bawa tongkat “Nidji” lah..dan yg sring ane liat yah pakai Strobo dan sirene..

Apakah dunia mau kiamat?…ah iya sih..tapi entah kapan..namun fenomena ini yah harus ditanggapi dengan serius juga…kalo mau modif motor jgn lupakan status kita..apakah rakyat sipil ato aparat..dan buat yg diserahkan menjaga dan mengayomi masyarakat..jgn lupa saat sedang ngk tugas harap dilepaskan semua atribut ke “aparatannya”..toh apakah dengan atribut itu menjadi jaminan anda untuk disegani masyarakat??…ane rasa tidak

102 thoughts on “Jaman Udah Mulai Kebalik??..Aparat Jadi Anak Club…Anak Club Jadi Aparat??

  1. nyalain suara sirine buat minta jalan
    jangan harap gw kasih jalan ke elu
    rombongan aja dah ga boleh, apalagi lu yg sendirian
    lu kira suara sirine itu sakti bagi lu apa 😡
    *benci ma sirine + strobo digunakan oleh org yg tdk berhak

    **status FB ane pagi ini :mrgreen:

  2. walaupun ane anak club..tapi ane ga suka sampe ganggu pengguna jalan lain apalagi sampe arogan dijalan..toh mereka juga punya hak untuk pake jalan..mungkin kalau pun minta jalan ga perlu sampe ngeblok jalan..ga perlu ngelanggar lampu merah..ga perlu tat tet tot tuit tuit lah.. cukup beri jempol bahwa kita minta jalan.. yakinlah bro..semakin kita respek sama pengguna jalan lain.,,pasti mereka pun respek sama kita.. sorry no offense bro..

  3. kmaren malah mau diserempet moge pake strobo…:(
    songong banget pake geber2 motor pas ane ga mau minggir, di pepet pula…

    • nah yg seperti ini yg dinamakan menyalahgunakan fungsi aset negara. anak-anak seperti inilah yg menjadi penyebab kekacauan di jalan raya. Birokrasi masih dipandang penting di negeri kita ini. Jika ada jalan lain untuk mencegahnya, silahkan utarakan.

  4. Ini yg paling konyol kebanyakan pencinta roda 2 servis mesin atau kestabilan
    motornya ,lah ini club motor cc tanggung depan rumah kami tukang servis klakson angin ,strobo ,TOA dan perangkat lenong lainnya ,aslinya PEMBODOHAN OTOMOTIF

  5. Mo tanya, yg ilustrasi motor polisi dipakai jalan2 udah tepat menunjukkan ada yg salah, tp kalo yang gambar ilustrasi “anak klub” di atas, salahnya dimana ya?
    Pake box, engine guard, helm, sepatu. Apa yg salah?

    • wajar sj klo sang blogger menumpahkan kekesalannya disini, karena setiap orang mempunyai pemikirannya masing-masing. Tapi yg harus ditekankan adalah, tidak semua anak klub/komunitas ugal-ugalan. Mereka yg tergabung dalam komunitas justru mendapatkan informasi yg lebih daripada sekedar berkendara di jalan raya, salah satunya yaitu safety riding. Selain itu, mereka juga ditekankan untuk saling membantu pengendara lain di jalan raya apabila terkena musibah di jalan. Dan ITU PASTI! Karena jaman skr ini, byk orang cuek di jalan raya maen terabas, serobot seenaknya.
      Lalu apa yg salah dg pemakaian engine guard, Box, WindShield, Strobo dan Sirine? Masing-masing memiliki fungsinya. Tapi untuk Strobo dan Sirine memang dilarang keras untuk digunakan oleh rakyat sipil, terkecuali mereka yg memang sudah memiliki ijin untuk memakai itu. Kalau tidak, silahkan Pak Polisi untuk menindas tegas orang-orang yg menyalahgunakan pemakaian 2 hal tsb. Lalu untuk Engine Guard, Box, WindShield???? wah wah, sepertinya si blogger baru belajar naek motor ya? ga tau klo 3 alat itu ga cm dipakai oleh motor laki ya seperti matic maupun bebek jg ada, dan BANYAK!. Jadi itu semua tergantung fungsinya. apa ada hak tertentu atau peraturan yg melarang pemakaian 3 alat itu?

      • gini deh daripada ribet ane terangin lagi ye maksud tulisannya :
        “Nah fenomena terbalik juga berefek ke anak klub/komunitas yg sekarang makin banyak menjadi Aparat wannabe ( ngk semua tapi beberapa orang..termasuk yg difoto)..soal tampilan mereka..hampir sama lo dengan aparat..yah cuman motornya ngk dikasih livery plek aparat…bisa kasus ntar..nyang ane sebut dengan kata “mirip” adalah mulai dari adanya box, engine guard, windshield ( emang kebanyakan pakai ini kan??..dan ane ngk melarang itu) dan adanya barang Haram buat rakyat sipil..yaitu Strobo dan sirene..” (nah dalam tulisan ini yg ane larang adalah STROBO DAN SIRENE)…selain itu ngk sedikit kok tingkah anak klub/komunitas yg masih arogan..yg ngk juga ada…

        na sekarang ane mo sedikit koment soal komentar ente ye :
        wah wah, sepertinya si blogger baru belajar naek motor ya? ga tau klo 3 alat itu ga cm dipakai oleh motor laki ya seperti matic maupun bebek jg ada, dan BANYAK!. Jadi itu semua tergantung fungsinya. apa ada hak tertentu atau peraturan yg melarang pemakaian 3 alat itu?
        Ane emang baru BELAJAR NAEK MOTOR..tapi BELAJAR NAEK MOTOR DENGAN BENAR…dan aturan dalam memakai perangkat lenong itu juga ada kok…

  6. naik trotoar??? iya, kerana pas di kolong semanggi kondisi jalan macet total dan di depan ada anggota polisi yg buka jalan lewat trotoar sehingga diikuti sama yg di belakang, kebetulan trotoar gak ada pejalan kaki, lalu mengenai bunyi sirine ???????? Mungkin yg dimaksud klakson polisi nya yg dibunyiin pas di depan atmajaya karena ada angkot ngetem, kalo gk di klakson gk jalan kalo gk jalan macet makin parah, bgitu ya, jadi dimohon untuk diberikan pengertian jg. si pembawa motor gk sembarangan berlalu lintas n selalu taati rambu2 kecuali pada saat itu kepepet waktu harus segera sampe ke polda soale boncengers (lawyer) ada urusan di polda…bgitu critanya. Btw kalo tau mau dipoto pastinya dia akan action dulu dong, maklum yg di foto sering diliput di majalah2 komunitas motor.
    Ga percaya? telusuri aja dari stiker yg nempel di spakbor belakangnya.;
    Si pembawa motor ga akan kabur kemanapun juga, silahkan konfirmasi langsung dg orangnya.

    • soal trotoar, tetap mutlak menjadi hak pejalan kaki, dan dalam keadaan bagaimanapun tak bisa diganggu gugat. Mungkin pas waktu itu gak ada pejalan kaki, tapi kalo misalnya pas motor lg lewat ada orang jalan gimna? ngeganggu benget kan? :mrgreen:

      tetep lebih baik gunakan klakson regularlah….strobo dan sirine hanya bisa digunakan dalam tugas……….

    • NO EXCUSE!!!!!!! yang namanya ngerampas hak pejalan kaki ga layak dapet predikat biker yang katanya menjunjung tinggi Safe riding! Orang jelas2 dari saksi mata yang kebetulan teman saya sendiri, sirine + strobo (sirbo) idup di motor yang kaanya sering masuk majalah2 komunitas motor. KALO SUDAH MASUK MAJALAH NJUT BOLEH MASANG + NGIDUPIN SIRBO? BOLEH NAIK TROTOAR? UDAH TERKENAL MASA GA MALU BRO??

  7. Saya sebagai pengguna roda 2 alias motor , sebelumnya mohon maaf bila ada tulisan yg kurang berkenan.
    1.SABAR,
    2.kita harus tau keadaan motor kita,
    3.kita umur berapa,
    4.MANUSIA TIDAK AKAN SAMA WALAU pun UMUR nya SAMA,
    5.ingat NYAWA kita 1 (SATU) alias tidak ada SEREP.
    6.carilah KAWAN sebanyak banyak nya siapapun dia,
    7.kalau MOTOR kita mau jalan pelan ya sebaiknya ambil jalur kiri atau pinggir.
    8.mau kencang atau ngebut lihat kondisi MOTOR.
    9.JANGAN IRI DAN DENGKI,
    10.JANGAN SOMBONG,
    11.HIDUP RUKUN KAN LEBIH ENAK,
    12.COMUNITAS adalah untuk kita saling berbagi baik susah atau senang.
    13.BANTULAH orang yg lagi dalam kesusahan bukannya malah NGEGAS wess.
    14.INGAT KOMUNITAS HARUS PUNYA KARTU ANGGOTA,
    15.DAN MASIH BANYAK LAGI ,MANTAP SIP, OKE BRO & SIS????????

    SEKALI LAGI SAYA VICTOR.R.SARAYAR (TMC JAKARTA 032) MOHON MAAF SEBESAR BESAR NYA BILA ADA TULISAN YG KURANG BERKENAN.

    • COMUNITAS adalah untuk kita saling berbagi baik susah atau senang.

      Nah ini yg ane tanya..saling berbagi baik susah dan senang??…coba ente liat kelakuan komunitas yg nyalain sirene dan pakai strobo buat minta jalan..itu namanya berbagi ama pengguna jalan lain ngak??..setau ane sih itu namanya MEREBUT HAK PENGGUNA JALAN LAIN…

      SABAR,

      Seharusnya orang SABAR itu yah sama seperti pengguna jalan laen pas macet…ngk usah sok pakai sirene nguing2 gak jelas gitu..sok2an jadi aparat..eh malah jadi keparat….

      kita harus tau keadaan motor kita,
      kita umur berapa,

      Tau keadaan motor kita ye??….lah kalo udah tau keadaan motor kita nyempil strobo ama Sirene kenapa gak dicopot??..trus hubungannya Umur bner juga..kita bukan anak TK dan SD yg seneng kalo naek sepeda ada suara sirene dan lampu kelip2nya..nguing2..tott…tott…duh itu mah kelakukan anak kecil..inget kita umur berapa ngk??

      carilah KAWAN sebanyak banyak nya siapapun dia,
      Kalo niat nyari ye jgn sok arogan dengan merebut hak pengguna jalan laen dongg..itu mah namanya nambah musuhhh

      kalau MOTOR kita mau jalan pelan ya sebaiknya ambil jalur kiri atau pinggir.
      mau kencang atau ngebut lihat kondisi MOTOR.

      Iye jalur kiri ato pinggirnya jgn sampai nginjek trotoar..ingat hak pejalan kaki..mo jalan dimana dia??…mau kenceng ato ngebut lihat kondiisi motornya???..iye kalo mau melakukan itu liat kanan kiri juga..jgn bawa box kalo mo ngebut di kemacetan dong..

      ANGAN IRI DAN DENGKI,
      10.JANGAN SOMBONG,
      11.HIDUP RUKUN KAN LEBIH ENAK,

      SEMUA NGK AKAN TERJADI KALO NGK DIMULAI DARI TINGKAH OKNUM KOMUNITAS DAN ANGGOTANYA YG SOK AROGAN…

      SEKALI LAGI SAYA AUTHOR BLOG INI MOHON MAAF SEBESAR BESAR NYA BILA ADA TULISAN YG KURANG BERKENAN.

  8. ane ikut nimbrung ahhh

    berdasarkan komentar ini :
    “Tapi untuk Strobo dan Sirine memang dilarang keras untuk digunakan oleh rakyat sipil, terkecuali mereka yg memang sudah memiliki ijin untuk memakai itu. Kalau tidak, silahkan Pak Polisi untuk menindas tegas orang-orang yg menyalahgunakan pemakaian 2 hal tsb”

    maaf bro, apa ada undang-undang yang mengizinkan masyarakat sipil BOLEH memakai & menggunakan SIRINE dan STROBO???
    kalo ada silahkan share disini, kalo ngga ada itu sama dengan MELANGGAR HUKUM

    “naik trotoar??? iya, kerana pas di kolong semanggi kondisi jalan macet total dan di depan ada anggota polisi yg buka jalan lewat trotoar sehingga diikuti sama yg di belakang, kebetulan trotoar gak ada pejalan kaki, lalu mengenai bunyi sirine ???????? Mungkin yg dimaksud klakson polisi nya yg dibunyiin pas di depan atmajaya karena ada angkot ngetem, kalo gk di klakson gk jalan kalo gk jalan macet makin parah, bgitu ya, jadi dimohon untuk diberikan pengertian jg. si pembawa motor gk sembarangan berlalu lintas n selalu taati rambu2 kecuali pada saat itu kepepet waktu harus segera sampe ke polda soale boncengers (lawyer) ada urusan di polda…”

    kalo memang POLISI menyuruh kita untuk naik trotoar itu ga masalah, karena memang mereka berhak untuk mengatur lalu lintas. TETAPI yang namanya SIRINE & STROBO TETAP TIDAK BOLEH dipakai & digunakan oleh masyarakat sipil apapun alasannya

    disiplin baik dalam hukum berlalu lintas itu yang penting dari kita sendiri, bukan menunggu tindakan dari pihak berwenang 🙂

  9. asyik nih diskusinya. kunci utama, menurut saya, kesadaran untuk berbagi ruas jalan harus terus ditingkatkan. kita semua pasti ingin lalu lintas jalan yg aman, nyaman, dan selamat.
    ada aturan, tentu bertujuan untuk kenyamanan. persoalannya, mungkin ada yg belum tahu aturan yg berlaku. atau, sudah tahu tapi enggan menerapkannya karena belum menyadari manfaat aturan tersebut. misal, trotoar adalah untuk pejalan kaki, ketika kendaraan bermotor melintas di atasnya, ada sanksi. dari sisi etika juga gak nyaman. masa sih hak pejalan kaki dirampas oleh kendaraan bermotor?
    jadi, kesadaran berbagi ruas jalan menjadi penting. sama2 punya hak, tapi juga ada kewajiban. duh, jadi panjang beneur nih komentarnya.
    trims untuk sang empunya warung atas sharingnya. salam

  10. Quote dari Yth TMC Jakarta:
    “…Lalu apa yg salah dg pemakaian engine guard, Box, WindShield, Strobo dan Sirine? Masing-masing memiliki fungsinya. Tapi untuk Strobo dan Sirine memang dilarang keras untuk digunakan oleh rakyat sipil, terkecuali mereka yg memang sudah memiliki ijin untuk memakai itu. Kalau tidak, silahkan Pak Polisi untuk menindas tegas orang-orang yg menyalahgunakan pemakaian 2 hal tsb…”

    baru tahu kalo strobo dan sirine ada ijin khusus buat warga sipil…
    ada peraturanya gak? ato.. maaf.. semata2 ada oknum polisi yang nyari sampingan buat melegalkan hal tersebut?

  11. kebetulan saya menyimpan peraturan penggunaan sirine dan strobo.. entah masih valid ato tidak, sebab saya tidak menemukan ada ijin khusus untuk warga sipil.. 😳

    • KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH METROPOLITAN JAKARTA RAYA DAN SEKITARNYA
      Jl. Jend Sudirman No.55 Jakarta Selatan 12190

      No.Pol : B17173/X/2005/Datro Jakarta 31 Oktober 2005
      Klasifikasi : BIASA
      Lampiran : –
      Perihal : Ketentuan Penggunaan Siriene dan Rotator

      1. Rujukan :
      a. Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu
      Lintas Jalan
      b. Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan
      Pengemudi

      2. Bahwa belakangan ini ada kecenderungan penyalahgunaan dan pemasangan
      Lampu Rotator dan Sirine pada kendaraan bermotor yang tidak berhak,
      maka bersama ini disampaikan ketentuan penggunaan dan Pemasangan
      Lampu Rotator dan Sirine yang diatur sebagai berikut :

      Isyarat peringatan dengan Bunyi yang berupa Sirine sesuai pasal 72 PP
      No.43 Tahun 1993 hanya dapat digunakan oleh :
      a. Kendaraan Pemadam Kebakaran yang sedang melaksanakan tugas termasuk
      Kendaraan yang diperbantukan untuk keperluan Pemadam Kebakaran.
      b. Ambulan yang sedang mengangkut orang sakit.
      c. Kendaraan Jenazah yang sedang mengangkut Jenazah.
      d. Kendaraan Petugas Penegak Hukum Tertentu yang sedang melaksanakan
      tugas.
      e. Kendaraan Petugas Pengawal Kepala Negara atau Pemerintahan Asing
      yang menjadi Tamu Negara.

      Peringatan Bunyi berupa Sirine sesuai Pasal 75 PP No.44 Tahun 1993
      hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :
      a. Petugas Penegak Hukum Tertentu
      b. Dinas Pemadam Kebakaran
      c. Penanggulangan Bencana
      d. Ambulance
      e. Unit Palang Merah
      f. Mobil Jenazah

      Lampu Isyarat Berwarna Biru sesuai Pasal 66 PP No.44 Tahun 1993 hanya
      boleh dipasang pada kendaraan bermotor :
      a. Petugas Penegak Hukum Tertentu
      b. Dinas Pemadam Kebakaran
      c. Penanggulangan Bencana
      d. Ambulance
      e. Unit Palang Merah
      f. Mobil Jenazah

      Lampu Isyarat Berwarna Kuning sesuai Pasal 67 PP No.44 Tahun 1993
      hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :
      a. Untuk membangun, merawat atau membersihkan fasilitas umum.
      b. Untuk menderek kendaraan.
      c. Pengangkut bahan berbahaya dan beracun, limbah bahan berbahaya
      dan beracun, peti kemas dan alat berat.
      d. Yang mempunyai ukuran lebih dari ukuran maksimum yang diperbolehkan
      untuk dioperasikan di jalan.
      e. Milik Instansi Pemerintah yang dipergunakan dalam rangka keamanan
      barang yang diangkut.

      3. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, dalam rangka menciptakan
      ketertiban penggunaan lampu rotator dan sirine maka bersama ini kami
      mohon bantuan penyampaian informasi kepada seluruh lapisan masyarakat
      untuk tidak menggunakan dan memasang Lampu Rotator dan Sirine pada
      kendaraan bermotor yang tidak berhak.

      4. Terhadap Pelanggaran ketentuan Peringatan dengan Bunyi dan Sinar sesuai
      Pasal 61 ayat 1 UU No.14 Tahun 1992 dipidana dengan Pidana Kurungan
      paling lama 1 bulan dan denda setinggi tingginya Rp.1.000.000,- (Satu Juta
      Rupiah)

      5. Demikian untuk menjadi maklum dan atas bantuannya diucapkan terima kasih.

      KEPALA KEPOLISIAN DAERAH METRO JAYA

      ================================================== =======

      Ada sedikit yang tambahan dalam sosialisasi peraturan ini, yaitu tentang pemakaian strobodi kendaraan roda dua, yaitu dari Peraturan Pemerintah No. 44/1993, dan banyaknya argumen yang berbunyi “kan yang gak boleh merah, biru sama kuning aja, pake yang laen gak papa dong..”
      oiya ini ada pasal lainnya…

      ================================================== =======

      Pasal 41

      Sepeda motor dengan atau tanpa kereta samping harus dilengkapi dengan lampu-lampu dan pemantul cahaya yang meliputi :
      lampu utama dekat;
      lampu utama jauh, apabila mampu mempunyai kecepatan melebihi 40 kilometer per jam pada jalan datar;
      lampu penunjuk arah secara berpasangan di bagian depan dan bagian belakang sepeda motor;
      satu lampu posisi depan;
      satu lampu posisi belakang;
      satu lampu rem;
      satu lampu penerangan tanda nomor kendaraan di bagian belakang;
      satu pemantulan cahaya berwarna merah yang tidak berbentuk segitiga.

      Pasal 65 :
      Dilarang memasang lampu pada kendaraan bermotor, kereta berlaku atau kereta tempelan yang menyinarkan :
      cahaya kelap-kelip, selain lampu penunjuk arah dan lampu isyarat peringatan bahaya;
      cahaya berwarna merah ke arah depan;
      cahaya berwarna putih ke arah belakang kecuali lampu mundur.

      Lampu-lampu dan Alat Pemantul Cahaya

      Pasal 29

      (1) Setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan lampu-lampu dan alat pemantul cahaya yang meliputi :
      lampu utama dekat secara berpasangan;
      lampu utama jauh secara berpasangan, untuk kendaraan bermotor yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40 kilometer per jam pada jalan datar;
      lampu penunjuk arah secara berpasangan di bagian depan dan bagian belakang kendaraan;
      lampu rem secara berpasangan; e.lampu posisi depan secara berpasangan;
      lampu posisi belakang secara berpasangan;
      lampu mundur;
      lampu penerangan tanda motor kendaraan bermotor di bagian belakang kendaraan;
      lampu isyarat peringatan bahaya;
      lampu tanda batas secara berpasangan, untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 milimeter;
      pemantul cahaya berwarna merah secara berpasangan dan tidak berbentuk segitiga.
      (2)Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak berlaku untuk
      sepeda motor.

  12. Maaf nubie nih….mau nanya emang kalo pake BOX dilarang yah….alasannya apa yahh…..soale ane kerjaannya bawa barang n dokumen trus gimana dong solusinya…..ane make BOX bukan bermaksud untuk gagah gagahan….tp buat nyari beras…..terima kasih.

  13. KOMEN MENEH, OLEH TOH???????
    SEMUA TERKAIT MENTERKAIT KALAU DI BILANG SALAH,
    PARA PENJUAL DI TROTOAR YA DI BILANG SALAH,
    PARKIR DI TROTOAR YA SALAH,
    HAHKAN BERJAM JAM MENEMPATINYA,
    SIAPA YG MAU TAU YA???????
    DAN SIAPA YG BISA KOMEN KE MEREKA??????
    BUKA INTERNET AJA MEREKA JARANG BAHKAN NGGA BISA BUKA INTERNET,
    ORANG BERJALAN HARUS DI JALAN RAYA YG SEHARUSNYA DI TROTOAR,
    KALAU KE TABRAK MOBIL ATAU MOTOR PASTI DI SALAHKAN PENGENDARANYA, IYA NGGA???
    PADAHAL YG SALAH YA YG PARKIR ATAU JUALAN DI TROTOAR???
    KOMENNYA LEWAT MANA YA?????
    JADI SELAMA KITA BELUM SADAR HUKUM SEMUA, JANGAN SALING MENYALAHKAN SATU SAMA LAIN IYO TOH????
    SIPPPPPPPPPPPPP PAKAI TELOR. MANTAP TAP TAP. !!!!!!!!!!!!

    • kalo masalah ini, balik lagi seperti komentar ane diatas 🙂

      “disiplin dalam hukum berlalu lintas itu yang penting dari kita sendiri, bukan menunggu tindakan dari pihak berwenang” 🙂

    • KOMEN MENEH, OLEH TOH???????
      BUKANNYA DI PERATURAN MANAPUN MELARANG PENGENDARA MOTOR UNTUK NAEK KE TROTOAR YA??..KALO SOAL PEDAGANG MAH MEREKA NTAR DITERTIBKAN AMA SATPOL PP..TAPI KALO BIKERS GEBLEK BER STROBO MO DITERTIBKAN SIAPA??…APARAT??..LAH MEREKA AJA BIKERS BERBULU APARAT KOK..MANA MAU TAU YAH APARATNYA??…
      JADI KALO UDAH TAU INTERNET DAN BERKOMUNITAS..ITU BERARTI UDAH SADAR HUKUM DAN ATURAN BERKENDARA DI INDONESIA, JANGAN NGELES TERUS KERJAANNYA…PANDANGAN MASYARAKAT BEDA IYO TOH????
      SIPPPPPPPPPPPPP PAKAI TELOR. MANTAP TAP TAP. !!!!!!!!!!!!

  14. kok dadi nggladrah bahasanne yo??
    padahal om lingga udah menegaskan kalo inti dari artikel ini adalah pelarangan STROBO & SIRINE yg sering disalahkangunakan oleh anak klub..

    • dasar emang semuanya berlagak bner mas..biasa oknum komunitas tuh kadang ada aja alasannya..ngelesss mulu.ngk mau nerima salahnya..kalo salah ya salah..gitu aja kok repot..sampai bawa2 pedagang nyang lagi berdagang…wkwkkwkkw 😀

  15. kira-kira motor baru yang akan muncul apa ya? apa nanti akan ada blogger yang mbikin surat ke pak presiden karena jalanan tambah padet gara2 banyak motor yang populasinya mbludak? 😀

  16. Sekedar sharing aja, yg saya tahu untuk anggota club motor yg benar tdk harus selalu mengobral tanda sirine atau strobo maupun lampu isyarat darurat di jalan, alat-alat tsb baru diaktifkan jika pada saat dijalan menemukan hal2 yg janggal atau cenderung berbahaya seperti, jalan bergelombang dan licin, jalan berlubang, ada kecelakaan, dll yg umumnya sering dipakai pada saat perjalanan jauh antar kota atau antar propinsi secara konvoi yg intinya ingin mengingatkan pengendara yg ada didekatnya untuk berhati-hati. Namun terkadang ada juga masyarakat yg bandel dan tetap nekat menyerobot padahal sudah diberi tanda bahaya tersebut. Jadi sebagai club motr yg benar dijalan bukan ugal-2an tp memberi contoh pada masyarakat tentang safety riding dan cara berkendara yang aman.

    • mau ada apa kek, yang namanya strobo dan sirine itu HARAM hukumnya buat masyarakat sipil, kayak gak bisa bikin isyarat dari lampu ato yang lain aja…….hazard aja dah cukup sebenernya………

      gak ada tombol hazard? ya bikinn…lebih murah dari beli sirine dan TOA kan? 😆

      memberi contoh apa? contoh pake strobo dan hazard kah? contoh memblokir jalan demi freestyle event? :mrgreen:

      • maap om, kalo gak salah sih untuk motor juga gak bole pasang lampu hazard 😳
        yang aye tau fungsi lampu hazard di mobil:
        1. Lampu Hazard wajib digunakan pada saat kendaraan mogok baik itu di tengah jalan maupun di bahu jalan agar pengendara lain dapat melihat kedipan lampu dan mengambil langkah antisipasi.

        2. Lampu Hazard dapat digunakan apabila kendaraan memerlukan prioritas, seperti adanya keadaan darurat lantaran ada penumpang yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Hal ini dapat digunakan tapi tidak dianjurkan karena perpindahan jalur kendaraan tersebut tidak diketahui oleh kendaraan lain.

        3. Lampu Hazard dapat digunakan apabila ada kendaraan dengan beban sangat berat melaju jauh dibawah kecepatan yang dianjurkan, sehingga harus memperingatkan kendaraan lain dari belakang yang melaju dengan cepat untuk mengambil langkah antisipasi.

        4. Lampu Hazard dapat digunakan untuk memotong perempatan yang tidak memakai traffic light dan kendaraan dimaksud akan berjalan lurus.

        5. Lampu Hazard dapat digunakan apabila kendaraan mengalami pengurangan percepatan yang sangat mendadak dan untuk memperingatkan pengendara lain dibelakang agar berhati-hati.

        6. Lampu Hazard dapat digunakan pada saat memutar arah dan memotong jalur utama.

        poin-poin tersebut kebanyakan untuk mobil.. sedangkan untuk motor bagaimana?

        1. motor kalo mogok di tengah jalan, bisa langsung di dorong ke pinggir / trotoar / bahu jalan / bengkel terdekat

        2. motor kita ngga ada prioritasnya sama sekali untuk didahulukan, sama-sama memiliki hak yang sama dengan pengendara lainnya

        3. motor dengan beban berat ? overweight donk, secara safety bawa motor jangan overweight, kalau pun jalan pelan-pelan, pasti bisa dipinggir koq..

        4. motong perempatan, ada baiknya tetap liat kiri-kanan-depan-belakang, ngga perlu pake hazard juga bisa

        5. mengalami pengurangan percepatan secara drastis, cukup nyalakan sein kiri dan menepi secara perlahan

        6. memutar / memotong jalur ? cukup gunakan sein dengan baik ngga perlu sampe pake hazard

        cuma share, maaf kalo ngga berkenan.. 😳

      • ane juga mikirnya kalo hazard di motor itu dipake di saat keadaan darurat aja, misalnya pas motor mogok, ato sementok2nya kalo ada iring2an jenazah, seandainya pake motor kan bisa pake hazard. Tapi kalo kebutuhan konvoi2 klub gitu, amat sangat tidak setuju :mrgreen:

    • kalo memang seseorang itu anggota club motor yang benar, seharusnya dia gak pake SIRINE dan STROBO, bahkan mungkin hazard. katanya mau memberi contoh, tapi kok malah ngelanggar peraturan, dimana memberi contohnya?

      masyarakat nyerobot? nyerobot apa? emang itu jalanan pribadi? mas, itu jalanan umum siapapun boleh make. kalo memang si masyarakat itu ugal2an, silakan marahin, kalo kagak, ente kagak berhak ngusir. kalaupun kagak boleh gabung sama group ente, silakan ngomong baek2..

      MAU NGAJARIN ORANG LAEN KOK GITU CARANYA..

  17. wah motor saya liverynya police asal2an bukan polisi ^^, livery FIAT yang diganti namanya jadi POLICE dengan warna chrome ^^..keseluruhan tetap livery FIAT grafisnya ^^.. gimana tuh??? setiap razia juga selalu diberhentiin kok…. full gear

  18. hahaha ini lg 1 komen ngeles ..
    intinya tuh oknum pake lenong dulunya mau jd pembalap tp gak ksampaian sampai skarang ,jadinya cari perhatian dijalan umum !lihat nih motor gue gede (cc tanggung)
    bisa memblokade jalan dan membuat pengguna jalan lain jadi perhatiin motornya (bagi saya motor lu cm mainan)

  19. Intinya mereka yg pake gituan kurang bahagia masa kclnya jadinya cari perhatian melulu di jalan umum ,bagi saya motor gituan cm mainan anak2 ..ya nggak bray ??kekekekek …

  20. ya yang nulis syirik aja lantaran ga punya sirine ma strobo.. trus pas jalan ketemu sama motor merah trus di srobot jalanya jadi kesel bin dongkol jadi ya gitu dech..
    APAKAH SUADARA SUDAH SOPAN DIJALANAN? SUDAH TERTIB? SUDAH MEMATUHI PERATURAN?
    Saya masih awam dlm berkendaraan so ya pinter-pinter kita aja gima supaya bisa..

  21. Ping-balik: Police Wannabe vs Real Police « the other side of fajardinihari

  22. Sudah lah knp jadi ribut
    Kita patuhi aja aturan Lalin…

    kita pikir untuk kedepannya bro…kalo Sirine dan strobo kelak sudah terlalu Mainstream…saat pengguna Sirine dan strobo yg berhak melintas kita jadi nggak memperhatikan lagii

    Keep Safety Reading aja

  23. emang lu pikir lu smw itu udh bener apa di jalan ..
    nyadar diri aja om .
    udh bner apa enggx kita di jalan raya ..
    baru kita bisa ngomentarin orang lain …

  24. Bang maaf mau tanya..
    untuk penggunaan TOA, Strobo, dan Rotator kan sudah jelas dilarang karena sudah ada undang-undangnya..

    Untuk lampu lalin (red. “lampu nidji” seperti yg agan bilang diatas) itu hukumnya gimana yah?

    Mohon jawabannya..

    Terima Kasih 🙂

Tinggalkan komentar