Ngk datang tapi bisa ngeliput sebuah acara? Ada tekhniknya looo

Ah sore tadi sempat bnyak kazak.kusuk di hp terkait zebuah pemberitaan acara sebuah forum..apa pasal?
Sebenernya kalau awam melihatnya dan membacanya gk ada yg salah…tapi dari  bincang2 dengan beberapa orng yg datang disana….emang hadir…tapi itu di paginya dan hanya pencitraan aja….kok bs? Ya bisa….yg dipotonya aja kerasa ngk dia poto….tp kok bs tampil.di tulisannya dan dikasih watermark pula…..gk perlu tau siapa.dia….sy gk mau nyebut nama…cuman mo.nulis gmna etikanya kamu gk datang (ato hanya nampang poto 5 menit) tapi bs nulis  berita plus dpt poto2 dr acara terzebut?
Ok…mulai dr pertama….sebuah pemberitaan tentang sebuah acara biasanya kalo gk bs datang..bs diwakilkan karyawan (ini kyk tabloid dll)….kalo blogger? Ah bnyak kok yg suksses pada bisa bayar karyawan….ato opsi lainnya bs via tlp dan untk dokumemtasi bs minta panitia…simple? Semua orng bs kan? Tp tngguu dulu…
Disini kesalahan besar bisa terjadi….tau watermark dan fungsinya? Ok…sedikit penjelasan….watermark umum digunakan untuk mencegah terjadinya copypaste…makanya di tiap.poto kadang ada tulisan..entah nama pemotret ato nama perusahaan….intinya tuh foto ada identitas pemiliknya…
image

Back to persoalan….kadang karena terlalu pede dgn serah terima.dokumen dari panitia…si penulis jadi lupa.kalo.poto2.itu hasil karya seseorang  dan sialnya diberi watermark nama si penulis ato peruzahaan si penulis…..padahal jarang ada yg mau foto hasil dokumentasinya di beri identitas orng lain…
Nah kalo udah begini kan jd rancu….sebagai contoh dari kasus pertama tadi apakah ini orang beneran meliput di acara tersebut? Tapi kok menurut bocoran orang yg juga hadir dan beberapa panitia orang itu hadir di pagi hari hanya untuk pencitraan saja…sisanya dari dokumentasi panitia yg dia beri watermark…..
Saya sekali.lg.gk.menunjuk siapa dan apa alasannya….tapi saya beri contoh sedikit aja….wak haji Tmc blog pasti udaah padaa tau lah…beliau kan blogger senior dan beliau sekarang lagi liputan test motogp di sepang…dari foto2 beliau yg di beri watermark…saya yakin kalo itu hasil jepretan beliau…dan memang terbukti kok.perjalanan dari persiapan di share di sosmed juga….padahal bs aja beliau ambil gmbr dan info dr jurnaalis lain…memberi watermark dan diposting seolah2 beliau lg disepang…tp itu memalukaannnn…

image

Poto from tmcblog

Conth lainnya….media otomotif biasanya ada space yg memuat kegiatan komunitas ato.club….rata2 itu foto dokumentasi yg dikirim komunitas terkait ke meja redaksi…jadi tinggal edit dan terbit..tp sesuai aturannya….fotonya ngk di watermark tuh…
Yah mungkin tulizan saya mash bnyak kurangnyaa…gk masalah gk meliput….tapi hargai dikit si pemberi gmbr dan informasi…kalo bukan hasil jepretan sendiri jgn malu…toh masih banyak yg baca tulisan kita…

12 thoughts on “Ngk datang tapi bisa ngeliput sebuah acara? Ada tekhniknya looo

  1. Mmm… Kalo screenyut boleh di watermark gak yah… Kalo saya biasanya yg saya yg watermark foto yg saya ambil sendiri, foto temen tp saya sebutin namanya, sama foto yg saya olah di picsart… Tp kalo ada watermarknya saya biarkan enggak dicrop…

  2. orang yang memwatermark foto studio motor baru juga adaa… katanya udah ijin sama produsen motornya… la diliat diwebnya aja belom tampil kok bisa bilang udah ijin… ndobose alias ngapusine ketoro banget…

  3. Jadi inget postinganya blogger itu tuuuh yg bikin artikel tentang NNRP tapi dia sendiri gak dateng dan foto yg ada di artikl itu seeak jidat dikasig watermark :v wakakakak

  4. Blogger karbitan sok idealis dan sok obyektif itu tuh,, yang terkenal gara gara kena karbit.,, untung aja ga kesendak karbit beneran,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s