Antara Mesin Rapet Dan Mesin Renggang…Cepet “Panas” Yg mana??

Beberapa waktu lalu ane membaca sebuah komentar dari seorang komentator di blog yg ndoyong ini..disebuah artikel orang ini mengatakan : “Ah Honda kan mesinnya rapet makanya cpet panas..beda dong dengan yamaha yg ngk rapet mesinnya”….wah sebuah pernytaan yg aneh tuh..apakah bnner dimensi mesin berpengaruh ke suhu mesin??..

Ambil contoh aja mesin Yamaha Vixion dengan Honda CBR 150..sama2 cc nya 150 cc…tapi secara fisik nih keliatan banget kalo dimensi mesin CBR 150 lebih rapet bin padat di bandingkan Vixion..padahal keduanya sama2 injeksi dan aplikasi radiator untuk pendinginan..apakah suhu mesin CBR lebih panas dari Vixion??

Yuk kite bahas…nih ane dapet pencerahan juga dari seorang suhu mesin dan coba ane tuangkan faham yg sebenernya :

Yang pertama amati apakah material mesin itu pakainya apa??..apalah dari bahan yg mampu meleps panas dengan cepat ato dari bahan yg susah untuk melepas panas??…material mesin itu hal nomer satu yg menentukan apkah mesin motor itu bisa cepat melepas panas ato tidak..dalam kasus mesin cbr Vs Vixi ane rasa standart pabrikan jepang itu sama aja materialnya..

Lalu persentasi panas di mesin bukan berpatokan gesekan lo…trnyata patokannya pada pembakarannya..karena panas yg disebabkan gesekan cenderung didinginkan oleh sebuah benda cair yg namanya Oli..dan pada mesin sekelas CBR dan Vixi radiator juga turut membantu…namun mesin Honda terbaru rata2 menerapkan high kompresi..jelas menghasilkan panas yg juga mampu meningkatkan speed…yah coba dah ente naik vixi selama sebulan..ttp yahud aja dikasih Premium..kalo naik CBR 150 gimana??..bisaa sih..tapi performa bakalan beda ama aslinya yg harus minimal dicekoki BBM PERTAMAX…

Trus back to tampilan..apakah tampilan mesin yg rapat cenderung lebih panas dari yg keliatan renggang??..ngk juga tuh..coba tengok mesin boil Eropa ama Jepang..lebih rumit Eropa yg banyak cover2nya..tapi nyatanya soal performa TOP yg eropa..yah walopun kebanyakana boil Eropa high compression tapi soal pendinginan dan material mesin bisa dibilang lebih sip daripada jepang..

Tapi ada sebuah wangsit dari seorang begawan yg mengatakan..bahwa justru mesin yg dibuat renggang itu berpotensi mempunyai suhu yg lebih tinggi..kenapa??..karena pabrikan berfikir ketika udah mencapai suhu yg ideal maka mesin akan mempunyai celah yg pas karena telah memuai..jadi tenaga akan terjaga di RPM tinggi dan waktu tempuh yg lama..

Trus kalo pakai fairing gimana??..wah malah canggih tuh..motor berfairing tentu soal takaran panas mesinnya udah dipikir matang oleh pabrikan..plus tuh motor biasanya di tambah kipas radiator juga…dan kadang ada motor fairing yg overheat biusa disebabkan mesin itu bekerja ditempat dan ngk dapat hembusan angin juga (biasanya macet parah) …nah itu yg perlu di waspadai..

Jadi dimensi mesin rapet dan renggang ane rasa sama aja di soal siapa yg cepet panasnya..tinggal liat kompresinya dan material bahan tuh mesin..

*monggo kalo ada yg mau nambahin…ane menunggu masukan..biar ngk ada yg komentar aneh2 aja..selagi menunggu ane tinggal ngecek suhu mesin yamaha Mio dlu..apakah panas ato ngk šŸ˜€

28 thoughts on “Antara Mesin Rapet Dan Mesin Renggang…Cepet “Panas” Yg mana??

  1. ndak mudeng…
    renggang atau rapat dari mananya mas?dari build engine-nya?dari celah klep-nya?dari celah d liner?atau dari mana?

    setau gw,panasnya mesin itu dipengaruhi oleh bbrp faktor semisal:
    1. material mesinnya sendiri
    2. kompresi mesin (berkaitan dgn bbm yg dipake)
    3. rpm mesin (berkaitan dengan konfigurasi mesin,dohc-kah atau multi cylinder dsb)
    4. sistem pendinginan (apakah berpendingin air atau udara,berfairing atau tidak…)

    notes :sedikit catatan,fungsi dari oli itu bukan buat mendinginkan mesin mas,tp melumasi mesin…
    pendingin buat mesin setau gw cuma ada air atau angin
    trus klo oil cooler itu fungsinya mendinginkan oli,jd meskipun suhu mesin tinggi,namun suhu oli tetap normal sehingga viskositas (kekentalan) oli tidak berubah dan oli tetap dapat melumasi mesin dengan sempurna.jadi oil cooler bukan buat mendinginkan mesin…

  2. mesin renggang utk balap coz tingkat pemuaiannya tinggi dr kompresi tinggi, mesin rapet yo perawan bwt mobilitas sj…tp mio merah kuwi overhead boss!!! entuk ora tak cek busi ne? Arep tak ganti busi ku????? :mrgreen:

  3. hahaha saya juga bingung memahami artikelnya. yang dimaksud rapet renggang dimari apakah dimensi mesin dengan body atau clearance piston dengan liner atau apa? šŸ˜€
    kalau masalah di dimensi, bisa dipengaruhi sirkulasi udara yang tidak fokus ke bagian pendinginan. kalau masalah ruang bakar, tergantung material yang dipake (coatingnya bisa ake teflon, molybdenum) dan jenis pengerjaannya (forging atau casting).
    toleransi celahnya juga bisa dibuat berbeda sesuai dengan jenis pistonnya. piston forging lebih padat dari piston casting. tidak mudah memuai, jadi clearance bisa dibikin lebih sempit (cmiiw)
    kalau material sama tapi lebih panas yang make fairing bisa jadi karema sirkulasi udara yang kurang bagus atau tidak fokus ke sistem pendinginan.

  4. klo mesin standart pabrik biasanya trgantung k0mpresi…kenapa mx/vixi pke radiator?knpa yg laen dng kubikasi lbh besar tp gk pke?…m0nggo dbandingken rasio kempresinya

    cmiiw

  5. Jika komparasi soal pendinginan di mesin alangkah lebih baiknya mengangkat soal penggunaan bbm yg digunakan, kompresi yang dipakai, komponen2 gerak di engine, air cooler or radiator cooler, toleransi antar part, dll … cmiiw

  6. renggang rapet opone to? Emang ada ya mesin renggang? Hwehehe

    Ohh,, opo sing ngisor kui kamsude om? :p tak cekke jal. Jek rapet pora? Koyone kurang oli wi,, :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s