Tingkat Keakuratan Speedometer Harus DipertanggungJawabkan lo…Ngk Ngasal Promosi..

Kerap kalo kita liat di Tipi2 iklan2 motor selalu menunjukan speed tuh motor…dan di shoot pas speedonya..keliatan kalo speed tuh motor kentjangg sekaleee..bahkan ada yg sampai 120 km/jam lebihhh…yah namanya iklan boleh lah membuai konsumennya sehingga dapat membeli barang yg diiklankan..

Lantas yg perlu di pertanyakan..misal nih ya ada sebuah motor..klaim dari pabrikannya sih top speed sampai 120 Kpj…diukur di speedonya emang bnerr…tapi di ukur via alat pengukur lainnya yg tingkat keakuratannya lebihh akurat (contohnya GPS)..ada simpangannya..bahkan ada yg sampai 20%…

Hal biasa>??…iya lah..menurut ane biasa aja..tapi setelah baaca2 di blognya Kang Ulid ane nemu sebuah Undang2 yg melarang hal itu..nih ane beri potongannnya yg ane ambil dari blog nya beliau :

UU No. 22 Tahun 2009 jelas-jelas mengatakan bahwa speedometer harus akurat. Berarti, jika mau, maka pak Polisi bisa menilang dengan alasan speedometer kita tidak akurat dan itu menyalahi UU No. 22 Tahun 2009 dan kang_ulid menemukan hal yang menarik. Pada BAB VII Bagian Kedua tentang Persyaratan Teknis dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Pasal 48 ayat 3 poin (f) tertulis akurasi alat penunjuk kecepatan. Serta pada pasal 52 ayat 3 poin (g) juga tertulis akurasi alat penunjuk kecepatan.

Nah dari potongan Undang2 diatas..kenapa ngk di tertibkan pak Polkis??..ini bisa dijerat pasal perlindungan konsumen lo…nah kalo mo maen2 ama pasal perlindungan konsumen yah maen2 ama pabrikan dong..

Jangan kyk cerita ane kemaren..jualan komstir kok di jerat pasal perlindungan konsumen..yah dapetnya ngk seberapa…ini ada tangkapan yg lebih gede kenapa di biarkan?..merugikan bangsa lo kalo berlanjut-lanjut 😛

Oh iya ada juga yg berpendapat kalo toleransi keakuratan itu sengaja dilakukan pabrikan..tujuannya demi keamanan..tapi kalo menurut undang2 itu ngk bisa di toleransi..itu sama aja dengan pembohongan konsumen lo..

Yah mungkin yg ngerti hukum bisa memberi pencerahan?? 😀

*Gmbr cuma ilustrasi :p

27 thoughts on “Tingkat Keakuratan Speedometer Harus DipertanggungJawabkan lo…Ngk Ngasal Promosi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s