Honda sonic 150 vs Suzuki satria fu…kembalinya rivalitas abadi

Jagad dunia maya nampaknya benar2 lagi geger soal pemberitaan honda sonic 150….dimana2 bahas enih motor..tapi jujur kemunculan si sonic 150 itu udah diramalkan sejak dulu…lohhh kok bisa?…
Mari kita kesampingkan al ghazali sebagai iconnya sonic….menarik ingatan kebeberapa tahun silam….rivalitas abadi enih berawal dari negara tetangga kita..thailand…disana diciptakannya si raider 125..cikal bakal si fu….dan honda nova sonic 125 sebagai rivalnya…soal penjualan bagaimana?….ternyata lebih moncer si nova sonic 125…terbukti dengan masuknya nova sonic di film2 thailand dan di thailand sendiri banyak sonic berkeliaran…
Masuk akal juga kalo mungkin orang thai lebih milih sonic…kenapa?…karena era itu honda sedang ganas2nya di motojipi dengan mengusung rcv nya…terus soal desain body si nova sonic lebih luwes…soal.technologipun nova sonic dari lahir diberikan liquid cooler…alias radiator…berbeda jauh dengan raider yg masih oil cooler..dan sialnya suzuki peede nurunin mesin ini ke satria fu hingga saat ini..
Soal performa gimana untuk keduanya??…bisa dibilang rata….honda sonic mampu memuntahkan power 13.5dk@10000rpm
image

Sedangkan suzuki raider memuntahkan power sebesar 13.3dk@9500rpm

image

Wih hampir imbang kan….
Selang beberapa tahun kemudian…duo motor ini melanjtkan rivalitasnya di indonesia…tapi dimulai dengan kemunculan si suzuki dengan new mesin…yap…satria fu 150…dikatakan sebagai pembuka era rivalitas bebek super 4 stroke di indonesia…dan langsung mendapatkan tempat di hati bikers indonesia…body enteng…performa hebat…
Honda bagaimana?…dengan pede menenteng mesin nova sonic…tapi ahm jujur salah strategi dengan bermain2 di body…jadilah cs1…soal performa blm mampu menandingi si fu 150…soal design body..alamak..bebek sport itu di belahan asia manapun harus berbody ayam jago..alias shock depannya panjang kek motor sport..walhasil cs1 pun mati muda..
Sempat lama vakum…akhirnya ahm ngeluarin bebek sport 150cc terbaru…yap siapa lagi kalo bukan sonic 150..walopun tanpa embel2 nova…tapi nama sonic sudah cukup menjelaskan bahwa honda back to bebek sport lagi…
Nampaknya tinggal waktu yg bicara…dua2nya udah dohc…speknya 11-12….cuman sonic kembali unggul dngan limpahan technologi honda
image

Rivalitas iini nampaknya ngk bisa diganggu oleh merk lain…bebek sport itu ya harus bergaya ayam jagi dgn fork motor sport…serba runcing…mesin dohc…bukan malah berbody bebek dan bermesin sohc…dipastikan bakalan tersingkir dari rivalitas kedua pabrikan tersebut…manakah yg akan menang?…kita liat aja reaksi konsumen

image

Source :google

6 thoughts on “Honda sonic 150 vs Suzuki satria fu…kembalinya rivalitas abadi

  1. seandainya Athlete setara dengan mereka hahaha…..minimal mesin KLX lah udah mending 😛

    ngomong ngomong om, kalau Jupiter MX sebenarnya kebalikan dari Athlete, doi mesin tegak bodi bebek, Athlete mesin tidur bodi ayago :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s