Bengkel Resmi Melumasi Rantai Pakai Oli bekas…Beres Untung Konsumen Buntung

Siang ini..ane menyempatkan diri untuk menyerviskan si REVITA ke BERES (bengkel Resmi) sebuah ATPM gede…hari ini kilometer REVITA udah hampir menyentuh 500km pertama..padahal baru ane pakai seminggu..jauh juga ye trayek ane??..xixiix…

Siang itu beres lumayan rame lah…apalagi ini beres terbesar di kota ungaran..banyak motor2 baru yg di servis..REVITA ane akhirnya dapet giliran..tuh mekanik kerja dengan cekatan..servis sana dan sini..lalu REVITA di ganti oli nya dengan yg baru…namun satu yg mengganjal di hati ane..yaitu bagian akhirnya si mekanik memberi OLI BEKAS ke rantai REVITA yg masih baru dan kinyis…walahh..ane juga lupa mengingatkan..coz biasanya servisnya di bengkel langganan yg bukan BERES…

Ndlewer kemana2

Nah dari sedikit cerita diatas..bisa digambarkan bahwa kebanyakan beres di Indonesia (SEMUA MERK) ngk mengindahkan tentang resiko rantai aus karena dilumasi oleh oli bekas ato gemuk…kok bisa aus??….yup..gemuk dan oli bekas itu sifatnya menyerap butiran2 debu2 jalan yg kasar..macam pasir dan tanah..wah kalo udah gitu yah siap2 aja gear set ngk awett..

Padahal apa susahnya memberi chainlube sekali semprot aja ke pada rantai2 motor pelanggan??…itung2 aja beli chainlube 50 rebu sekaleng (itu yg bagus)..kalo yg mau murah yah yg merk MTR itu..12 rebuan lah…semprot aja sekali ke rantai konsumen..udah beress..lepas dari dealer motor masih bersih…ngk ada oli nyiprat ke mana2..rantai awet..cuman kalo ketemu ujan yah bubarr dah tuh chainlube gratisan…

Sebenernya metode memberi chainlube gratisan ke konsumen saat servis itu udah dilakukan beberapa dealer..namun nampaknya dealer lainnya masih menerapkan sistim ndesoo itu..kalo udah gitu diharapkan gear set ngk awet dan bisa segera ganti gear set baru lagi..istilahnya BERES Untung…konsumen pun BUNTUNG 😛

Yah kalo udah gini ngk heran kalo banyak konsumen yg selalu berpesan ke pada mekanik beres untuk jangan melumasi rantai…lalu si konsumen pulang kerumah dan melumasi rantai sendiri dengan chainlube…wah..nampaknya pelayanan BERES harus ditingkatkan nih..udah mahal2 beli motornya..kok masalah merawat partnya aja ngk becus??..padahal yg punya motor ngerawatnya dengan hati2..ckckckkc

47 thoughts on “Bengkel Resmi Melumasi Rantai Pakai Oli bekas…Beres Untung Konsumen Buntung

  1. betul mas, gara2 rantai CS1 q dilumasi pake oli bekas, dan pernah juga pake gemuk, wktu ganti oli di dealer, rantainya jadi hitam nggedibel… tapi yang paling njengkelin ya gemuk… udah mbersihkannya repot, rantai q jg akhirnya jd gemerisik.. payah…

  2. yah begitu lah,ga usah di ributin,bos bengkel resminya aja ga mikirin,jgn salahin mekaniknya.itu jg dah inisiatif di kasih oli,klo mau protes langsung ke bos nya.mau ngga keluar uang lebih buat beli chainlube.paling jg potong gaji mekanik yg seemprit buat belinya.

  3. Yang py motor plirak plirik ke meja customer service terus..gmn mo cegah si mekanik lha wong tau2 dah selesai serpisnya..xixixi

  4. revita ikut artine opo? revo fit? heheh…
    yang murah dan mak nyus gini kang…
    beli oli yang 1 liter, nah sisa 200cc kan? nah sisanya itu bisa buat ngelumasi rantai selama 1 tahun…hehehehe

  5. apalagi klo tipe rantai seal…seal nya bisa langsung rusak kena oli bekas…
    kadang klo mau ngasi tau mekaniknya juga ga enak..salah2 klo balik ke bengkel tu motor kita malah jadi “sasaran”…hahaha :p

  6. wahh kalo ane sih langsung semprot pke WD40 buat ngilangin oli tersebut.setelah dsemprot mesin dinyalakan dan masuk gear 1 kemudian tuas gas d tarik hingga RPM 4000 selama 1 menit.djamin ilang deh oli bekasnya + bersih dan terlumasi dengan cairan yg tepat

  7. Ane juga pnya pngalaman. ………..Betul kadang ane juga kesel pelayan mekanik yamaha kurang memuaskan……tolong ymki kami mnyukaimu….mosok km ga perhatikan kami……

  8. kalo ente brani utak atik.. beli aja feeler gauge.. terus ente setel sendiri klepnya (ukuran kerenggangan klep sesuai rekomendasi lho yaaa…).. en ganti oli sendiri…!!!

    jangan takut rusak..selama gak maen bongkar2an mesin.. mesin motor ente dijamin awet..
    di beres motor ente juga (termasuk) gak “diapa2in” koq.. lha wong cuman “dicolek2” doang ama mekaniknya..
    nich kerjaan diberes (setau ane)..kalo buat motor baru ;
    – setel klep, eces tinggal setel pake feeler gauge
    – ganti oli, paling eces juga
    – bebersih karburator, semprot pake carbu cleaner..ecesss
    – bebersih filter oli atawa filter udara, buaaahhh tinggal tiup doang
    – cek kerenggang rantai, ecesss..
    – cek tekanan angin ban, ah ini maghh sambil merem..

    tuch khan motor ente cuman dicolek2 doang..

    satu lagi..
    karbu motor ente juga jagan mau dibongkar buat dibersihin… selama gak ada masalah en masih bisa diatasi ama carbu cleaner… jangan sekali2 dibongkar, kalo ulir/dratnya udah dol/selek dijamin ente bakal puyeng sendiri..

    CIAOOO…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s