Honda CB400…The Real Superfour Yg Masih Di produksi Dan Kemungkinan Mesinnya Di Aplikasikan New CBR400R ??..

Semua berawal dari tahun 1975 (kalo gak salah taun segitu) adalah awal kemunculan motor klan CB yg berkubikasi 400cc…dengan mengaplikasikan 4 silinder..tentu tenaga besar yg didapat…sebuah awal perjuangan Honda di kelas 400cc 4silinder…

Berikut adalah beberapa evolusi si CB400 cc.. :


1.1975-1977 CB400F Super Sport 400 cc Empat silinder inline dengan kapasitas sebesar 408 (24,9 cu in)  SOHC  dihubungkan dengan transmisi manual 6-speed
2. 1978 CB400A Hawk Hondamatic dengan kubikasi  hanya 395 cc (24,1 cu in) 3-katup kembar paralel terhubung ke transmisi 2-kecepatan otomatis.
3. Tahun 1978 sampai 1979 CB400TI Hawk I  dengan kubikasi tetap 395 cc (24,1 cu in) OHC, 3-katup kembar paralel dihubungkan dengan transmisi manual 5-speed
1978-1979 CB400TII Hawk II dengan kubikasi masih 395 cc (24,1 cu in) OHC, 3-katup kembar paralel dihubungkan dengan transmisi manual 5-speed
1978-1983 CB400N dengan kubikasi yg masih 395 cc (24,1 cu in) OHC, 3-katup paralel kembar (tidak dijual di AS)
1980-1981 CB400T Hawk dengan kubikasi terlama yaitu masih aplikasi 395 cc (kubikasi generasi terakhir nih) (24,1 cu in) OHC, 3-katup kembar paralel dihubungkan dengan transmisi manual 6-speed
1989-1990 CB400F (CB-1) dengan kubikasi baru yaitu 399 cc (24,3 cu in) DOHC inline empat 4-katup berpendingin cairan dihubungkan dengan transmisi manual 6-speed.model modern pertama kali nih

Honda CB-1 NC27 dimulai pada tahun 1989
Honda CB-1 Tipe 2 NC27 pada tahun 1991
CB 400 super Four (PROYEK BESAR-1) NC31 pada tahun 1992 (status JDM nih..alias misih pasar domestik Jepang aja)
CB 400 Versi R di 1995
CB 400 Versi S pada tahun 1996
CB 400 Four NC36 pada tahun 1997
CB 400 super Four – Anniversarry Edisi ke-50 pada tahun 1998
CB 400 super four / Super Bol d’Or NC39 dimulai pada tahun 1999
CB 400 super Four Vtec Spec I pada tahun 1999
CB 400 super Four Vtec Spec II di 2002 – 2004
CB 400 super Four / Super Bol D’or NC42 (VTEC Spec III) dimulai pada tahun 2007

Speknya :

*Mesin : 4 stroke-DOHC, Water cooled, 4 valve/silinder, 4 silinder segaris.
*Diameter x Langkah : 55mm x 42mm
*Volume ruang bakar : 399 cc
*Kompresi mesin : 11,3 : 1
*Power Maksimal : 39 Kw / 52 hp @ 11.000 Rpm
*Torsi Maksimal : 3,9 N.m @ 9.500Rpm
*Berat kosong : 168 kg
*Isi Tangki BBM : 18 liter
*Kecepatan Maksimal : 115 Mph / 185 Kph

Harganya di jepang :

Harga Honda CB400 Super Four setara dengan Rp.87,4 juta sedang Honda CB400 Super Bold’or (semi Fairing) setera dengan Rp.95,9 juta.. (sumber : mas Mul)

Yg terbaru cuman poles warna dan beberapa detailing..tapi jujur nih motor amat terkenal legend bangett lo..bahkan di jepang sekalipun..hingga detik ini misih di produksi dan masih digemari..apalagi designya timeless alias ngk lekang di makan waktu..

Dikeluarkan dalam 2 opsi..yaitu Naked yg retro abis…dan Half fairing yg sporty macam motor sportt tahun 90 an…(kyk batok lampu yamaha RXz gitu)..  Cara untuk menentukan model dan tahun rada2 unik tapi akurat..yaitu , ada stiker putih di bawah kursi, yang memiliki kode  yaitu FIIS, FIIIS dll…. Hanya ada 500 unit CB400 yg diproduksi dalam rangka HRC Anniversary Edition…. Terkenal warna body putih dengan garis merah….Motor keluaran terbaru memiliki ABS dan VTEC sebagai perangkat standart….

Limited Editionnya HRC

Nah lantas apa hubungannya dengan misteri kemunculan si new CBR 400 R??…desas-desus mengatakan bahwa Honda bakalan aplikasi mesin si Super Four untuk si New CBR 400..tentu dengan beberapa colekan biar makin melejit..apakah benar??..will see…kepastian si CBR 400 aja masih samar kok 😀

 

21 thoughts on “Honda CB400…The Real Superfour Yg Masih Di produksi Dan Kemungkinan Mesinnya Di Aplikasikan New CBR400R ??..

  1. di bengkel langgananku ada CB400 hitam yg naked…tahun 80-an karbunya ada 4..
    pas idle..suaranya halussss…sayang nggak nyoba..padahal ditawari suruh nyoba…

  2. cb400 emang mantap om 🙂 sayangnya 400, dibawa ke indo yo nanggung bayar pajak sama2 mahal yo ‘hanya’ dapat 400cc

  3. Huzuzuzzzz buset CB 400 sf laki bener ,keren,macho ,angker ,cocok dgn pribadi SCORPIO. yang Angker ,asik sendiri dengan motornya ,ibarat itri ke dua yang harus dirawat ,di lusluslusssss,tiap hari pasti punya kebanggaan tersediri berada di samping CB 400 SF .pokoknya JOSGANDOS KOTOS 2 saking kepinginya .bravo jangan lupa ancer2 . harga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s