di Motor Sipil Lampu Hazard…Dilarang Ngk Sih??…

Sempet jadi bahan perbincangan..pas dlu lagi hot2nya bahas soal SIRBO…ada yg nyeletuk..lah lampu hazard gak sekalian ditertibkan??…kayaknya dilarang dipakai buat kendaraan sipil kan??…
Perbincangan itupun akhirnya malah ngerembet jadi perdebatan…okdah kita bahas…dilarang gaksih lampu Hazard itu dipakai dikendaraankita?? (terutamamotor lo ya)…
Jawabannya tentu TIDAK DILARANG…diluar negei moge2 sebagian udah pakai itu….sebenarnya guna si lampu Hazard ndiri itu apa seh??…setau ane sih ntuhlampu sebagai lampu tanda bahaya alias peringatan…misalmobil kita mogok dipinggirjalan…biar pengguna jalan lain bs liat kita darijauh dan menghindari tabrakan..dinyalakanlah si hazard itu…
Sebenernya ok juga kalo motor kita dikasih ntuh lampu…gunanya pentinglo…saat kita riding malam dan berhenti sejenak di pinggir jalan..bisa diidupin…jdpengguna jalan laen tau keadaan kita..

Namun penggunaan si hazard itu kokmakin lama makin sesat yah??…banyak ane liat…boil2pada latah hidupin hazard saat hujan turun…ktanya biarjelas diliat oleh pengguna jalan laen…yah masuk akal..tapi salah….kenapa??..karena kedua sein yg bergerak bersamaan membuat manuver pengguna jalanlaen menjadi bingung”nih boil mau belok mana yah”…secarakedua sein idup…

Sama halnya ketika sebuah groupriding motor terlibatkonvoi… (ngk dikawal polkis lo ya)…nah mereka biasanya ngidupin hazardnya..duh..karuan aja pas merekamelakukan manuver belok..jelasbikin kaget pengguna jalan laen..karena kedua lampu sein idup semua..
Aturannya Hazard itu digunakan saat kendaraan yg digunakan berhenti secara darurat..seperti mogok, ban bocor..

Jadinintinya Hazard itu boyeh di gunakan..tapiaturaanya emang diperuntukkan ketika kendaraan berhenti..kalo dipakaijalan mah itu salahhhh…

12 thoughts on “di Motor Sipil Lampu Hazard…Dilarang Ngk Sih??…

  1. Bedanya hazard dg strobo apa? kan d uu no 22 th 09 ada larangan penggunakan strobo warnakuning tuh… warna kuning hanya boleh pada pengangkut jenazah..
    #nanya serius

  2. Setuju.. Lebih disarankan untuk mobil saat hujan deras untuk menyalakan lampu kecil.. Kalo hujan deras plus kabut ya lampu jauh.

  3. sharing pikiran aja om, kalo menurut ane om, hazard itu fungsinya :
    1. buat penanda bahaya (bisa kurangnya jarak pandang, perempatan rawan kecelakaan, kendaraan kita trouble)
    2. pemberi tanda kendaraan darurat (ambulance, damkar, maupun kendaraan darurat lainnya)
    jadi menurut saya sah2 aja kendaraan roda 4 dan roda 2 pasang lampu hazard, tergantung pemakaiannya dan tempatnya. asal bijak, tentunya ga masalah dunk… IMHO ^_^

  4. masih mending buat d atas,lha malah kbnyakan dbuat lurus saat berada d perempatan.iya kalau pengendara lain ngeliatnya dari belakang pst tahu kalau dia bakal lurus,nah kalau dari samping kiri atau kanan pstnya cuman terlihat d satu sisi aja yg artinya kendaraan tersebut mau belok ke arah lampu sein yang dnyalakan (pengalaman pribadi)

  5. loh kalo setau ane kalo mobil pas hujan2 pasang hazard justru berguna toh, biar orang lain tau keberadaan tuh mobil soalnya kalo ujan kan suka berkabut..CMIIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s