New Pulsar 200 NS&KTM DUke 200…Si kembar Yang Giant Killer??…Tunggu Dulu…

Keamrenn..tgl 30 Januari 2012…jagad dunia otomotif di gegerkan oleh launching new Pulsar 200NS…sebuah motor dengan spek mengagumkan untuk pabrikan sekelas India..apalagi disinyalir harganya dibawah rata2 motor Jepang…perkiraan hanya 18 Jutaan..menggiurkan bukan??…beberapa waktu sebelumnya..India juga menggoyang jagad otomotif dengan melaunching KTM duke 200…motor Austria yg dalam penjualannya di promosikan oleh BAL…soal harga  lebih mahal KTM lah..

Walopun beda harga dan nama..tapi keduanya bisa dibilang sodara kembar..walopun gak identik..si KTM mengusung tampang Europe banget dengan sasis tralis dan up-side down gahar..tampangnya juga timeless…alias orang kalo liat gak cpet bosen..khas motor Eropa..soal dapurpacunya si Duke 200 udah DOHC lo…

Sedangkan si Pulsar 200 NS…tampangnya malah lebih ke arah Jap’s..kenapa ane bisa bilang gitu??…karena kalo diperhatikan lebih detail..ada tmpang Honda CB100RR…trus ada aura New mega PRo sedikit..ada desain Yamaha Vixion…dll…yah itu asumsi ane sih..tapi soal teknologi ok tuh..apalagi beda ama sodaranya cuman di no USD shock ama mesinnya yg lom injeksi, triple spark, dan misih SOHC…jadi gak salah kalo dibilang sodara kemabr..lah satu ibu dari KTM…trus beda bapak…yaitu Bajaj…

Nah yg jadi  pertanyaan..apakah New Pulsar 200 NS dan KTM Duke 200 akan menjadi Giant Killer jika suatu saat dimasukkan ke sini???..jawabanya belum tentu…ingat faktor2 konsumen Indonesia yg beda jauh ama konsumen India..

Di India sendiri denganmodal tampang kerennn bak sah ru kan…mesin kenctjangg..dan konsumsi BBM irit serta harga murah udah cuukuppp….di Indonesia??..itu misih kurang…

Yang pertama soal tampang..jelas no problemo buat ke dua motor ini..mungkin yg namanya selera orang itu beda2…yah ada juga yg gak suka tampangnya..tapi kalo diliat prossentase jatuh cinta pada pandangan pertama..kayaknya di Indonesia banyak orang yg kepincut ama tampang duo sodara ini..jadi tampang no problemo lah

Yang kedua adalah mesin..di Indonesia jelas kentjang itu adalah nomer dua setelah tampang kerenn….kalo dilihat spek mesin 200 cece DOHC dan SOHC yg beda tifis…jelas ini membuat aer liur speedgoers menetes…dengan kubikasi dibawah kubikasi pajak motor mahal (duke dan pulsar cuman 200 cece..aman dari pajak motor mahal 250 cece)…ente bakalan dapat motor full speed yg bisa saingan ama motor berkubikasi 250cece sekalipun!!…

Nah berikutnya yg bikin penasaran adalah Irit ngk??…apalagi BBM andalan Indonesia jelas2 Premium..kalo pretamax kemahalan om …itu buat rata2 orang lo yaaa..bahkan yg naek Jaguar sekalipun ngisinya ttp premium 😀

Lah irit gak nih motor??…buat KTM duke dari kabar2 yg mengatakan nihmotor berkisar di 30-40 /km deh..kalo P200NS ini di klaim BAL bisa menyentuh 58/Km jika konstan di 55km/jam..hmm..berarti irit lahh…soal kompresi gede nomer sekian dah.. 😀

Nah berikutnya soal harga..kira2 kalo masuk ke mari mo dihargain berapa??..kalo mengaca harga2 di India itu jelas beda jauh ama harga2 di Indonesia yg fenuh dengan pajak2 pemerintah..kalo bisa buat duke 30 jutaan udah max tuh…kalo P200NS??..di India sendiri harga non resminya dikatakan sebesar 18Juta rupiah saja..kalo masuk sini??…24-25 juta udah masuk akal tuh…

Berikutnya mungkin yg jadi momok mnakutkan buat beberapa konsumen awam non komunitas dan kurang melek internet…apakah 3S nya terjamin??…apalagi dealer Pulsar kebanyakan adanya di kota2 besar..buat kota2 kecil jarang euy..mosok motor rusak harus jalan jauh dlu??..trus soal ketersediaan spar part bijimane??..nyari di bengkel umum??…klo yg melek internet dan suka berkomunitas mungkin gampanglah nyari spare parts…nah itu yg harus di benahi BAI dlu..kalo perlu bangun pabrik juga dong di mari 😛

Nah lanjuttt…trus ada faktor brand yg berperan lumayan gede…ada sebuah pertanyaan simpel..kenapa Honda Tiger ttp laku yah walopun sedikit sih prosentasenya..padahal dihajar ama Yamaha Scorpio dan Pulsar 220??..padahal soal mesin dan teknologi Tiger paling kuno lo..yap..itu karena kekuatan sebuah brand..yg pertama tentu nama besar Honda..lalu nama besar Tiger..motor touring yg udah sejak tahun 90 an hingga 2012 ini masih diminati..karena kehandalan mesinnya, simple, nudah perawatan, spare part tersedia di penjuru indonesia …dll..kalo Bajaj bisa memperkokoh brand sebagai jagonya motor sport soal penjualan mudah lah…intinya dikenal dlu..bajaj itu produk mana…bagus gak??..banyak2 promosi dan 3S nya ja

Iklan juga ngefek lo..dibuatlah sebagus mungkin..kalo mo nyindir brand laen lebih baik jangan masang merk..liat dlu kondisi orang Indonesia..bisakah meenrima dengan bijak ato malah menjadi sebuah hinaan??…habit tiap negara beda2 lo…

Apa lagi yah?/..keknya itu dlu…kalo udah tercapai itu semua duo kembar ini bisa lah bersaing..apalagi dengan modal P200NS…Yamaha Vixion yg misih menjadi raja kelas sport bisa digulingkan..kecuali kalo yamaha mau berinovasi lebih dan pengembangannya gak itu2 aja..

Yamaha berani upgrade si raja jadi kek gini??

Yah kita liat kedepannya Euforia duo jagoan BAL ini apakah diterima di Indonesia ato misih segmented??..

Readey To race???

22 thoughts on “New Pulsar 200 NS&KTM DUke 200…Si kembar Yang Giant Killer??…Tunggu Dulu…

  1. kalo soal pabrik, minimal 3000 penjualan dulu di Indonesia, baru BAL mau bikin pabrik di sini..

    saya sudah jadi salah satu dari 3000 itu, so, kang lingga mau jadi salah satu dari 3000 itu juga?

    *halah, opo iki…

  2. sodaara kembar sial hehehehe …. Yg atu berotot dan punya otak (mesin ok dohc). Yg atu berotot tp ga kebagian otak hehehe

  3. yup emang masalah 3s jadi momok buat penjualan dari BAI
    BAL sangat ketat, harus 3000 motor per bulan klo g salah
    sungguh agak berat….tapi saya tetep berharap BAL mau
    bangun pabrik dsini

  4. membangun brand itu tidak mudah……dan Bajaj baru berusaha untuk itu …..apalagi sasaranya menengah kebawah yg sdh bertahun tahun dicekoki brand H , Y . S dan K ……..sebagus dan semurah apapun suatu produk motor kalau tdk didukung jaringan 3S yg baik tentu orang akan berpikir untuk membelinya…….ingat kasus motor China ! jng sampai B seperti itu……..

  5. justru Streetfighter kayak CB Hornet,FZ1,Z1000,dll itu asal muasalnya meniru desain motor Streetfighter Eropa…..jadi dalam hal Ini kTM membawa DNA motor ERopa ke Pulsar ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s