Naek Motor Kapasitas Ketjil..Ketika Belajar Sabar Diperlukan

MURAHAN…mungkin rata2 itu adalah sebuah kalimat yg terlontar ketika seorang lelaki yg mapan melihat seorang anak muda melintas di depannya dengan menunggang motor berkapasitas ketjil..125 cece kebawah lah…lantas apa sih tunggangannya lelaki mapan tersebut??…ah ternyata hanya sport 200 cece saja…tapi gak cuman itu saja..dirumahnya masih tersimpan beberapa sport laennya…seperti spek 250 keatas.. pokoknya ntuh manusia doyannya sama motor semprot saja..titik..

Motor cc kecil MURAHAN??..eitss..lom ngerti seni riding naek motor ketjil sih (poto om Igfar)

Lah masalahnya trus apa mas?…kembali ke perilaku manusia tersebut…efek dari kemapanannya emang gak bisa dipungkiri membawa dampak kehidupannya juga..yah satu sifat manusia jika berhasil dalam meraih apa yg dia inginkan yaitu : SOMBONG..semua manusia punya itu..termasuk ane juga…tapi beda2 lah..

Lantas apa hubungannya sama judul??..okeh..ane jelasin secara perlahan…gini2…saat orang itu menunggangi motor berkapasitas gede…mulai dari 150 cece aja dah..maka yg namanya EGO itu muncul..sifat kek gini tiap orang juga punya..tapi seiring besarnya EGO akhirnya ketemu juga ama sifat SOMBONG…

Jangan sok pamer power…(pict. Om benny)

Dijalan kadang ada aja rider yg mancing emosi..sebagai contoh ane contohin diri sendiri aja…saat misih nunggangi Gledekan (satria Ru120)…hampir tiap hari nemu yg namanya musuh buat geber2an di jalan…dari bebek cece ketjil sampai motor semprot cece gede..dari yg 4 stroke sampai 2 stroke..dari yg gayanya 4l4y sampai gayanya full protector…nah sebagai rider 2 tak yg baik…apakah ane selalu menanggapi tantangan tak resmi itu??..sebagian besar iya..ketika sikon jalan sepi..always ane jawab dengan geberan dan jambakan janda liar khas satria RU….trus menang ato kalah bijimane??..udah banyak ane rasakan..mulai dari kalah ama mio bore up an..sampai menang lawan motor semprot 200 cece…tapi apa yg ane dapat??..sebuah kebanggaan semata..yg smakin lama semakin memupuk ane menjadi SOMBONG…

Salah satu efek SOMBONG (pict. Om Bodats)

Jadi apa yg ane lakukan untuk meredam itu?…karena gejolak jiwa muda ini selalu memuncak jika bertemu orang yg manas2in di jalan..salah satu cara yg ane ambil dari sebuah petuah suhu adalah kamu harus SABAR..semua manusia bisa kok..lantas bijimane cara yg efektif untuk SABAR itu..yap..turun kapasitas mesin aja…nyarii yg bisa dibuat santai…

Akhirnya ane ambil si REVITA yg kapasitasnya hanya 110 cece saja..ah kapasitas segitu mau dibuat ngebut kemana?…hasilnya??..terbukti..dijalan lebih save…dan udah beberapa kali di tantangin tapi ane tetep gak bergeming…yapp..sekarang saatnya untuk calm down aja…menikmati riding tanpa harus ditantangin ama rider2 aneh itu…jadi ngk haram hukumnya punya bebek dan motor berkapasitas ketjil..kenapa??…karena selain bisa lebih save dalam urusan BBM,perawatan dan onderdil…motor kapasitas ketjil juga mampu memberikan sebuah pelajaran tentang kesabaran..ente bakalan merasakan sendiri : OH GINI TOH RASANYA DIASAPI AMA MOTOR LAEN..OH GINI TOH RASANYA HARUS NGALAH..dll….ingat ngalah gak berarti kalah…apalagi di 2012 ini keadaan lalu lintas semakin kacau..harus semakin dihadapi dengan kelakuan sabar di jalan..jadi buat yg misih bangga dengan motor kapasitas besarnya…anda perlu memiliki jiwa yg besar untuk menaikinya..kalo belum mungkin anda masih seperti anak ABG 17 tahun yg naek MOGE…

59 thoughts on “Naek Motor Kapasitas Ketjil..Ketika Belajar Sabar Diperlukan

  1. kadang rasa sombong itu hinggap di hati ane :D,.. kl sekarang lebih bisa sabar dan dalam hati bergumam yang mau duluan/cepet2 silahkan lah :mrgreen:

    nice artikel

  2. kalo gw, biasanya pasang side box. soalnya kalo udah side box, harus lebih waspada lagi.

    tapi menurutku om, bukan masalah CC juga. gak sedikit kok yang ber CC kecil tapi SOMBONG.

    walaupun CC bisa jadi salah satu sebab orang menjadi sombong, tapi ada sebab lain yang lebih berpengaruh. apa itu? ya diri sendiri. kenapa begitu? kerena mereka pengen eksis, pengen dianggep, atawa pengen dipandang.

    ah, adai saja BZE masih ada di sisi ku. aku rindu padanya..
    T_T

  3. ini artikel bagus buat mereka yg kere, yg ga kebeli motor2 sport, hehe,,ya apa boleh buat cc kecil, mau sombong juga di ketawaan orang,

    • lah yg make motor semprot cece ketjil juga sering disebut kere lo…tapi pan udah ente jawab sendiri..jadi kere di jalan itu enakkk..mau sombong juga di ketawain
      *contoh : naek honda C70 sutandart kok standing2 sama sruntulan..yah jelas kalah di salip N250..nyang ada di ketawain dijalan..makannya mending pelan aja dan TAU DIRI 😆

  4. di tempat ane malah mongtor – mongtor SEDEKOT yang kelakuannya kayak setan… srantal sruntul kagak jelas… yang pke ninja mlah kalem….

  5. Yah untunglah saya pengguna honda win, mboncengin istri PP, jadi kudu sabaar dan lama lama males liat orang ngebut ye…

  6. Whuahahahaha ” boleh nice artikel koq , cuma ane mau nambahin aja bahwa semua itu kembali kepada manusianya kalau bicara masalah kesombongan ! Miskin atau kaya ya kalau egonya tinggi ya berpotensi untuk sombong bin angkuh bin congkak .

  7. kalau punya supercub dan cucu2nya (supri, repoh dan kawan2) rasanya enakan calmdown seperti bawa vespa. walaupun standar, tapi tahan banting, jalan2 kemana aja rasanya bisa 😀

  8. nunggang byson njuk pancen rodo somong, ono bebek cc cilik yo waneni, bebek cc 150 ajak bodycharge, semprot tantang ganteng2an, nek nunggang win ayoh kono nek ndisik, motor sampeyan luwih apik, luwih larang, luwih banter makane aku luwih seneng nunggang win, byson seminggu mung metu nek keluar kota seminggu pisan, nek ora yo mung toko gorengan 1 / 2 kali seminggu

  9. menurut saya umurlah yg akan menyadarkan, secara disaat tsb udah ga pantes lagi bergaya alay :mrgreen:
    jadi balik lagi ke TWTL

    klo masih muda mesti alon2 terus, pasti pedih juga jiwanya.. kecuali kultur di sekitarnya masih mendukung.. it’s ok dah

  10. karena gejolak jiwa
    muda ini selalu memuncak jika bertemu orang yg manas2in di
    jalan..
    #oh, om lingga msh muda toh? Xixi :mrgreen:

    ane slalu berusaha naik kndaraan apapun cc_ny tetep sbar n sapety om, cz mw geber2 kyk ap smpe tjuan waktuny g terpaut jauh….

  11. sing penting podo eling wae kabeh mau mung titipan sing Kuoso..

    betul begitu mas lingga 😀

    • saya memamng KERE mas..makannya saya lebih prefer beli mobil dari pasa beli semprot 250 cece keatas..lah kalo keujanan ntar masuk angin gak ada duit berobatnya..gara2 pajak motornya yg muahal+harga bensinnya nyang nyaingin boil 😆

      • setuju mending beli boil, dan kebanyakan cewe ngincerny yang pake boil dan berdasi:D

        ujung2nya yang bawa sales mobil 😆

  12. mantap mas..stju..dlu wkt masi skolah n agak alay,mtor ane jg mtor semprot yg trknal kentjang..sering ane pake kbut2an..hmm..tp stlah kerja n mindset tentang perilaku brkndara mulai membaik..ane berganti mtor ke susi aja..aka supra pgm fi..yg tarikannya smooth..hehe..
    emang trkadang dngan cece besar..biasany diikuti dngan penggantian knalpot rcng juga..akhrnya sering tak merasa mulai tmbuh bibit2 sombong d hati..
    sama ketika ane ud mulai bsa bli sedan jadul..dngan knalpot racing ane malah ugal2an lg..pde aja ladenin sedan2 1500an cece yg trbaru..hmm..akhrny ane insap,ane balikin k standarnya lg
    ukuran yg menjadikan qta bsa sombng emang bergtng k qta masing2..namun lbh baik jika qta menyadarinya ssgera mungkin
    trims atas artikelny mas..

  13. hati2… yang sudah bisa sabarpun sering kali keluar juga sombongnya..

    “nih gw dah bisa antri n sabar, ngerti safety riding, taat aturan… gak kaya’ ente alay ingusan gak tau aturan baru belajar jalan masih bodo otomotif”

    tipu daya syaiton tak akan pernah berhenti… beware

  14. pengalaman pas dulu naik shogun 110 ma sekarang pakai ninja rr sih kebalik kayanya bro..sekarang harus belajar sabarrr..apalagi pas jalan ramai..ngga bisa selap selip kaya dulu pas masih pakai shogun

  15. begitulah.. intinya tau diri dan menikmati hidup
    yg paling penuh ujian itu, selalu riding dg sabar dan alon2, tp pake motor sekelas ducati atau zx6..

  16. ane sendiri pake 2 tak gan… 110cc… paling sering di geber pas lampu merah…

    tergantung mood… kalo enak ya layanin tapi kalo jalanan umum n meskipun sepi biasanya males… mending maen di kawasan industri aja sekalian… jalan sepi n lurus…

    jarang orang nyebrang pula… sekarang mah kisaran 50-60KPJ ajah

Tinggalkan Balasan

