Disaat Bajaj Pulsar Terkena Sesatnya SIRBO dan Kearogansian…Kurang Kentjang yah??

Buat yg gak tau Bajaj Pulsar…motor ini adalah made in India..sebuah motor yg menurut bikers2 Indonesia cocok sangat untuk touring jauhh…gakbikin pegel dan soal speed nih motor cepat sangad…tapi kerennya di tunjang dengan konsumsi BBM yg irit..makannya Pulsar bisa berkembang cepat dan komunitasnya menjamur di mana2…

Nah artikel ini sebenernya udah di pendam lama sih….bahkan sebelum sebuah gambar terkirim ke FB ane..saat itu ane lagi jalan ke Jogja..dan saat itu ane misih lom ngikut apa itu kleb.komunitas..ato pun aktif nge blog..siang itu serombongan kleb Pulsar melaju kentjang menyalip boil Avanza yg ane tunggangi bersama keluarga..namun cara menyalipnya yg arogan dengan menyalakan sirene dan makan jalur yg berlawanan yg membuat ane gak respek sama kleb pulsar tersebut…

Belakangan setelah melalang buana ke beberapa kleb yg ada..akhirnya ane tau siapa2 aja kleb/komunitas pulsar yg pakai barang haram tersebut…

Nah pagi ini saat ane membuka FB..dapet kiriman gambar dari mas Dipo..seorang member di sebuah komunitas Pulsar juga..yg menceritakan soal kearogansian sebuah klub pulsar yg besar dan terkenal…dan beebrapa membernya ane kenal..

KOMUNITAS PULSARIAN (Pict. Diposedici)

Sangat di sayangkan emang…sepanjang pengamatan ane pas pertama liat kleb yg di foto tersebut (ternyata dlu pas ke jogja lambangnya sma)..emang seperti terburu2 saat melakukan touring..maen injak marka sih biasa ane liat..yg kebangetan itu kok sampai makan jalur lawan yah??..kalo ntar keserempet ujung2nya orang yg nyerempet di suruh tanggung jawab..padahal mereka sendiri yg cari gara2 makan jalur berlawanan…udah punya nyawa lebih apa??..ntar kalo ketabrak bus ato truck nangis??..ngk sesuai dengan gayanya..ckckkc

Selain itu ternyata sebagian dari mereka misih make yg namanya SIRBO..you know lah barang haram tersebut…dari yg bunyinya Teett..totttt..sampai nguing2 ada..tinggal pilih..dan sepanjang pengamatan ane mereka ngebuka jalan sambil bunyiin perangkat haram tersebut..sayang saat itu belum musim yg namanya setik nidji..kalo misal pakai tambah ramai tuh 😀

Nah pertanyaan ane nih..apakah motor kalian kurang cepat??…padahal saat mencoba versi sutandart dari motor pulsar pun ane merasa cocok dengan speednya…kenapa juga misih pakai barang haram macam SIRBO dan sampai makan jalan jatah orang lain??…toh pengguna jalan lain juga ikut bayar pajak lo..kecuali kalo ente bayar pajaknya lebih…lebih dari gaji DPR maksudnya… eh 😀

biar gak lupa nih ane taruh kembali peraturannya :

 


Pasal 59 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna: a. merah; b. biru; dan c. kuning.

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

b. lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c. lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan tata cara pemasangan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah.

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

PP No. 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi

Pasal 65

Dilarang memasang lampu pada kendaraan bermotor, kereta gandengan atau kereta tempelan yang

menyinarkan :

a. cahaya kelap-kelip, selain lampu penunjuk arah dan lampu isyarat peringatan bahaya;

b. cahaya berwarna merah ke arah depan;

c. cahaya berwarna putih ke arah belakang kecuali lampu mundur.

Pasal 66

Lampu isyarat berwarna biru hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :

a. Petugas penegak hukum tertentu.

b. Dinas pemadam kebakaran.

c. Penangulangan bencana.

d. Ambulans.

e. Unit palang merah.

f. Mobil jenazah.

Pasal 67

Lampu isyarat berwarna kuning hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :

a. Untuk membangun, merawat, atau membersihkan fasilitas umum.

b. Untuk menderek kendaraan.

c. Untuk pengangkut bahan berbahaya dan beracun, limbah bahan berbahaya dan beracun, peti kemas dan alat berat.

d. Yang mempunyai ukuran lebih dari ukuran maksimum yang diperbolehkan untuk dioperasikan di jalan.

e. Milik instansi pemerintah yang dipergunakan rangka keamanan barang yang diangkut.

Nah lo…disana jelas tertulis lo..kenapa masih dipasang??..seharusnya ke tuanya bertindak tegas dongg..jgn cuman menghimbau..ingat manusia jaman sekarang kalo cuman di Himbau ngk bakalan mempan..kalo perlu cabut perangkatnya ato banned tuh orang dari keanggotaan kelub..

Efek dari kegiatan diatas apa??…jujur ane kemaren2 mendapat laporan dari beberapa rekan di Jogja yg notabene adalah mahasiswa dan masyarakat biasa pengguna jalan yg bilang…. ” Eh Lu kan ikut di kelub P**** yg isinya Bajaj Pulsar itu kan??..ntuh anggotanya ada yg arogan di kemacetan..selap-selip sambil nyalain SIRBO”…nah berita ini ndilalah bocor ke mana2…maka jadilah sebuah Tjap Jelek ” Ohhh Kleb Bajaj Pulsar itu Sukanya Arogan..Ngk sebanding Dengan Koar2nya yg Safety Riding”..prett…

karena baut satu yg terlepas..maka Tumpah sudah oli nya si pulsar….mungkin itu adalah kalimat yg pas buat menceritaakan image kelub pulsar saat ini..jangan mentang2 ketuanya ato anggotanya adalah seorang aparat..maka boleh bertindak di luar batas..ingat kelub itu untuk mengajari masyarakat dalam berkendara yg benar dan santun..apalagi kalo ketuanya aparat..seharusnya ikutan melindungi warga sipil dong..bukannya mendukung anggota kelubnya untuk bertingkah arogan..

Yah semoga SIRBO bisa segera di lepas dari semua kelub2 yg ada..mari MENGGELINDING DENGAN SANTUN… 🙂

191 thoughts on “Disaat Bajaj Pulsar Terkena Sesatnya SIRBO dan Kearogansian…Kurang Kentjang yah??

  1. ” Eh Lu kan ikut di kelub P**** yg isinya Bajaj Pulsar itu kan??..ntuh anggotanya ada yg arogan di kemacetan..selap-selip sambil nyalain SIRBO”

    Awas, imejnya yang peremeh bebek bisa bertambah buruk lagi dengan gelar arogan dan sok2an aparat……yang penting itu akar rumputnya dibenahi…….

    • Di jakarta blm pernah liat om. pengguna pulsar yang ane temuin di sini 80% santun. Pulsarian yang ane temuin 100% tertib lalulintas (sampe rela di klaksonin motor laen gara-gara lampu masih merah tapi jalan udah kosong xD )

      tapi ga tau deh di tempat lain.

      • kalo di Bandung dah sering liat pengendara Pulsar yang pake pakean seadanya, cuma modal helm half face doangan…..lainnya celana pendek, sendal, kaos doang………apa bedanya sama bebek? 😆

      • Biar gak OOT, di Bandung memang jarang pengndara Pulsar pake Sirbo, tapi imej pengendara Pulsar di Bandung itu gak bisa digeneralisir, yang seruntulan banyak, tapi yang patuh aturan juga ada

      • @ AGNIPRASETYA….. Alasan anda terlalu klasik untuk membela teman dlm 1 komunitas. No Pol B 6624 SGO ini salah 1 contoh anak Pulsarian yg dijalanan sering belagu & sok2 an. Klo memang anda merasa tdk kenal dgn No Pol tsb berarti tdk ada salahnya saya & teman saya apabila bertemu pakai dgn cara saya dong, entah itu ribut ato gw gebukin, OK!!!!

  2. Jiaaahhhh mas bro, kebeneran aja lo ketemunya sama rombongan pulsar, mungkin klo ketemunya sama rombongan tig*r, scor***n, atau yang laennya sama aja kali, Jangan cuma karena tindakan satu dua oknum lo ngejudge jelek semua anak pulsar. Hayo buat pulsarian tolong tunjukan kpd pengguna jalan yang lain klo kita rider yang taat peraturan.

  3. Sebagian oknum klub masin menggunakan hal tersebut… Namun setahu ane, klub2 bajaj yg telah besar di tanah air umumnya telah melarang penggunaan hal yg melanggar hukum n aturan lalu lintaa…

    “teringat saat menghadiri deklarasi n pelantikan pulsarian lampung…salah satu membernya di tahan pelantikannya karena memakai headlamp n brakelamp warna berwarna tidak standar”

  4. Nice artikel mas bro,semoga dengan adanyas artikel ini klub yg di maksud atau klub motor-motor yg lain sadar.

  5. memang, dari sekian item aksesoris motor (knalpot, box, sirbo, dll) soal sirbo ini yg paling sensitif, dalam arti bisa menimbulkan antipati masyarakat pengguna jalan terhadap kelompok/klub/komunitas pengguna motor tertentu yg anggotanya menggunakan sirbo… itu kenyataan lah… apabolehbuat….

  6. Mohon sorry….sedikit klirkan aja
    Ane salah seorang anggota PSRT (Pulsarian Safety Riding Team) generasi pertama (2007-2008) dulu ketuanya masih Bro Neman Panser..dan ane sendiri mantan ketua PSRT Pulsarian PRA Depok aka Detasemen….sejak generasi pertama PSRT berdiri ,Pulsarian sdh dengan tegas melarang penggunaan atribut yg dianggap menyerupai aparat dll….itu thn 2007/08….pdhl UU no.22 baru disahkan thn 2009…apalagi stlh jelas2 UU itu berlaku…seluruh atribut itu skrg HARAM TOTAL….sdh banyak ranger Pulsarian yg ditindak bahkan keluar (dikeluarkan atau keluar sendiri) dari komunitas karena masalah ini….soal msh adanya oknum yg msh menggunakan atribut tsb…itu jelas tanpa restu dari organisasi….thn 2008 dan 2009 kami memang turing ke jogja….sejauh pengamatan ane pd thn 2008…tidak ada 1 ranger pun yg menggunakan atribut tsb…baik dari unsur Detasemen,Panser,Bayonet,Kaliber,Bogor,Bandung,Spark (dulu msh Perangkap),Rocket (dulu juga Perangkap) dan Squadron…..hanya pada turing 2009….dari tim Detasemen ada 1 kedapatan menggunakan Toa/Sirine (walaupun tidak digunakan)….dan ini pun rangernya sdh di sidang dan di eksekusi (pencopotan atribut)…

    jadi mohon maaf…ane terpaksa klir kan….krn artikel ini mencantumkan foto2 Pulsarian

    A.Haris Firdaus TPRP#061 Pulsarian PRA Depok aka Detasemen

  7. Yuk luntang-lantung gak pake sirine, gak pake stobo, gak pake nendang2 pengguna jalan lain, gak pake blokir jalan, gak pake stick niji, gak pake stick golf juga, sekedar mencintai n menikmati serta mempromosikan keindahan alam indonesia.

    Bagi yg mau duet sama ane, motor apapun monggo, mampir dimarih:
    http://www.proleevo.wordpress.com

  8. capt. road gak pake sirbo n strobo apa jadinya bro,…bisa2 pas nyalib di pepet ama mobil,….katro loe!!! woNg pejabat lewat pake strobo n sirbo segala macam sampe warrga2 pembayar pajak di minggirin kayak binatang!!!…napa loh gak muat di artikel loe,…pajaNg foto jgn asalan bro,…gw pulsarian jg dan gak pernah pake strobo,asal loe tw di pulsarian hal ini di larang,tapi semua kmbali ke individux ,….!!provokatif betul loe,…

    • paradigma biker individualis bin egois! di split lah rombongannya. lagipula untuk “minta jalan” cukup lampu dim, sein kanan dan kalopun perlu sedikit klakson orang juga mau ngerti kok, ga perlu lah pake sirbo2an. kaya orang lagi belajar naik sepeda aja, butuh roda tambahan biar ga jatoh. Postingannya mas lingga bukan buat provokasi tapi edukasi! camkan itu baik baik. ga usah merasa superior di jalan, toh sama sama bayar pajak, sama sama makan nasi juga

    • IMHO, klo menurut nubie di permotoran kayak saya si klo pejabat kan emang ada UU yg ngatur…klo biker biasa kan ga boleh, sesuai UU yang ditulis empunya blog…

    • pajang foto asalan? dah jelas2 itu foto apaan bro :mrgreen:

      nah….pembayar pajak diminggirin kayak binatang oleh orang yang secara hukum memang berwenang aja ente benci, apalagi road captain yg notabene adalah sipil….

      sucks ente dah….plin plan gak punya pendirian

      • Eh……bego kalo ngomong tu pake otak,curiga anak pejabat loe yah?? selama gw ikut touring qta gak pernah minggirin org cm gr2 mo nyalip tw,….jadi loe belain tu pejabat ngebut n klasonin org kyk binatang,…..mo dia ikutin uu mo gak,…..manusiawi gak itu??? uu aja yg lo bacotin dr td,….yg buat uu itu manusia bukan Tuhan boy,…..ngarti!! ngomongin sirbi malah loe ngomongin nyalip GOBLOKKKKK LOE………….MAKAX PAKE PULSAR jgn pake bebek, tromol lg phhhhiiiiiii……gw belain bro Dave.

      • hahaha nih org kayakx pejabat nieh,..ato di piara istri pejabat yah hahaha,….kayakx peduli amat sama sirbo,.kalo qta mau pasang emg kenapa pemerintah gak larang koq brg itu di perdagangkan..!!wong gak di larang ma polisi,malah kalo ada patroli qta bunyiin polisix senyum haha malah nih org yg sewot hahaha,….hei hei sadar hoi,…loe tuh cuma sampah dan pengacau mo jadi penulis pun gak ada idex smpe2 jelekin club motor hahaha,………uu yg buat kan nenek moyang loe juga, alias manusia.!! uu yg lain aja masih gak jalan,.koq malah sirbo loe urusin??kasus2 nabrak pejalan kaki tuh justru dari motor yg g pake sirbo?? yg loe tw udh brapa kasus clup P****** yg pake sirbo nabrak org,….koq malah org yg nurut aturan yah yg nabrak org hahahaha buka mata lOe GOBLOkkk,….pake brg milik negara lg,……kyk loe yg pny negara aja hmmmmmmmmmmmmm prettttttt

    • Selain yang berwenang memang tidak diperbolehkan pakai atribut strobo/sirene, Gan. Mau road captain atau anggota juga kan tujuan jalan-jalan, bukan urgent seperti ambulan nganter orang sakit/jenazah, ngawal pejabat, damkar, polisi dll. Saya kira maksud bro Asmarantaka baik kok, agar komunitas motor tidak dicap negatif oleh masyarakat.

  9. Ping-balik: torsibo buat “minta jalan” = belajar sepeda + roda bantuan « Aluvimoto

  10. Setuju aja gw siy pke sirbo tapi klo lagi touring aja ya.. klo sendirian itu norak namanya…yg lebih di perhatiin tuh bukan sirbo nya..tapi tata cara ber-touring yang sopan kyknya yg lebih utama.. gak pake sirbo klo biker ugal2xan sama aja boong.. pke sirbo tapi teratur kan enak.. klo soal melanggar peraturan itu kembali ke individu apakah udah siap mau ditilang polisi ?….

      • Yoi… daripada kita saling menyalahkan suatu club (seperti tulisan ente) karena pake asesoris yg kata ente barang haram..kan lebih adem gak usah di komentari, parahny lagi di blog ente pake nyebut pulsarian, lebih dewasa lah bro dalam menulis, tuh yg baca banyak anggota pulsarian, “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga” tau kan artinya bro. Besok2x klo mau kritik suatu objek jgn bawa2x subjek nya bro malah nanti bikin fitnah.

    • mau turing kek, mau daily riding kek, sirbo itu haram bagi sipil, harga mati :mrgreen:

      emangnya gak dipikirin apa penduduk2 sekitar yang gak lagi turing, yang lagi daily riding, keganggu apa engga ama tuh sirbo2 ilegal? mbok ya kalo setuju dengan sesuatu itu dipikirkan dulu 😦

      • Yah daripada lo ribut gara2x sirbo hal sepele, yg penting kelakuan bikernya boss… kyk yg nulis artikel ini kritik yg pake sirbo ujung2xnya jelekin club. Emang lo siapa ngelarang2x orang wkwkwk… damai lebih indah daripada saling melarang, emang kita udah bener pake ngelarang orang, untuk urusan melanggar & menggangu orang lain itu mah balik ke orangnya punya malu gak, kita mah ga usah ngelarang2x. Makanya gw bilang setuju aja lo pada pake sirbo asal kelakuan berkendara sopan gak ugal2xan itu lebih penting.

      • ngomong2 mas JApra yg paling pintar soal aturan ini dari kelub mana?…nomer regristrasi dan chapternya ada??..percumah dong koar2 sampai terak2 tapi gak ada identitasnya??

      • 1. siapa yang ribut?
        2. bukan jelekin klub, tapi masukan sedikit keras supaya bisa makin berbenah
        3. sirbo yg dipake sipil tuh yang gak bikin damai, ilegal namanya
        3. Yang penting saya merasa mematuhi peraturan yang berlaku
        4. Lu setuju sama pelanggar aturan resmi negara?

        harusnya ngerti dng bro….sadar 😦

      • Polisi aja gak komentar nih oraNg koq ngebacot mulu sini yah,?? hahaha curiga pengangguran kali loe yah gak ada kerjaan,…..hiiiiiiiii geli ketemu org gini,…kalo gak suka jgn di liat tuh komentarin tu perek2 di jalan knapa gak di amankan koq malah sirbo org loe urusin yah??? ini contoh bebekers gak kuat beli motor laki nihhhhhhhh

      • Harus nya di Salah Satu Club minimal Ada 1atau 2 motor yang Strobo dan toa . jangn Pake Semua , boleh Semua tpi yang di aktifin cuman Dua motor aja . jangn semua .

        kalau jngn pake Strobo dan toa , knp bnyak Jual . harus nya razia aja tuh yang jualannya , kalau ngerazia motor yang pake Strobo dan toa . itu engga ada hak . yang beli itu pake uang pribadi kan bukan uang orang lain ..

      • Salahnya mau digoblokin yg jual strobo…orang jualan ngurusin perutnya ndiri….kalo pas ketangkep razia kira2 polisi lu jawab : motor2 gua….lu kok nilang2 napa?….kira2 tetep ditilang ngk?….boleh bilang gitu…asal lu beri negara dulu…kalo batu bisa beli motor…ngk usah banyak maunya

      • buka undang undang deh…malas ngomonginnya haha. Mau turing kek mau ojek kek, semuanya punya hak yang sama di jalan….

        lah pedege kan sering nyari celah celah peraturan, dan selama belum dirazia boleh boleh aja jualan hehehe 😛

  11. Ping-balik: antara aku, klub motor, strobo, sirene, ROTATOR, dan TOA « PERTAMAX GAN____________________________________________________tapi belinya cuma premiun

  12. Sangat disayangkan kalau ada beberapa anggota Komunitas yang berlaku Arogan,
    semoga semua komunitas dapat menjaga tata krama, menghargai sesama pemakai jalan & menjaga ketertiban di jalan raya.

    • kalau Menurut Saya bro. maaf sebelumnya bila ada kata” gue salah.
      Sebenarnya Bukan Arogan Tpi motor Minta jalan untuk Nyalip mobil . tpi mobil engga beri jalan . kla engga kasih jalan pasti macet bro . dan terpaksas sedikit kasih teguran . buat mobil tuh

  13. waw masih ramai saja nih masalah SIRBO. Ngebahas masalah ini ga akan ada habisnya bro, karena pasti kembalinya ke “nafsu pribadi” atau bisa dibilang “motor2x gue, duit2x gue kok elo ngatur2x sih” kalimat tersebut yg sering terucap dibenak setiap orang yang memilih pasang SIRBO. Terlepas dari orang tersebut pemakai Bajaj Pulsar yang tergabung di Pulsarian (seperti yg ada diblog Om Bro, atau dari komunitas lain atau bahkan dari pemakai jalan privater – non klub/komunitas).

    Ane pribadi ikut tergabung di Pulsarian Tangerang, merapikan 1000 lebih anggota memang perlu waktu dan strategi yang ga gampang seperti membalikan telapak tangan. Untuk kasus SIRBO ini sudah seharusnya dari pemerintah sendiri lebih giat mengkampanyekan larangan pemasangan alat tersebut, kita yg dikomunitas hanya bisa membantu mensosialisasikan kepada member. Alhamdulillah ane termasuk yg ga tertarik dg barang tersebut, lebih baik uangnya buat tambah modal toko, padahal banyak yang cari itu barang di toko, berhubung yg jualan ga suka itu barang, makanya ane ga pernah jual. Mending ane suruh pasang box motor 😀

    Jd tlg disikapi saja untuk kesadaran berkendara di jalan raya, itu jalanan umum, bukan berarti kita malah boleh berexpresi umum dijalan raya, tapi justru harus saling menghormati. Mungkin Om TS kebetulan bertemu dg komunitas Pulsarian, kenyataannya masih banyak klub lain yg menggunakan dan masih banyak pula yang dari non klub.

    Mohon maaf kl ada salah2x kata, ane cuma newbie di posting memposting (kecuali posting barang jualan :D). Sukses buat klub/komunitas yg sedang berusaha mentertibkan membernya untuk TATIB di jalan raya.

    Salam.

    • Setuju om mufid… lebih mulia orang yg ingin berusaha baik daripada orang yang hanya bisa selalu mencari2x kejelekan. Ane bukan pulsarian tapi respect sama pulsarian karena klo dijalan sebagian besar angotanya gak ugal2xan, mudah2xan selalu dipertahankan.

  14. Salam Diinn.. Diinnn… dari PEGASUS (Komunitas Pulsar 135 Ls Indonesia) bwt semua bikers tanah air… khususnya pengguna motor Bajaj Pulsar, dan club/comunitas Bajaj Pulsar..
    gw Doni, anggota PEGASUS Distrik Bogor NRA 034,
    Mungkin kalo mao nge-judge 1 club/comunitas aja ga fair ya…?
    coba kita cek beberapa club/comunitas laennya…
    klik aja link di bawah…

    http://otomotoshare.wordpress.com/2012/01/08/lautan-byson-diiringi-dengan-raungan-towa-dan-kerlipan-strobo/

    http://yudibatang.wordpress.com/2012/01/12/pasang-sirbo-dan-stik-tukang-parkir-tanda-biker-tersebut-arogan-dan-wawasannya-sempit/

    nah… masih banyak kok yang laennya, silahkan search aja d mbah google..
    untuk begitu kalo bisa bwt nyang punya blog ini, untuk nulis lebih d perhatiin, dan lebih teliti aja sebelum d publikasikan.. karena masih banyak nyang seperti itu selain club/comunitas pulsar.. khusus’a pulsarian.. seakan jadi menjelek-jelekan nama baik club/comunitas pulsar semua’a.. (secara ane sendiri salah satu club pulsar, tapi khusus pulsar 135 ls)
    sebener’a sampe sekarang pun masih ada yang pake begituan (SIRBO).. entah itu dari clu/comunitas atopun perorangan… tetapi udah ga sebanyak yang dulu-dulu… karena sudah banyak beberapa club/comunitas biker yang menghimbau kepada anggota’a untuk tidak memakai barang tersebut (SIRBO)..
    contohnya klik link d bawah aja..

    http://yayang125.wordpress.com/2012/01/12/gantian-reaksi-ketua-umum-pulsarian-menanggapi-pemberitaan-masih-ada-ny-accessoris-haram-pada-para-ranger-ny/

    http://yayang125.wordpress.com/2012/01/10/reaksi-byonic-pusat-menyikapi-pemberitaan-strobo-n-toa/

    jadi… mohon maaf bwt nyang punya blog agar lebih d perhatiin lagi, kan lebih baik nulis yang bagus2 daripada nulis yang seakan menjelekan nama baik sebuah instansi ataupun perorangan…
    maaf ya… Diinn. Diinn… Breeeeemmmmmm…………..:ngacir……

    • Mas nya gak bisa baca yah??..apa cuman taunya blog ini hanya satu artikel aja??…ah fanatisme buta…motor kok dibangga2in..ckckckc
      oh iya udah jelas2 mas baca pakai mata SIRBO itu dilarang misih aja menyangkal..lah ketuanya PULSARIAN aja setuju kok…ah iya..kamu gak bisa baca sih..sayang sekaleee..

      • Masbro asmara, mohon maaf karena comment masbro di atas…
        Penggunaan sirbo itu dilarang n harga mati… G perduli mau pejabat sampai rakyat jelata… Kl bukan kendaraan yg di perbolehkan, dilarang pasang sirbo!

        G perduli kita dr klub ma na pun… Karena sejatinha semua klub itu taat peraturan lalu lintas…

        Peace n semoga secepatnya semua orang mulai sadar hukum…

      • maaf… hati-hati kalau berbicara…
        akankah lebih baik berbicara tanpa menyela? ataukah hidup ente penuh dengan celaan, jadi’a demen nyela-nyela, sampe sebuah club jadi sasaran celaan.. :nohope
        liat komentar2 di atas, balesan dari ente isi’a kebanyakan celaan, bukan bersifat kritik atau saran..
        atau mungkin ente yang ga bisa baca karena kebanyakan cela mencela orang,
        bukti celaan d atas:
        @ ah masak sih??..anda ada buktinya??…bukannya yg gak kreatif itu anda??…punya ID sendiri kenapa ngk dimunculin dimari??..takut yah? :mrgreen:

        @ lah sampeyan itu pejabat apa warga sipil??..diliat dlu di barangnya..ada tulisan barang milik negara gak??…jiakakakkaka :mrgreen:

        @ ngomong2 mas JApra yg paling pintar soal aturan ini dari kelub mana?…nomer regristrasi dan chapternya ada??..percumah dong koar2 sampai terak2 tapi gak ada identitasnya??

        ane cuma nulis berupa saran, kepada nyang punya blog agar lebih memperhatikan sebuah tulisan sebelum d publikasikan,, ga ada unsur menyela sama sekali kepada ente,
        mungkin lebih baik ente baca koment ane di atas baik2 dengan benar, apakah ane terkesan setuju dengan SIRBO? apakah ane terkesan menyela? cuma ngasih tau ke ente bahwa jangan nge-judge pulsarian itu jelek, arogan, dll,, masih banyak yg sama seperti ente tulis.. jd bukan pulsarian aja.. ga ada indah’a ngejelek2in orang..
        dan point yg penting.. ane jg kan koment masalah tindak lanjuti masalah SIRBO, pulsarian sendiri atau bahkan dari berbagai club manapun pasti sudah menghimbau agar tidak memakai ataupun menggunakan SIRBO…
        bukannya ane ga baca beberapa tulisan dan artikel ente yang laen, ane udah baca kok, maslah SIRBO byson, himbauan byson tuk tidak makai SIRBO, Himbauan Pulsarian juga untuk tidak makai SIRBO.. dll..
        dan di beberapa artikel yang terkesan nge-judge sebuah instansi jelek, ane juga ga suka, dan kebetulan artikel ini ane liat yg sama2 1 naungan AMBI (Asosiasi Motor Bajaj Indonesia) d judge jelek sm yang nulis… jadi’a ane cm ngejelasin masih banyak club laen yang make SIRBO, dan sekarang banyak pula yang sudah menghimbau anggota’a tuk tidak memakai,,
        bukannya ane setuju makai SIRBO, Ane juga ga setuju, tapi di koment ane td cm ngejelasin kalau bisa jangan di biasain ngejudge beberapa instansi yg jelek2, karena masih bnyak ribuan instansi laennya yg bisa d angkat kejelakannya..
        kalau ingin nulis mungkin lebih baik jangan ngejelek2in, tapi lebih bersifat himbauan dan saran aja… walaupun ini bebas, istilah kasar,(blog-blog gw). kalau bisa balsan comment yg ramah sedikit..
        hati2 mas kalau nulis..
        thanks
        :pies 🙂

  15. Apakah aAda alergi dengan SIRBO?
    Maka cepat-cepatlah minum OBAT ALERGI ANTI SIRBO
    Karna kalau tidak, Anda akan terserang penyakit cenat-cenut

    Ingat aAda bukan polisi, bukan pula penegak hukum
    Anda juga BUKAN panutan bagi pengendara kendaraan di JALAN UMUM
    Anda tidak pakai SIRBO tapi knalpot diganti dengan tidak standar
    Anda tidak pakai SIRBO tapi klakson diganti dengan suara yg mengejutkan
    Anda tidak pakai SIRBO tapi anda berjalan bergerombol dengan gaya melebihi croser
    Anda tidak pakai SIRBO tapi motor anda CC nya anda besarkan untuk pamer kecepatan
    (Belum ada gembar-gembor ANTI SIRBO, AKU dari dulu TAK PERNAH PAKAI SIRBO)
    Aku tidak anti dengan SIRBO, tapi juga tidak anti dengan yang ANTI SIRBO

    • 1. saya tidak pake sirbo dan knalpot standar
      2. saya tidak pake sirbo dan klakson standar
      3. saya tidak pake sirbo dan belum pernah jalan bergerombol sampai mengganggu lalin
      4. saya tidak pernah bore up………..mesin super standar

      apakah itu cukup untuk membuat saya prihatin akan adanya sirbo?

  16. bukannya menjelek2an suatu merek tertentu, ane beberapa kali (kebetulan) ketemu pemilik pulsar belakangan ini kok bawaannya ngajak balapan mulu ya, apa karena motor ane lebih keren. hehe..
    dulu pas awal2 kemunculan p180 ga gitu2 amat, malah suka salam toet2.

    klo viksen, fu, metik mah ga usah ditanya, hampir semuanya ngajakin balapan.

    kembali ke topik diatas.
    kebetulan aja nih klab pulsar yang kedapatan arogan dan pake sirbo.
    klub2 tiger, scorpio, thunder, ampe klub bebek2 juga banyak yang pake.
    tapi gapapa, ane dukung bloger kritis membangun.

    jadi intinya bekicot, anjing, babi, rokok, judi, miras, sirbo itu haram (titik)

    pisssss…..

    • kayaknya ini org dari MUI nih hahahaha waduhhhh kalo sirbo haram berarti instansi yg pake sirbo,…pake barang haram donk wkwkwkwkwkwk pake otak kalo nulis,…jgn asal ngoceh loe

  17. Sebelum membahas suatu berita atau info tolong di cross check kebenarannya bro:
    1. apakah yg pake strobo dan sirine betul2 anggota club tersebut. atau hanya partisipan yg ikut dalam rombongan atau ikut dalam acara tersebut, masih banyak kemungkinan; bisa partisipan dari non komunitas yg kebetulan motornya sama, atau dari club lain yg ikut acara atau emang ketemu dijalan dan melaju bareng…???
    2. apakah yang anda lihat atau ketemu betul2 dari klub yg sama dijalan, klo iya lebih dewasa klo anda bisa konfirmasi kepada pengurus klub tersebut atau ke pengurus pusat untuk di tindak dari pada bersifat provokasi spt ini…

    Coba diperhatikan
    1. Coba lihat foto diatas: setahu saya KOMUNITAS PULSARIAN INDONESIA hanya beranggotakan motor BAJAJ PULSAR 135,180,200 dan 220. sedangkan yg ada pada foto menggunakan strobo dan toa itu XCD 125, dan juga rider tsb tidak menggunakan atribut pulsarian… (utk stiker yg ada dibatok bisa saja stiker yang bersifat mercendise untuk partisipan) coba di crosscheck dulu siapakah beliau? apakah anggota pulsarian atau partisipan?

    2. coba dilihat lagi Motor Pulsar 220 yg ada di foto ada lampu merah pada Engine Guard nya motor dan rider nya tidak menggunakan atribut pulsarian, termasuk stiker batok yg menjadi ciri khas tiap kota dari PULSARIAN tsb juga tidak ada. bisa di cek lagi apakah mereka anggota club tersebut…

    kesimpulan nya sederhana:
    1.sebelum mengeskpose sesuatu silahkan kumpulkan data dan crosscheck apakah benar seperti yg kita pikirkan, kalau ternyata tidak kan termasuk tindak pidana.
    2.dan juga jika kejadian tsb benar spt yang ada dibenak anda, coba proses dgn pengurus club yang bersangkutan, kalau mereka menyerang anda atau arogan terhadap anda silahkan buat surat terbuka spt ini… toh anda belum melakukan suatu teguran atau konfirmasi atau pelaporan kepada club tersebut yang juga mempunyai aturan dalam club untuk menyelesaikan masalah ini atau tindakan preventif yg memicu sikap provokatif….???

    atau anda mempunyai sikap antipati tanpa sikap membangun?

  18. wooeeii rame amaat yaa, ada apa ini?
    ada pepatah yang mengatakan “semakin tinggi pohon, semakin banyak angin yang menerjang.” cobaan aja buat pengendara pulsar yg lagi naik namanya didunia permotoran indonesia. 😀

  19. hmmm, di indonesia ini memang banyak bikers(cieeelaaahhh bikers hoek hoek) yang mungkin..

    sudahlah, saya diam saja sambil senyam senyum.. ntar salah lagi.

    *banyak cara untuk memberitahu sehingga masyarakat luas lebih menerima.

  20. nyimak . . .klarifikasi dari club yang ada di trit memang perlu, tapi jangan salahkan juga penulisnya (blogger), nah wong blogger itu ya cuma sekedar ingin mengingatkan karena adanya rasa care trhadap perkembangan bikers Indonesia.
    #ada yang punya opini lain atau mungkin tidak sependapat??

    • care dari hongkong,…..org nya cari perhatian nih, gara 2 tulisan ini club ane keluar dari pulsarian,karna babeh terlalu terprovokasi dgn tulisan ini, chapter qta di kasih peringatan pretttttttt,……..tapi qta punya tekad koq gak tunduk sama aturan pulsarian pusat gak peduli soal jiwa bikers,…pretttt akhirnya chapter qta keluar dari pulsarian lebih enak jadi independent duit buat sendiri gak perlu kasih makan tamu2 dari pusat yg gak pentingggggg…….alias bikin rugi,….kalo di sini ada anak pulsarian monngo di chek di pusat chapter mana yg kluar gr2 sirbo itu chapter ane,………

      • Untuk Masalah bikin rugi , sebenarnya Tergantung diri Sendiri bro .
        kalau ada uang mau ngasih makan atau kopi ke tamu yah silahkan
        tpi kalau engga punya duit . yah bilang apa adanya. jangn memaksakan diri . sekedar kasih kopi juga sudah luar biasa bro . menurut saya .
        # jujur dan Terbuka

        #Salam Satu Aspapl

  21. dengan hormat saya minta tolong kpd komunitas pulsarian dgn no pol B 6624 SGO agar tdk sok2 an & belagu2 dijalan. klo memang anda ingin jadi jagoan jgn begitu caranya. saya tunggu utk panjangin masalah ini….

  22. Club sudah memberi himbauan serta sanksi tegas bagi anggota yang melanggar.
    http://www.prides-online.com/showthread.php/12673-Undang-undang-republik-indonesia-nomor-22-tahun-2009?highlight=undang+undang

    Contoh Pelanggar :
    http://www.prides-online.com/showthread.php/13498-Advokasi-untuk-Pengurangan-Hukuman-dari-ID-the-SIGIT?highlight=sirene

    Mohon buktikan dulu kebenarannya sebelum bleyer di internet. Bisa jadi itu INDEPENDENT, bukan Club resmi.

    Regards, Cruiser 049 // POL #624

  23. Ane berland dari prides jkt. BTW nice blog bro.
    Ini gambaran nyata dari asmarantaka waktu jalan di jogja, ya moga2 kita gak ketemu lagi biker2 yang pake sirbo, di motor apapun.

    Coba aja braders pikir, kalau gak ada peraturan mengenai sirbo, apa jadinya kalau semua biker pake sirbo? Pusing deh biker2 pada minta dikasih jalan semua.. hehehehe.
    Ane pribadi gak bakal mau ngasih jalan kalau ada sipil pake sirbo dibelakang ane, karena kenapa? Baik itu sipil yang lagi solo riding ataupun Touring, gak ada tu namanya harus di Prioritaskan! Semuanya punya hak yang sama! semuanya jg mau cepet sampe, tapi budayakan juga Budaya Antri.

    Mau itu RC ataupun bukan, ya dijalan ya riding aja biasa gak perlu minta2 jalan segala. Toh kalau bisa ngatur rombongan, bisa aja tu tetep grouping. Khan gak perlu terus rombongan 1 atau 2 barisan dijalan, touring itu bisa terpisah2 kelompok kok.

    Yah, kita doakan saja semuanya bisa sadar deh. amiin.

    BTW, yang punya blog juga harus lebih bijaksana menanggapi komen2.. krn kalau gak, jadinya bisa ribut2 perang debat kusir diblog,, berujung2 emosi dijalan..

    Just my 5cent

  24. beruntunglah di Indonesia harga motor diatas 600cc mahal, jadi kagak banyak alay pake sirbo , apa masih mengaku pria kalau touring aja minta jalan pake sirbo?:?: kwakakakakakaka….

  25. mas bro.. ane pulsarian bandung… pake sirbo ato bosir ato dsbg, itu mah bodo amat deh,… yg bilang norak, bilang gaya tergantung orangnya.. asal ga arogan aja, klo masalah kebut2an d jalan menurut ane sih hal yg lumrah, asal tetep d jalurnya, toh yg celaka juga dia2 sendiri klo celaka gara2 kebut2an… dah lah jangan sampe ribut gini…

    jangan permasalahin motor pulsar, banyak motor2 laen juga kok… klo benci ma pulsar bilang aja… GW BENCI PULSAR… nah paling tanggepan saya dan rekan2 pulsarian paling ” BODO AMAT “

  26. slmt pagi bro2 semua….ane pengguna bajaj pulsar 200cc di kota semarang.kebetulan ane juga gabung di komunitas pulsar semarang sering di sebut PC(Pulsar Community), masalah strobo n sirine alhamdulilh di komunitas ane aman2 j tuh n g ada yang pake….bagi komunitas lain nth itu pulsar,tiger,vixion,scorpio,megapro,all bebek,maupun HD jangan lah pake2 barang2 sirbo…cukup pake klakson denso aj dah manteb kok buat buka jalan.asal kita sopan mereka juga pasti ngerti,,klo bisa RC-nya sambi senyum m pengguna jalan laen.hehe…

  27. ane juga pengguna motor bajaj dan ikut salah satu komunitas di jakarta, kalo masalah tata tertib dan tata krama di jalan ane akuin mungkin sekitar 30% anggota club dan komunitas bajaj yang masih menghiraukannya. ane juga salah satu orang yang sering mengingatkan teman, klub atau komunitas lain untuk membudayakan tatakrama berkendara. ane sangat melarang pemakaian sirine, strobo, HID, dan penggunaan lampu yang tidak sesuai penggunaan warna maupun tempatnya.

  28. resiko komunitas,borok sedikit yang lain ke ‘cap’ sama….tegas saja ditindak(bkn cm omong doang) sesuai perundangan yg berlaku(apa perlu nunggu peradilan rider gila ngelepasin peluru?)perkara backingan,seberapa tinggi sih back up oknum yang sedang dibicarakan..???

  29. Mas Bro.. gw anak touring jg. Gw bkin komunitas kecil yg isinya mtor2 tanki ky bajaj,vixion,byson,tiger,n ninja. Cma tmen2 kantor doang anggotanny sktar 18orng. Mtor gw ada lampu merah biru n pke sirbo jg. Krna gw salah satu tim pembuka n penutup jalan. Di kmunitas gw yg pke peralatan lengkap ky gtu cma 3 mtor. Barisan depan,tengah, n belakang.
    Slama ini gw pke lampu n sirbo pas touring j. N jujur,gw malu klo nyalain ato bunyiin tu sirbo sendirian. Malahan tu toa gw tutupin kaen klo dipake sehari2. Slama 8 x touring luar kota,pke sirbo g dilarang polisi tuh.. aman2 aje. Malah pd senyum tu polisi. Sbnernny selama qt tertib,polisi n warga psti nghargain. N qt nyoba bangun imej k masyarakat klo kita klub motor yg santun. Jd skrng jgn saling menyalahkan. Mau pke lampu merah biru ati sirbo sekalipun itu hak masing2. Tinggal gmn yg make ny.. UU emang nglarang,tp tidak ada yg menindak. Jd gw g kan copot tu lampu ma sirbo. Toh gw pke klo touring doang n sopan di jalan.

    • menurut saya asal di gunakan sebagaimana mestinya baik baik saja, komunitas di jawa timur hampir semua 9sebagian besar memakai sirbo) tapi bukan untuk arogansi, kami setahun 2 kali menggelar acara paguyuban komunitas bajaj jawa bali lombok, 1 thn 2 kali menggelar acara bajaj tapal kuda(probolinggo,lumajang,jember,bondowoso,situbondo,banyuwangi) banyak anggota club yang pakai sirbo.tapi bukan berarti semua berbunyi> dan kami selalu izin resmi dari kepolisian> menggunakan patwal. pada intinya pulsar jatim memakai sirbo hanya untuk keindahan motor,dan untuk kegunaanya relatif< banyak kok clup yg anti sirbo lebih arogan thx

  30. daVe aDja where are you guys…? pasti sirbonya sdh rusak di tabrak sama shogun110tromol, makanya gak ada suaranya… (motor umum cc gede aja gak boleh pake sirbo apalagi cc kecil, mahal sirbonya tau…)

  31. Kalo ane perhatiin secara seksama kenapa ya para member pulsarian gaya tulisanya seperti tidak makan bangku sekolahan!? Harusnya ketika diingatkan ya terimakasih dan segera berbenah,kalo merasa biker sejati yg tinggal di NKRI ya harus ikut aturan Pemerintah hehehehe..gara2 oknum satu orang jadi kena semua deh. Kalo bisa ELEGAN kenapa harus AROGAN masbro..kita orang timur gunakan bahasa yg santun dan sopan karena tujuan artikel ini untuk proses pembelajaran bagi kita semua.. #SalamSatuAspal

    • Gini mas2 semua….sebenernya bukan masalah arogan atau tidak, tapi SIRBO itu fungsinya sebenernya buat keamanan kita. kalau touring mas… itu bawa rombongan, yang tertata rapi, berangkat bareng nyampainya bareng.. Intinya sirbo itu dipake bukan buat Ngebut, nyalip seenaknya, tapi sebagai pertanda kalau kita bawa rombongan. dimana ketika gak diberi isyarat itu bisa bahaya. makanya begini aja, SIRBO boleh dipake…tp not for UING2 terus..just for info bahwa kita konvoi, bawa rombongan, Tapi ingeett nyalipnya…berkendaranya sopan… toh saya yakin pengguna jalan lain juga menyadari atas itu. dan kita diberi kesempatan kok. Kita tau sirbo memang dilarang UU, APAlagi (kalo makainya ugal2an). Macet tetep antri broo…lampu merah tetep berhenti. Yang penting podo SLAMET’ee…
      Saya bukan anggota club motor, tapi gabung Club Touring mas bro, yg motor saya pake sirbo juga. tapi jarang dipake itu uing2, hanya strobo aja yang sering. Skali lagiii bukan arogan tapi itu buat tanda kalo kita konvoi…krn kalau ndak bahaya banget mas bro bawa rombongan banyak, salah satu dari kita tertimpa LAKA lantas krn pengenya bareng pulang sampai pergi. Sama2 bayar pajaknya, boleh donk kita minta keslamatan dijalan dan sedikiiittt aja kesempatan. Saya kebetulan kadang jadi RC, saya pake sirbo tp saya g pernah melanggar Marka Lurus garis marka Brooo….dan selalu perhatikan marka2 di jalan.
      Itulah kiranya guna SIRBO. kalau memang silau, Toh PJR patroli polisi juga pakai…Apakah PJR membahayakan Kalian? “tidak kan” Knp Tidak?? krn jalanya sopan kalo lagi patroli…cuma SIRBO itu gunanya buat SIGN. (kaloo TOURING dan bawa ROmbongan jugaaaa). Kiranya Demikian Bro2 skalian…. Safety RIding tetap Aman dijalan Raya. Touring bukan ajang ugal ugalan…tp ajang hobi motoran bareng temen2 tanpa membahayakan siapapun seluruh warga NKRI. Salam Bikers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s