Sedikit Tentang Kawasaki Police

Kawasaki Police sebelumnya telah diproduksi dalam 4 Seri :

Z1-P (1975-1976)


Kawasaki Z1 900cc merupakan motor sipil (Civilians Bike) yang dimodifikasi menjadi Police Series untuk kebutuhan US Police Department. Motor ini merupakan desain awal Kawasaki untuk dibuatnya motor khusus polisi.

KZ900 Police Special (1977-1978)


Merupakan Kawasaki Z1 900cc yang sudah di upgrade sebagai motor khusus polisi (Police kit built in)

KZ1000 C Series Police (1978-1981)

Merupakan produk pertama oleh Pabrik Kawasaki Corp. USA di Lincoln, Nebraska yang “Built for Law Enforcement Model” atau dibuat untuk penegakan hukum (Polisi/Military) untuk berkompetisi dengan Harley Davidson saat itu.

KZ1000 C Series ini adalah yang digunakan oleh Eric Estrada pada film terkenal yaitu “CHiP’s” di era 1979-1980-an.
Realnya, saat itu Kawasaki KZ1000 C Series ini adalah memang motor standar California Highway Patrol dan juga merupakan motor standar di beberapa US Police Department.

KZ1000 P Series (1982-2005)


Merupakan produk sukses Pabrik Kawasaki Corp. USA, yang dikenal dengan nama KZP (KZ Police), dengan basis KZ1000 C Series yang dilengkapi dengan Fiberglass Fairing (include Pursuit Lamp)

KZ1000 P Series / KZP (1982-2005)


Pengembangan KZP dimulai tahun 1982 oleh KAWASAKI USA. Perbedaan yang menonjol dari seri sebelumnya (C-Series) adalah penambahan Fairing yang mana lekukan pada fairing ini di klaim oleh KAWASAKI USA adalah bentuk yang paling aerodinamis.

Perlengkapan Police Standart telah terpasang (built-in) seperti sadleboxes, serta GE Pursuit halogen lamp dan Federal Sign Siren 150w Modul & Speaker.

Jenis ban yang digunakan pun juga sudah standar polisi yaitu ban runflat (anti-deflation / bead retention) atau ban anti kempes. Windshield menggunakan produk GE-Lexan berbahan Polycarbonate (anti peluru / anti pecah) yang merupakan standar US Military spec.

Motor ini juga dilengkapi dengan “Crash Protection Bar” pada mesin (kiri / kanan) serta sadlebox (kir / kanan)

Dapur pacu / Mesin menggunakan jenis KZ1000J yang merupakan mesin “Drag Race” Kawasaki yang terkenal di USA.

Spesifikasi Teknis & Mesin KZP :

Engine type 4-stroke, DOHC in-line four, 2 valves per cylinder
Displacement 998 cc
Starting Electric
Bore x Stroke 69.4 x 66.0 mm
Cooling Air/Oil
Power 88HP@9000rpm 112Ft-lbs@8000rpm
Carburetion Mikuni Bs34 x 4
Ignition Transistor Controlled Breaker less Ignition ( TCBI )
Transmission 5- speed
Frame Double cradle, heavy-duty steel
Rake / trail 27.0 degrees / 4.5 in.
Suspension, front 38 mm telescopic hydraulic fork
Suspension, rear Swing arm with twin adjustable shocks
Tire, front bead retention type MN 90-18 4PR
Tire, rear bead retention type MR 90-18 4PR
Brakes front, rear Dual hydraulic discs / Single disc
Overall length 90.2 in.
Overall width 35.2 in.
Overall height 61.4 in.
Ground clearance 6.3 in.
Seat height 30.7 in.
Curb weight, as from factory w/fuel 596 lb.

Seperti motor polisi pada umumnya di Amerika, motor ini tidak menggunakan Radiator / Air Cooling maupun Oil Cooler. Mereka (para motorcops) tidak mau diributkan oleh pemeliharaan yang rumit.

Riding the KZP’s


Motor yang cukup berat (600 lbs atau ±350 kg) namun sangat stabil dikendarai, mampu bermanuver tajam (radius putar = ± 3 meter) dan tarikan yang responsif. Posisi riding yang pas, membuat motor ini juga sangat nyaman dikendarai.

Sebenarnya KZP bukan untuk rider pemula, mengingat power motor ini cukup besar sehingga membutuhkan pengendalian yang ekstra. Bahkan di negara asalnya (US), rider motor ini harus menjalani ekstra advance riding course yang diawasi oleh instruktur-instruktur riding yang sudah berpengalaman mengendarai motor ini.

Production Line-up


KZP diproduksi sejak 1982 oleh Kawasaki Motor Corps. USA. Motor ini tidak diproduksi massal layaknya motor lain, melainkan sesuai dengan pesanan/tender kebutuhan dari US Government melalui US Police Departement.

Setiap tahun produksi ditandai dengan perubahan nomor seri, misalnya KZP tahun 1982 merupakan seri P-1, sesuai urutan tahun maka tahun berikutnya ditandai dengan seri P-2 dan sampai dengan produksi terakhir KZP yaitu tahun 2005 merupakan KZP seri P-24.

Sejak awal produksinya (1982) sampai dengan akhir (2005), tidak banyak perubahan yang signifikan antar seri produk. Mesin & Bentuk bodi tetap sama, hanya pada tahun 2002 (KZP P-21) menggunakan rem dobel piston untuk frontbrake serta penggunaan LED untuk standar Pursuit Lamp.

KZP di Indonesia


Kawasaki KZ1000 Police / KZP masuk resmi di Indonesia pada tahun 1994 merupakan KZP P-13 series, di impor secara khusus oleh Pemerintah RI sebanyak ± 100 unit sebagai motor kawal untuk kepentingan KTT APEC 1994. Setelah KTT berakhir, 50% KZP tersebut di operasikan oleh Paspampres (Pasukan Pengawal Presiden), sisanya dioperasikan sebagai motor satuan Kepolisian (Mabes Polri, Polda Metro Jaya & Polda Bali) dan Polisi Militer (Provost Kostrad & beberapa Denpom)

Pada 2004, Paspampres resmi me”pensiun”kan KZP dan menggantinya dengan Honda Goldwing GL1800. Beberapa KZP eks-Paspampres tersebut dijual/lelang/deum kepada sipil, dan sebagian masih digunakan untuk latihan patwal motoris.

Saat ini jumlah KZP yang masih “operate” atau layak jalan di Indonesia ada sekitar ± 30-an unit.

Fact KZP in Indonesia


Kawasaki Police (KZP P-13 series) masuk di Indonesia hanya ±100 unit hanya tahun 1994 (eks KTT APEC 1994)
Indonesia merupakan 1 dari 3 negara di Asia (Philipina & Thailand Very Happy) bahkan KZP di Indonesia tahunnya adalah paling muda (1994) dibandingkan Philipina (1989) dan Thailand (1987).

Dari 100 unit, pada periode 1994 – 2004, 50 unit digunakan sebagai Patwal Paspampres (sebelum digantikan oleh Honda GL1800 Goldwing), dan setelah 2004, di bebas tugaskan, sebagian dijual ke Masyarakat
50 unit lainnya tersebar di berbagai instansi militer & kepolisian, beberapa masih aktif baik sebagai patwal (Provost Kostrad) maupun training unit (Polda Metro & Mabes Polri) dan sisanya di “kandangkan”.

Sumber from : Sini dan Sini

7 thoughts on “Sedikit Tentang Kawasaki Police

Tinggalkan komentar