Ketika Aparat Naek Motor Masuk jalan Tol….Pakai Seragam Dan Motor Dinas Boleh Ya??

Jalan Tol..dibuat untuk mempersingkat dan mengurangi kemacetan….kendaraan yg boleh msuk di sana seingat ane sejak sekolah dlu itu minimal beroda 4…sedangkan sepeda motor yg beroda 2 dilarang masuk ke situ..bahkan sekelas MOGE premium pun gak boleh masuk ke jalan bebas hambatan yg dikhususkan untuk kendaraan roda  4 ato lebih itu…

Lah kalo ane sering liat konvoi pejabat ato tamu negara VVIP ato min VIp lah yg dikawal oleh polkis naek moge dinasnya dan lewat jalan tol kok boleh itu om??….lah yg jadi sebuah pertanyaan bagi setiap pengguna jalan tol yg lewat adalah kadang ato bahkan sering di jumpai aparat (entah itu polkis, tentara, provost..dll) YANG SEDANG BEBAS TUGAS MENGAWAL kok masuk dengan enaknya ke jalan tol??…langsung blenggg gak pakai bayar karcis segala 😀

Gratis pak? 😀

Padahal menurut PP No.44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas PP No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pada pasal 38 ayat (1) disebutkan ”Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih”, meskipun ditambah satu ayat (1a) yaitu ”Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih” (macam di tol SURAMADU)… udah di cantumkan begitu…kenapa masih ngeyel bapak2 aparat ini??…

Melihat ada tugas mengawal??..ato melihat sedang riding sendirian?

Kalo ada dalih : ” Saya sedang melakukan tugas pengawalan” lah its ok kalo ada mobil pejabat yg dikawal…kalo cuman motor sendiri aja??… pengawalan menurut Susilo (2006: 50 – 51) terdiri dari dua jenis, yaitu:
1. Pengawalan rutin:
a. kegiatan pengawalan yang memerlukan pelayanan Polri pada setiap saat dengan cepat dan tepat.
b. pengawalan terhadap orang-orang tahanan dengan terlebih dahulu mempersiapkan surat-surat pengawalan.
2. Pengawalan insidentil:
a. pengawalan terhadap pejabat penting pemerintah/tamu negara/VIP.
b. pengawalan terhadap barang/dokumen negara termasuk sarana pemilu (langsung mengikuti orang/baran/dokumen dan pengawasan tidak langsung dengan cara mengamankan daerah/rute perjalanan dan tempat tujuan tetap tidak mengikuti barang/rombongan/dokumen yang dikawal, umumnya berbentuk pos pengamanan).
Dari definisi diatas sudah jelas dimana batas kewenangan aparat untuk melaksanakan tugas pengawalan ketika melakukan diskresi untuk masuk ke jalan tol, bukan berarti semua yang berbau instansi penegakan hukum bisa dengan mudahnya pula untuk melanggar hukum apalagi dengan dalih diskresi. ..jadi misih ngeyel pak??..

Asik yah pak bisa race bareng boil2 di jalan muyus? 😀

Lagipula kalo udah begini banyak masyarakat yg iri..ato kadang malah nekatt…dlu ada yg pernah bisa berhasil keluar masuk jalan tol pakai motor metik…hebatnya bisa nemu jalan rahasinya.. 😀

Nah kalo udah gini sama2 naek motor tapi beda perlakuan..aparat melenggang bebas di jalan tol..rakyat sipil harus bermacet2an  dah 😆

 

Sumber dan gambar ane ambil dari :

arriwp97 blog

KasKus

Memo.gombal

dan Google

15 thoughts on “Ketika Aparat Naek Motor Masuk jalan Tol….Pakai Seragam Dan Motor Dinas Boleh Ya??

  1. Kalau aturan sih sdh jelas ! Yaitu pengawalan vvip ” setingkat presiden dan wakilnya dan pejabat tinggi negara setingkat menteri. Diluar itu ya menurutku kurang bener ! Apalagi ngawal bos mata sipit atau riding sendiri pulang ngantor . . .

  2. wkwkwkw ane pernah naek suprit kebablasan masuk tol cuman belum sampe ke pintu karcisny

    dipisuhin sama supir truk yg sedang rest di pintu masuk, la wong masih nyari jalan, kesasar ane pada waktu itu

    niatnya c baek mau ingetin, mumpung belum diuber ma polis 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s