Lebih Baik Naik Bus Dan Angkutan Umum Daripada Naik Motor…Eitss..Tunggu Dulu..

Yah angkutan umum yg nyaman dan aman emang dambaan setiap warga negara…dan bakalan lebih nyaman naek angkutan umum daripada berdesak2an di jalan naek motor…tapi ada yg menggnjal di benak masyarakat Indonesia…

Yah selain kriminalitas macam Perkosaan, pencopetan, penjambretan, dll…ada satu yg terlewatkan dari sorotan publik..tapi hal ini yg justru menjadi persoalan vital..apa itu?

Kalo liat di awal2 tahunn ini..berita tentang kecelakaan angkutan semakin marakkk…yah gak hanya tahun2 ini..dari tahun ke tahun semakin horor aja beritanya..lantas apa yg menyebabkan bisa terjadinya kecelakaan??..banyak faktornya..macam kondisi angkutan yg udah gak layak pakai, sopir ngebut kejar2an hanya buat nyari penumpang lebih banyak….dll….

Tapi itu semua ada satu penyebabnya..yaitu : adanya PUNGLI a.K.a PUNGUTAN LIAR….loh kok bisaaa??…ya bisa lahhh..dari pengakuan pemilik (sebut aja juragan angkutan umum) angkutan umum…disebutkan jumlah PUNGLI itu besarr…kalo liat jumlahnya sekilas sih emang kecil..biasanya cuman 2000 ato 3000…kalo di total di tiap kecamatan yg dilalui, kota yg dilalui..dan pulau yg dilalui??…duhh..bisa sampai jutaan sehari…dan kadang duit itu keluarnya dari kantong sopir sendiri..sedangkan setorann ke pemilik angkutan tetapp menunggu..nah gak heran kan kalo angkutan umum semakin bengis di jalan2…ngk peduli kalo tabrakan…yg penting gimana bisa ndapetin penumpang sebanyak2nya..itu aja..

Masih tradisi….

Duit…duitt..duitt….

Oh iya buat yg gak tau apa itu PUNGLI..coba ane terangken secara simpel aja…gini2..kalo biasanya ente liat di jalan2…terutama di perempatan…ada orang yg berpakaian DLLAJ (dinas perhubungan)..dan mereka rata2 memberhentikan angkutan umum dan truk untuk di mintai biaya retribusi..emang sih ada karcisnyaa..tapi setelah diusut??..entah larinya kemana duit itu..alasannya buat perbaikan jalan..tapi bertahun2 jalan yg dilewati ttp aja ancur..

Seharusnya aparatnya yg dioperasi!

Yah semua udah pada tau sihh..tapi yg namanya KEBIASAAN..udah sulit dihilangkannn dari tanah Indonesia ini..mo lapor ke pejabat2??…lah mereka sendiri malah yg mendukung PUNGLI ini kok..duitnya gurihhhh…

Bayangkan 15 rebu dikali 1 juta truk..gurih tuh

Efek ini menyebabkan : Sopir semakin ngebut kejar setoran sebanyak2nya….dana buat perbaikan kelengkapan angkutan di abaikan..serviss angkutan bisa berbulan2 ngk diservis…pokoknya miriss kalo liattnya secara langsung…dan imbasnya kepda masyarakat apa??…yaitu tadii..kecelakaan…

Kembali lagi masyarakat yg jadi korban 

“Yah namanya juga ngebantu pemerintah mengurangi jumlah penduduk Indonesia pak”…mungkin itu kali yah jawaban dari pelaku PUNGLI ini?…ah kalo ngk segera dibenahi (emang bisa??..semoga bisa)..maka angkutan umum bakalan di coret dari daftar transportasi rakyat Indonesia dan tujuan dari ATPM untuk menjual kendaraan+memadati jalan2 indonesia ini akhirnya bisa terwujud sempurna

Semoga enggak…….

*gambar ambil dari Google

20 thoughts on “Lebih Baik Naik Bus Dan Angkutan Umum Daripada Naik Motor…Eitss..Tunggu Dulu..

  1. bener bgt mas, saya nyales pakai truk box engkel. skali jalan rumah – malang abis 5 rb buat pungli d jalan. belum lg kalo nge mel (kelebihan muatan) bisa kena 25rb di timbangan.
    asli gak ikhlas ngasi nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s