Pengalaman ini terjadi pada sahabat ane sendiri…sebut aja namanya om Gerhana (karena mukanya mirip bintang sinetron Gerhana : D )….nah suatu hari si om Ini mendapat tawaran dari temannya untuk mencoba sebuah produk Aditif yg temennya jual..merknya lumayan kondang di beberapa telinga bikers…
Soal performa dan irit BBM seperti yg dijanjikan tuh produk emang kerasa….bahkan si om Gerhana ini udah nyaranin sampai kemana..kemannaaa.. dimanaaa..eh…pokoknya banyak juga tmen satu klub ato tetangga2nya pakai nih produk..dan emang bener nih motor ngk ada gejala ngelitiknya..hemat BBM sampai power ngisi..yah berasa ngisi pertamax..padahal yg diisi tiap hari itu premium…
Nah suatu ketika..pas beberapa bulan setelah maakai…keebtulan motornya ada jadwal servis besar…seperti biasa pembongkaran ala om2 narsis biasanya dipoto2 juga tuh jeroannya…biar bisa pamer kalo tuh aditif bisa membersihkan kerakk…
Pas dibukaa….eh ladalah..ternyata bukannya bersih malah tumbuh kerak macam tai garing tuh..susah bersihinnya…sebuah hal yg aneh..bukannya nih aditif sebagai pembersih kerak di ruang bakar??..kok malah nambah kerak??
Satu lagi keganjilannnya..saat busi diliat..emang sih warnanya merah bata..tandain itu iritt..dan sempurna pembakarannya..tapi ketika di lap..eh cuman serbuk ajah…berarti palssuuu dongg??…
Dari cerita diatas perlu diperhatikan buat tmen2 yg mau pakai Aditif lebih baik di telusuri dlu detil2nya..tanya ke pada tman yg udah pakai dan udah membuktikan dnegan bongkar mesinnya….
Namun kalo mikir pakai logika dah..kenapa zat adiktif tersebut ngk di pakai di PERTAMINA untuk bahan campuran Premiumnya??…toh otomatis kualitas BBM akan lebih baik..kalo dipikir2 pasti ada sesuatunya..yah efek jangka panjangnya di mesin..
Saran ane lagi..beli aditif yg dituangkan di Oli aja..jgn di bahan bakar..awas efek berkpanjangannya…
*ane ngk nyebut merknya..jadi inih hanya sekedar share dan warning ajah..bahwa produk terkenal pun bisa membawa kerugian..
wis kapuookkk… jaman pake tagor malah bikin mampet filter bensin.. yo jelas irit je.. lha wong bensin e ngga ngalir
wkwkkwkw..jujur dan lugas
Tuh mx ya?
Kompresi tinggi ya pertamax
mx ada 4 klep, itu pulsar, soalnya ada 2 lubang busi..
Murni wae…
hah mbak murni??
wah terus piye iki… apakah harus ganti?
weleh tai garing..hihihi..nggilani.. 😀
wah, mantatatatp….jajal neng revita
http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/21/hayooo-ini-suzuki-fxrnya-siapa-hayoo/
brrrrrr…..jangan sampe motor saya kayak gitu….
http://myskywave.wordpress.com/2011/12/21/skutik-honda-125cc-strategi-honda-menggebuk-2-kompetitor-sekaligus/
wedyan….. bukan kerak itu… tapi karat…
ehem..
tes.. tes.. satu..
satu.. dua.. satu.. dua..
kyknya kenal
huahahahhaa,,, aku jadi teringat akan sesuatu di suatu waktu yang lampau
hahahaha…
ingat apa om Hanx??..ntar kita via PM ajah curhatnya
mau hemat malah nombok…
it motornya apa bro?
pake Pertamax aee
pulsar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
soale ane punya jadi tahu
nah ini jawaban dari semuanya
ngapain pake gituan…….beli bensin yang oktannya tinggi dah beres, g ribet nakar/nyampurin etc…!!!dana cekak?nyadar diri saja, monggo make yang oktannya rendah ajah…..bukannya untung malah buntung tuh klo dah seperti itu……….
mungkin mas gerhana ini pengen nyoba2 om..
gak ada salahnya kan?
medeni,, mending lgsung pertamaxx aja kalo ada duidd lebih
Tak bongkar punyaku ah..
nitip kang..
PULSAR. . . .
kayaknya ane tahu ini . . . .
keep brotherhood,
salam,
heshhh..ngertinan 😀
kasus yang sama….. setelah 1 bulan pemakaian additive, kerak nya seperti itu.. kenapa bisa yakin sama ? karena piston waktu itu ganti baru, di bongkar ulang lagi karena ingin ganti head baru…. ternyata oh ternyata…. kerak banyak sekali…… 😦 … tidak seperti yang di gembar gemborkan ternyata…. huhuhu ….
waduh pengen punya FU trus pake octan boster…jadi was was
nah lo..mending di mix aja..premium ama pertamax 😀
Om klo dimimix 😀 bagus jg yak??takarannya gmn ?? Sering cb gak om??
iya sih…takarannya kalo gak salah 2 liter pertamax di campur 1 premium deh CMIIW
buat pemakai mesin injeksi lbh baik diharamkan dah pake octan booster.. mau mobil apa motor.. bisa ngerusak injektor,,
Ach gwe kagak yakin itu akibat pemakaian octan booster . coba dicek lgy . DiLiat dr penampakannya itu Ada kemungkinan seal kLep bocor atowa ring piston udah udah gag normaL ( bocor kompresin ) akibatnya oLi mesin masuk keruang bakar yg ceLahnya udah renggang tadi. Makanya bsa ada kerak di bagian kLep seher n sekitarnya . coba dech dicek lgy kenapa tue C empunya ampe bongkar mesin segaLa kemungkinan mesin berasa kasar ato kenalpot udah ngeLuarin banyak asep putih ato memang nie motor udah waktunya servis besar ( lebih dr 3 taun pemakaian ) wajar aja kLu kondisinya begini klu nie motor udah lebih dr 3 taun WAJAR BANGEEEET. Tp kLu masih baru setaun udah kaya gene kondisi daLeman mesin besar kemungkinan Ring pistonnya yg udah renggang parah . Dah satu lagy kenapa ini bisa terjadi karna yg empunya motor Doyan ngebut dan dya butuh tenaga besar dr pemakaian octan bosster KARENA kompresi mesin bajaj hanya sekitar 9:1 sampe 9,6:1 dan bahan bakar y g dibutuhkan bajaj hanya setara premium BUKAN PERTAMAK . Kasus ini terjadi karna cara berkendara yg extreem yg mengakibatkan komponen mesin banyak yg meLemah ( ring piston seaL kLep bocor ) dan menyebabkan oLi mesin masuk keruang bakar yg seharusnya haram oLi berada dsana , coba dicek Lagy kebiasaan dr C pengendara itu sendiri n gejaLa awaL kasus kenapa mesin itu dibongkar, thanx sobb .
silahkan kalo ngk percaya..itu kembali ke individu masing2 🙂
ooo..pekok
itu merah bata berarti ya bagus, sedang kerak2 hitam seperti oli itu krn liner punya ny pulsar terlalu longgar….jadi bukan karena additive…
napa mau black campaign ma temenmu yang di tembalang….
gak bisa beli pulsar aja nglantur…makany uang jangan dipake mesum….
semprul
nyohhhh mbul
http://bloggercatcher.blogspot.com/2012/04/trik-agar-bbm-premium-aman-digunakan.html
brarti kesimpulannya gk rekomended neh,, aditif itu kan ada yg di oli dan di bensin. Itu gk rekomend atao gmana