Jaman dulu…yg namanya Piringan cakram variasi yg segede tampah itu sulit carinya…makannya kudu pinter2 ngakalin pakai punya motor semprot yg lebih lebarr ukurannya…itu jaman duluu…seiring perkembangan teknologi…semakin kreatif juga bangsa ini..sekarang mo pesen piringan segede tampah juga ecess…..
Nah di toko variasi motor kerap ditemukan 3 pilihan piringn cakram variasi yg lebarr…yah kalo kata orang sih semakin lebar piringan cakram itu..semakin mantabbb ngeremnyaa dibandingkan bawaan standart motor…3 piringan itu yg pertama adalah piringan Polos..bentuknya kek cakram bawaan pabrik..tapi dimensi lebih lebarr….yg kedua model beralur..kerap disebut piringan cakram kembang..yah karena bentuknya emang bergerigi kek bungan gitu…yg terakhir hanya tambahan aja..coz yg kek gini sekarang kurang ngetopp..tapi masukin aja dah..yap piringan unik yg menempel di velg…motor pabrikan yg aplikasi ini salah satunya adalah BUELL motor amrik…dlu tahun 2004 an nih piringan tenar juga lo..
Model ala Buell dulu diminati…
Kira2 yg sesuai untuk harian itu yg mana yah??..secara harga beda2 tifiss…apakah pas peruntukannya??…nah yg kerap disarankan untuk di gunakan sehari adalah model poloss…dari kontruksinyaa udah sama dengan bawaan pabrik…selain itu yg penting adalah pringan cakram model kek gini ini lebih mampu menyebar panas secara merata…jadi aman disaat kita melakukan pengereman dalam waktu lama….
lebih sip buat harian
Hal ini berbanding terbalik dengan model beralur alias model kembang…design yg bergerigi gak mampu menyebarkan panas ke seluruh permukaan cakram saat terjadi pengereman dengan jangka waktu panjang..nah yg ditakutkan KALO bahannya gak bagus kualitasnya..bakalan ngolet (melengkung) tuh piringan cakram…wahh gak enak buat ngerem dan bahaya tentunya…
Beralur..mendingan buat jarak pendek saja
Sedangkan untuk si model BUELL…walopun penampangnya sevelg…tapi soal kontruksi yg made in lokal berbeda jauh dengan made in Buell sendiri…bahkan kalo diadu ama cakram standart..ternyata kemampuan mengeremnya sama aja…jadi cuman menang gaya doang…
yang kek gini kalo buatan lokal mending buat nampang aja (pict aseli lo ini)
Nah kalo udah tau gini..lebih baik saat memilih piringan cakram..difikirkan dlu penggunaannya untuk apa..kalo untuk gaya muter2 koplek plus jalan2 dalam kota..gak terlalu masalah pakai yg model beralur dan model BUELL…kalo buat harian..terutama doyan kebut2an dan touring jauhh..baiknya pakai yg model polos aja…
nais inpo kang >.<
harga juga sebanding dengan kualitasnya loo ?? heheh
http://areeya2.wordpress.com/2012/03/01/bajaj-pulsar-200-ns-with-arm-tubular/
jelasss
Yoh
mending pake yg lebar polos aja… 😀
hah??…yg ukuran 34D apa 34B??
mending lebar tp merk branded.. lbh mantep
merkkk juga perlu di perhitungkan
nggonku sing model kembang (TDR),tapi sampek saikioke oke mawong sob,floatingnya juga asli bukan abal abal 😀
harga jual TDR lumayan lah..sebanding ama kualitasnya
Tadz…fungsi geriginya (kembang) itu aslinya apa sih??atau buat gaya tampilan thok??
kalo di buatan pabrikan buat ngebuang kotoran (biasanya di motor2 trail keluaran pabrikan)…kalo di porduk variasi buat gaya doang
oh gitu to gunanya…
berpikir jg kenapa kawasaki athlete gw cakramnya kembang2x gitu..
berarti siap nyemplung ke sawah neh.. lol
cakram lebar ngeri kalo dipake buat motor kecil, daya pengereman yang meningkat ditamabah bobot motor yang g seberapa bisa bikin ngesot pengendaranya kalau g hati2 memakainya 🙄
aniway ijin nitp kandang masbro
yupp…ngeriii
ya mending yang polos aja dan floatingnya asli dari pada yg kembang tapi floatingnya abal-abal
tapi masbro justru model kembang (yg asli) untuk pendinginan malah bagus karena bidang cakram tidak terus terusan bergesekan dengan kampas aka selang seling , ya sama seperti fungsi lubang-lubang di piringan cakram
dan salah satu fungsi floating (asli) kan untuk mencegah panas menjalar ke seluruh piringan cakram yg bisa menyebapkan piringan melengkung
pendapat saya loh Cmiiw
itu kalo aseli bawaan pabrik macam cakram Kwak Athlete 125…recomended malah…kalo yg abal2 variasi tetep perlu dipertanyakan
tetap make standar pabrik ala fu… 🙂
STD aja deh,,aman
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/01/ha-esemka-tidak-lulus-uji-emisi-shocked/
nais inpo om…. emang mending pake bawaan pabrik aja dech, design lebih kuat ketimbang yg variasi… CMIIW
Cakram standar motor lokal ya fu+ninja r (jari²+tromol) yg keren
Khas banget!
berarti cakram kawasaki cuma cocok buat jarak pendek ? ah, itu lain soal. kan bawaan pabrik pasti sudah dihitung matang (tak jawab sendiri saja )
lah buatan pabrik beda mas
kn yg variasi juga buatan pabrik,,
masa buatan anak tk,,
Pabrikan indihe ada juga yang pake model kembang, rotopetal disc istilahnya.. Cmiiw..
Klaimnya dapat memperluas permukaan, so pendinginan pelat cakram lebih maksimal.
kalo buatan aseli pabrik bolehlah di pertanggungjawabkan kekuatannya
Sangat2 tjerdas artikelnya!!!
Kmren sempet lirik2 velg variasi yg lebar gitu, gr2 piringan cakram aus, gr2 telat ganti kampas
Tp stlh mencermati artikel ini; maka kesimpulan saya=
Mendukung standar pabrik!!!
Kualitas jelas… Safety diperhitungkan
Pake velg tapak lebar, semakin besar gaya yg disalurkan ke cakram… bahaya kalo yg pake alay sruntulan… Ngerem ndadak, ndlosor dia…
Wkwkwkwkkwkwkwk
Kalo yg kembang bawaan pabrik fine2 aja… Tp yg aftermarket??? Mikir2 lg brow… Kmren liat cakram kembang, bolong2nya lebay…. Lebar banget… Ga kebayang deh kalo kampas rem nyangkut ke lobang tsbut… Bs2 motor berhenti dadakan… jelas bahayain dr sendiri ma org laen…
Sy mendukung akan adanya standarisasi piringan cakram… Tu aspek penting safety berkendara…
seharusnya piringan cakram dlu yg di SNI kan
mantab bonusnya 🙂
WOW.. mantab infonya, jadi bawaan pabrikan lebih terekomendasikan..
njmx ane lg trend nih, pd make piringant gede yg brgerigi, mantap diliat jg, bsok sy mw beli..??
cakram matik belakang kapan tren nya