HONDA Itu (Ngk) IRIT!!

Dulu..saat orang tua kita mau beli motor buat kluarga…kebanyakan dari beliau pasti milih sebuah pabrkan yg tenar dengan mesin 4 stroke di era nya..siapa lagi kalo bukan Honda…”Pokoknya beli motor itu harus HONDA”…jangn yg laen..sebuah tag line non resmi yg beredar di masyarakat kebanyakan ini…

JUST HONDA!! 😀

Dengan berkembangnya tagline itu….secara gak langsung mayoritas masyarakat Indonesia terpaku pada merk HONDA itu..sampai di desa2 pun orang nyebut motor itu HONDA…semau itu berawal dari keiritan generasi mesin C-Series…siapa yg gak kenal dengan kehandalan mesin dan iritnya konsumsi BBM??…

Soichiro Honda membuat mesin C-series yg irit..tapi seiring jaman..semakin boros

Kuat dan irit…itu dulu

Di Indonesia sendiri Honda lebih fokus jualan 4 tak, C-seriesnya dibandingkan dengan pabrikan2 lainnya…saat itu kebanyakan motor 2 stroke miisih menguasai Indonesia..tapi Honda udah berfikir menanamkan statement “HONDA ITU IRIT”…well..sebuah strategi yg jitu walo berjalan lambat…

Dan hingga tahun 2012 ini statement itu masih menempel di otak2 konsumen Indonesia…termasuk bapak ane jugaa…kalo ane sendiri kenapa beli motor bebek honda??..satu jawabannya..asik dibuat angkut2…saat ini ane misih merintis usaha..jadi ambil aja motor bebek yg bisa di segala medann… ntar kalo ada rejeki lagi beli yg bagusan ah 😀

Berjalannya waktu..mulai menunjukkan sebuah kenyataan..yg mau gak mau harus di terima konsumen..statement “Honda itu Irit” jaman sekarang udah gak bener 100% lagi….

Sekarang era motor udah bergeser ke sport dan Matik..walopun motor bebek masih laku..tapi ujung tombak penjualan pabrikan di taruh di segmen metik…ngk heran jika teknologi2 kelas wahid di tanamkan di dalam tubuh metik2 pabrikan..

Dulu ketika era metik di kuasai pabrikan Yamaha…Honda menyeruak merebut tahta Yamaha Mio dengan Tagline andalannya : Honda itu Irit….dengan metik2 Honda konsumen tergiur akan keiritann motor metiknya…pelan tapi pasti Honda menguasai pasar matic yg gurihh…

Tapi itu dulu…lastt pabrikan kompetitor mulai bisa belajar dan menemukan titik jenuh Konsumen…dengan keiritan yg cuman sedikit aja perbedaanya…statement masyarakat soal Honda itu irit harus di patahkan…hasilnya??

Lihat matic generasi baru…di 2012 ini nampaknya “Irit ” nya Honda sedang diguncang kompetitor…coba liat metik yamaha terbaru..Yamaha Mio J dan metik Suzuki terbaru…Suzuki Nex…kalo orang2 yg otaknya udah tertancap statement jadul Honda itu irit..pasti langsung bilang..”Ah paling borosss”

Boros??..masakk sih??

Tapi tunggu dlu..selain klaim pabrikan yg biasanya cuman manis di janji aja..beberapa blogger langsung menjajal tunggangan anyarr ini..hasilnya??…hasil test menunjukkan Yamaha Mio J sanggup menenggak 1 liter bensin untuk jarak 61.5 km…itu yg ngetes blognya Juragan Rondho dan 1 liter untuk 63km…itu yg ngetest blognya om Taufik TMC..sedangkan si suzuki Nex..berhasil mencatatkan 1 liter untuk 80Km..dari hasil pengetesannya om Taufik TMC..dan untuk blognya juragan Rondho..si Nex berhasil menorehkan konsusmi 1 liter untuk 51.3 km!!…wow..sebuah pencapaian keiritan yg mengejutkan untuk pabrikan kompetitor Honda..

TERBUKTI IRITTTTT!!

Lah gimana dengan Honda??..saat ini yg bermain di kelas Entry level dengan Injeksinya baru si Spacy Helm-in..jelas dong ini metik teririt di jajaran metik Honda..(karena cc nya juga kecil..beda dengan Honda PCX yg udah 125 cece)..nah soal keiritannya.a.da seorang blogger yg udah membuktikannya…ane ambil selain TMC ama juragan Rondho biar variatif…yaitu om Lexy yg berhasil menorehkan 1 liter untuk jarak 49,86 km….bandingkan dengan pabrikan lain?…

Kenapa bisa kalah irit??

Nah dari sample diatas udah terbukti bahwa Honda itu (ngk ) irit …hanya brand dan statement nenek moyang kta dlu yg membuatnya tetap di kenal irit…mau bukti yg laen?..silahkan dicari komparasi keiritan Honda Supra125 Fi dan Shogun 125Fi..ato Yamaha Vixion dengan Honda New Mega Pro…ane gak mau refot2 nyari coz saat ini lebih menjrus ke bahas metik sebagai motor yg sedang ngetrend…tapi kalo dilihat-lihat emang sekarang jamannya pabrikan2 selain Honda juga ikut Irit..

Yah terserahh mau percaya ato ngk..tapii bukti test ride yg berbicara 😀

 

49 thoughts on “HONDA Itu (Ngk) IRIT!!

  1. Wajarlaah bro
    Stelah tagline honda beat irit, emg bener, pd waktu itu beat paling irit dibanding mio .
    Nah dr situ yamahaaa keluarkan metik mio baru spy lebih erit,, jd belajar dr yg sudah ada, wajar,
    Kedepannya beat jg pasti dibuat lebih irit, dengerkan vario 125 pgmfi dengan ESP nya?? Udh tau tenaga nya brpa?? Klo iritnya kita liat nanti wktu launcing,,pasti target xeon,, kita bangingkan iritinya,, nah klo ternyata vario 125 lebih irit, maka ESP ini jg bakal di cangkoknya ke generasi beat terbaru.. Let see..
    Jd intinya kita belajar dr yg sudah ada,, kecuali beat terbaru nanti lebih boros, baru deh..

  2. Wajarlaah bro
    Stelah tagline honda beat irit, emg bener, pd waktu itu beat paling irit dibanding mio .
    Nah dr situ yamahaaa keluarkan metik mio baru spy lebih erit,, jd belajar dr yg sudah ada, wajar,
    Kedepannya beat jg pasti dibuat lebih irit, dengerkan vario 125 pgmfi dengan ESP nya?? Udh tau tenaga nya brpa?? Klo iritnya kita liat nanti wktu launcing,,pasti target xeon,, kita bangingkan iritinya,, nah klo ternyata vario 125 lebih irit, maka ESP ini jg bakal di cangkoknya ke generasi beat terbaru.. Let see..
    Jd intinya kita belajar dr yg sudah ada,, kecuali beat terbaru nanti lebih boros, baru deh.. Ok

  3. Dari blog eyang Edo.. PGM Fi bisa bikin motor lebih irit 5 – 17%….
    g YMjet -Fi bisa ampe 30%…
    Yaa jelas kalah toooh…:D 😀

    • terang aja produk baru ymjet fi lebih irit, gampang tinggal contek dari produk lain n disempurnakan, trauma sama mio sporty yg dikudeta beat. kalo smua motor di indo sudah iritnya seimbang tinggal lihat fitur, spek, dan harga. yg untung skrg konsumen, diberi bnyk pilihan… yaa kan?

  4. Wkwkwk, gini aja diributin. Ya sekarang irit semua lah wong mesinnya sama-sama 4 tak dan injeksi pula.

    Jelas irit bukan hanya milik Honda. Antara Mio dan Spacy bedanya juga cuman dikit, semua punya plus minus baik PGM-Fi maupun YM-Jet Fi, tidak ada sistem yg perfect.

    Dan soal kecepatan, kencang juga sudah bukan milik Yamaha. Honda NMP juga sedikit lebih kencang daripada Byson. CBR juga terbukti kencang…

    Tinggal mindsetnya aja yang masih tertanam, nanti juga pada ngerti kalau Honda dan Yamaha sejajar tinggal selera saja, apakah lebih suka fungsi atau gaya ?

    Kalau Suzuki dan Kawasaki masih terkenal akan kehandalan motor sportnya…

    I don’t buy anything, but Honda? sepertinya bukan karena iritnya tuh bos
    Tapi lebih pertimbangan kepada ketersediaan 3S-nya, namun karena kebetulan motor honda pada jaman itu irit lantas menjadi tertanam di benak. Namun dengan jaringan Yamaha yang sekarang selevel, mungkin bisa jadi :

    “I don’t buy anything but Honda or Yamaha” , untuk pabrikan lain masih harus berjuang ekstra keras.., kalau semua bisa sejajar, maka :

    “I don’t buy anything but quality product” nah, kalau sudah begini produk abal-abal yang label motornya ngaku2 dari eropa padahal produksi Cina bisa “agak” khawatir.

    Salam,

    Alex

  5. Waduuh bakal kobongan nih warung.
    Ntar FBH Hondoon ngamuk bisa berabe. Om 3, Mas Iwan, Kang taufik dah kobongan warung mereka..
    Sereem lihat FBH kalap…!!!!
    Menghalalkan segala cara je.
    BC sana BC sini..
    Oh FBH munafik bertobatlah…!!!!

  6. selama masih berkutat menggunakan BBM fosil bisa dibilang efisiensinya gak seberapa secara minyak dunia naik terus. . . .

    pabrikan cerdas akan membuat motor dengan bahan bakar gas / bbm berbasis selain fosil ( macem minyak sawit dan sejenisnya ) , mau yang hybrid masih belum kejangkau sama entry level

    keep brotherhood,

    salam,

  7. Iklan BlackCampaign ala Honda:

    http://mariodevan.files.wordpress.com/2011/10/296448_2291191852701_1636144099_2243592_1816631564_n.jpg

    emang matic honda irit ya? kok kalah jauh iritnya sama Yamaha Mio J dan Suzuki Nex?

    ____________________________________________

    Impressi nunggang Mio-J…top speed tembus 110km/jam!!…. Februari 27, 2012
    Posted by iwanbanaran in Yamaha.
    trackback

    Yang patut digaris bawahi adalah kekuatan pelk. Kita berkali-kali menghantam lubang menganga sampai terseok-seok tapi tidak ada gejala peang. Btw….sampai ada bro kita jurnalis Pos Kota yang
    sempat mental akibat motor menabrak coakan lebar tengah aspal.
    Untung doi hanya luka lecet. Simatic diperiksa….ternyata kondisi baik-baik saja.

    *kutipan dari blognya bro iwb
    _____________________________________________

    Pabrikan sayap buntung dari goa hantu berani ngga test kaya begini….?

    Yamaha Mio J dibetot geber gas lari sekencang2nya sampai berulang2 ngehajar lubang berkali dikecepatan tinggi….
    kondisi real naik turun tanjakan turunan bermanuver ekstreem TETAP IRIT dan KUAT….

    ^
    Honda cap sayap buntung test ride aja spedoometer dimatiin, test irit BBM jalannya kaya siput….

    Wahai AHM dan FBH jawab pertanyaan gua, berani ngga Honda test kaya Yamaha begini?

    (jawab pertanyaan gua dan bukan katanya loh, jawab ya?)

    • orng bangga banget jato dasar wong deso yg pst efek nya gaskrng..v 125 gw irit jrak tempu 67km per 1liter ntu boncengan rmg gw jonggol bogor krj jakarta pluit iritan mana coba..

  8. yakin valid tu hasil pengetesan??? hasilnya aja beda jauh (liat kasus nex mas3 m kang taufik) ,,, blogger ko pake data orang ,, tes sendiri donk baru koar2 ,,,, diajmin lebih kaya blogger artikelnya …

    salam motor boros … wkwkwkw ,,,,

  9. masukan yang bagus mas lingga …:) mudah mudahan apa yang menjadi hasil tes diatas sesuai dengan kenyataan dilapangan kedepannya.

    Butuh Usaha Keras dan bukti untuk merubah image yang sudah tertanam di masyrakat . Intinya untuk saat ini Irit ya Honda…

  10. iya juga yah,masak PGM FI stage 4 (dkalim terbaru) lebih boros drpd YMJET FI (FI generasi ke 2 Yamaha)

    berarti teknologi Honda jalan ditempat dunk

    ati2 entar FBH bnyak yang ngamuk.hehe

  11. heh, cari yang setara dong.
    masak motor 110 CC dibandingin sama motor 125 cc.
    ngawur !!!!!
    klo mau bandingin, bandingin sama yang CC nya sama, honda beat misalnya.
    klo gk salah 1 liter bisa 73 KM.

  12. Honda menang nama doang, ngaku paling ter ter ter…. Padahal bohong besar.
    Udah gitu salesnya tukang ngejelekin merek lain, bilang boros lah, cepat rusak lah.
    Para fanatik buta honda pun begitu, menutup mata kalau ada merek lain yg jelas lbh bagus dan irit.

  13. Bohong tuh kalo mio lebih irit dari beat, gw pny dua2na, mio karbu sm beat karbu teknologi sm, mio paling boros, komstir dah oblag, catnya mdh kelupas, mio j pasti lebih irit krn injeksi, beat jg mau injeksi, jd rame deh perang2an irit2an. yg untung konsumen napa pula mesti ribut, tinggal pilih aja…bebas merdeka, kalo ga suka jual lg, gitu aja repot.

  14. Mio beat ane aja borosnya minta ampun..isi full cuma 90km…padahal iklannya 1 liter 70 km,ane udah komplain ke AHASS..tapi bengkelnya bilang bawa motornya jangan diatas 40km/jam biar iritnya ketemu…..

  15. gini aja d ributin…!!! kaga ada krjaan lu pade..!!! plagi yg nulis artikel,paling sales dr pabrikan ttangganya honda yg pnjualanya lg amburadul…kacciiiaaaannn deeee lloooooohhhhhhhhhhhh…!!1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s