Alasan Kenapa Suzuki GW250 Memakai Mesin SOHC Bukannya DOHC…

Udah banyak blog yg membahas soal GW 250 yg dirilis di China..udah ada juga yg bahas soal bakala hadirnya motor 250cc Suzuki ini..hmm…nampaknya Suzuki kali ini serius terjun di pasar 250cc yg panas..kenapa??..karena disitu udah bercokol 4 pabrikan..ada N250,  CBR 250, Megelli 250 dan Hyosung 250…

Kali ini ane mo membahas  yg berbau spesifik soal mesin..yah walo gak pinter2 amat..ane cuman mencoba menerka-nerka kenapa motor baru suzuki ini..walupun udah mengusung 2 silinder namun masih menggunakan SOHC..bukannya DOHC??…jujur sebagian pecinta motor suzuki kecewa dengan berita itu..kenapaa..kenapa??…padahal satria FU aja kecil2 udah DOHC loo…

Yang pertama soal tujuannya..apakah nih motor untuk pure sport apa buat motor touring??..kalo dilihat dari bentuknya yg naked bike dan posisi duduknya yg santaii..ane rasa nih motor masuk ke segmen buat touring..alias sport cruiser..macam motor2 sport yg beredar di Indonesia..berbeda dengan kebanyakan varian 250cc di Indonesia..Suzuki ngk mau menerjunkan jagoannya ini head to head lawan motor2 250cc diatas tadi..lagipula pasar untuk motor touring macam ini masih luasss..

Soal mesinnya..kenapa pakai SOHC ketimbang DOHC yg terkenal powerfull itu??…gini2 beda antara mesin DOHC dan SOHC adalah  DOHC sanggup berkitir di rpm yg lebih tinggi dari SOHC (cara2nya cewek SOHC itu mencapai puncaknya lamaaa..kalo DOHC tipikal cewek yg cepet menuju puncakk…halah malah bahas cewek…wkwkwkw)…nah klo motor ini segmen-nya untuk kebutuhan touring yg notabene ngk butuh high rev,yg penting cruising speednya ,maka DOHC ngk diperlukan juga…toh diputaran bawah dan tengah,dgn konfigurasi yg sama (sama2 2 silinder) maka performa DOHC dan SOHC sama aja…malah dgn peak power (rpm) yg lbh tinggi,resiko mesin untuk mudah jebol jg makin tinggi,sesuatu yg dihindari bgt dalam turing2 jauh… (penjelasan yg ane dapat dari sebuah forumnih…lumayan bener juga)…lagipula GW250 itu tipikal naked city bike yang cuma banyak maen di rpm low-mid aja, bukan kayak ninja ato CBR yg tipikal sport berfairing yang lebih mementingkan putaran atas dan top speed…

Nah bisa jadi jika masuk ke Indonesia si GW250 bakalan di beri nama Suzuki New Thunder 250??…mereborn ulang sang legenda motor touring suzuki ini..asli nih motor dulu sebelum ada N250 ato CBR..si Thundie 250 kerenn bangett..tampilan yg minimalis khas japs style nya di padu mesin 1 silinder 250 cc SOHC..mampu dibuat touring kemana-mana..

The legend….. Reborn!!

Lagipula Suzuki tau diri lah..kalo misal ngk memungkinkan untuk diadu dengan N250 yg lebih superior di top speednya..jangan main di segmen fairing..kalo masih ngeyel..bisa liat contohnya..ada motor 250cc yg mau diadu dengan N250 tapi sampai saat ini untuk head to head ama N250 aja masih KO 😀

gambar : semua embat dari TMC

68 thoughts on “Alasan Kenapa Suzuki GW250 Memakai Mesin SOHC Bukannya DOHC…

  1. ah, gak penting SOHC atau DOHC. yang penting nyaman diajak riding + tangguh. lagian dari pengalaman, lebih enak riding di speed 100 kpj max ketimbang 120 kpj max kalo lagi jalan jauh..

  2. Lagipula Suzuki tau diri lah..kalo misal ngk memungkinkan untuk diadu dengan N250 yg lebih superior di top speednya..jangan main di segmen fairing..kalo masih ngeyel..bisa liat contohnya..ada motor 250cc yg mau diadu dengan N250 tapi sampai saat ini untuk head to head ama N250 aja masih KO .
    =================================================================
    maksudnya Hyosung brow??

  3. Mau SOHC, mau DOHC, mau kenceng, mau pelan, mau mahal atau murah, kepada Suzuki Indomobil harap jangan mengulangi kebiasaannya terhadap motor CBU. Kita masih trauma dilepas begitu saja. Sparepart kalo nggak ikut klub susah banget. Remember FXR, Thunder 250, Bandit 250 and Cool. Dulu setang seher Cool rusak, musti nyari alternatif setangnya satria120. Knalpot robek gara2 jatuh,pesen inden. Akhirnya terpaksa di las. Sparepart FXR untung ada importirnya di klub. Thunder juga. Niat jualnya awal2 doang. Setelah gak dijual, biasanya 4 tahun mulai males, langsung dilepas begitu saja. Teknisi dilatih yang bener yah, dulu Cool gue diobrakabrik masang laginya bingung.

    • Wah bakalan laku keras kalo 30 juta. Yah tapi cuma wishfull thinking. Kalo dilihat animonya tinggi pasti dijual mahal. Supaya dijual murah, kita harus pura2 gak suka. hehehehhee

  4. Bener lebih setuju SOHC, kalo ngepaksain DOHC ntar kayak new CBR150 yg “LEMOT” di putaran bawah. Masak naik motor Touring kayak GW harus jagain high rev ya ga cocok n ga nikmat jadinya kalo dibawa jalan.

    Yg komen kecewa pun gw ragu dari awal bakalan beli.GW

  5. IMHO…klo diliat spek official china mengoda juga!!, soal berat motor
    utk touring jarak jauh lumayan membantu utk kestabilan + angin
    samping, torsi gede bisa santai aja nanjak2 + utk harian kota (stop n go).
    SOHC lebih irit + perawatan lebih gampang, termasuk nekan harga motor.
    SUZUKI GW 250
    TWIN cylinder inline SOHC, EFI
    L x W x H = 2145x760x1075mm
    Wheelbase = 1430mm
    seat height = 780mm
    ground clearance = 165mm
    weight = 173kg (net), 183kg (+fuel)
    Fuel tank capacity = 14L
    Bore x stroke = 53.5×55.2
    engine = 248cc, 6 speeds, liquid cooled, 4-valve, 2 valves/cylinder
    Compression ratio = 11.5:1
    horsepower = 24.5ps/8,500rpm
    torque = 22N.m/6,500rpm
    tires = 110/70-17, 140/60-17

  6. SOHC justru di putaran bawah bakal lebih unggul.. Makanya di TMC ada artikel yang bilang klo dari 0-100kpj, GW 250 lebih cepet dari Ninja 250.. Tapi top speed kalah..

  7. menurut saya GW 250 juga gak terlalu ketinggalan di top speed nya perbedaan nya hanya 10 kpj aja sama ninja dan cbr
    jadi klo yg suka sama kecepatan jangan takut ambil Suzuki GW 250 aja
    tinggal kita sendiri aja yg mainin skill kita …

  8. alinea terakhir yg dimaksud CBR ya mas????hik..hik..hik….soal nama bagusan THUNDER GW 250…tag line nya THUNDER….MOTOR GuWe BANGET!!!!!

  9. ada senengnya ada sedihnya..
    seneng karena:
    karakternya thunder 250 banget, wheelbase pendek, tinggi jok rendah, ground clearance OK, buat yg hobi nikung menikung rebah merebah pasti bakal suka sama motor ini,
    injection ala mobil EFI, meskipun bukan karburator, ini lebih mudah untuk opreknya, bisa pake piggy back, kalo pake karbu pasti dual karbu, nah masih sedikit mekanik yg bisa setting dual karbu, contoh aja dari 20 motor N250 yg ngelewatin gw, hanya 1 yg setting karbunya bener, sisanya pincang.
    model Baby BKing banget..terlebih gw ga suka pake fairing hehehe
    ga perlu modif kaki kaki, spek depan dan belakang udah moge.
    udah 6 speed, thunder ane cuma 5 speed aja
    berhubung piston kecil, bisa di oversize pake piston bebek, seberapa besar bisa diboreup ini pertanyaannya posisi rantai keteng ada dimana, dipinggir atau ditengah diantara piston

    Sedihnya:
    berattttt..berat kosong 173 kg, T250 gw yang udah ganti kaki kaki ( spek ban depan belakang sama) aja cuma 165 kg.
    Power Weight to Rationya sama dengan Thunder 250, Torque Weight to rationya malah lebih rendah dari thunder 250, mungkin akan kesusul T250 nih kalo melibas tanjakan evergreen puncak.
    denger denger top speednya 140 kph, T250 yg cuma 5 speed tembus 140 kph, hitungan secara gear ratio T250 itu 143 kph.
    1 silinder cuma 2 klep, berarti gak pake teknologi TSCC lagi. teknologi yg diaplikasikan diseluruh moge moge SUZUKI. T250 udah TSCC.
    SOHC atau DOHC, gw lebih prefer DOHC, lebih galak, masalah DOHC mainnya diputaran tengah atau atas, itu tergantung tenaganya mau ditaruh di rentang rpm berapa. nah kalo itu hanya mekanik tertentu aja yang bisa setting engine seperti itu.
    itu aja dulu deh.

    • buat kota kok saya prefer SOHC, DOHC mau geser tenaga ke bawah dan tengah? musti ubah cam, sayang ah kalo motor baru. lagian, gak semua apa yang kita mau bisa ada disatu motor, pun ada, siap gak dengan harganya? itu aja..

  10. sekarang klo ane sih cuma mikir masalah harganya aja…..klo hrg bisa sedikit aja dibawah CBR non abs…..maka ane yakin nih motor bakal laku keras…terutama buat anak2 klub thunder penghobi turing yg sekarang keadaan ekonominya uda lebih maju dari waktu beli thunder 125

    jujur aja klo hrg nya >35jt….ane jelas mengurungkan niat buat beli….klo rentang 30-35jt ane msh mikir2…..dan klo 25-30jt pastinya ane bela2in kredit dan jual Thunder250 ane buat DP

Tinggalkan Balasan

