Pulsar LX125 : Kayak Gini Bisa Disebut Menyerobot Hak Paten??

Sebagian besar bikers di Dunia ini..pasti kenal ama yg namanya Pulsar…pulsar ya motor buatan Bajaj..gitu patentnya..dari awal pertama keluar sampai 2011 ini pun masih pakai nama Pulsar di produksinya yg dijuall di Indonesia…

Namun apa jadinya jika ada sebuah pabrikan yg pakai nama pulsar di motor produksinya??..dari segi bentuk konsepnya sih mirip…cuman itu lo..namanya dikira produk Bajaj..yaitu Pulsar LX125..padahal Bajaj buatnya XCD 125 tuh..kok bisa ada Pulsar LX125??..

Ternyata nih motor buatan dari kYMCO…pabrikan yg kerap membuat matic ini membuat motor sport untuk bikers Eropa dengan nama Pulsar LX125…nah yg jadi pertanyaan..apakah yg kayak gini bisa disebut menyerobot hak paten??…yah ini menyangkut nama produk lo..monggo di share…

oh iya speknya Pulsar LX 125 dan di Inggris motor ini dijual seharga kira2 22,5 juta :

General information
Model: Kymco Pulsar 125
Year: 2008
Category: Allround
Rating: 60.7 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 124.10 ccm (7.57 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, four-stroke
Power: 10.05 HP (7.3 kW)) @ 8750 RPM
Torque: 9.20 Nm (0.9 kgf-m or 6.8 ft.lbs) @ 8500 RPM
Compression: 9.0:1
Bore x stroke: 56.5 x 49.5 mm (2.2 x 1.9 inches)
Fuel system: Carburettor
Fuel control: OHC
Ignition: CDI
Cooling system: Air
Gearbox: 5-speed
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front tyre dimensions: 2.75-18
Rear tyre dimensions: 3.50-16
Front brakes: Single disc
Front brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Rear brakes: Expanding brake (drum brake)
Rear brakes diameter: 130 mm (5.1 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 117.0 kg (257.9 pounds)
Power/weight ratio: 0.0859 HP/kg
Overall height: 1,125 mm (44.3 inches)
Overall length: 2,070 mm (81.5 inches)
Overall width: 780 mm (30.7 inches)
Wheelbase: 1,270 mm (50.0 inches)
Fuel capacity: 16.00 litres (4.23 gallons)
Other specifications
Starter: Electric & kick
Color options: Red
Comments: Kymco is an abbreviation of Kwang Yang Motor Company in Taiwan.
Further information
Parts and accessories Check out parts and accessories from our other partners.
Ask questions Join the 08 Kymco Pulsar 125 discussion group.
Insurance, loans, tests Check out insurance here. Search the web for dealers, loan costs, tests, customizing, etc.
Related bikes List related bikes for comparison of specs

25 thoughts on “Pulsar LX125 : Kayak Gini Bisa Disebut Menyerobot Hak Paten??

  1. mungkin maksudnya hak merk? di tiap negara beda2 kok. CD merk Rider di sini boleh aja didaftarin sama perusahaan lain di negara lain.

  2. ada toyota supra (sport car)
    ada honda supra (buat ke pasar)

    ada honda civic estilo
    ada suzuki karimun estillo

    ada yamaha byson
    ada isuzu bison

    ada nissan pulsar
    ada bajaj pulsar
    ada kymco pulsar

    biasa aja kayaknya masbro.

  3. wiw..cc kecil tenaga ngalahin vixy..disini dijual brapa yah..

    @kang herry
    o ya..beberapa negara sudah melakukan kerja sama mengenai hak paten, artinya mereka saling ngelink, salah satunya India. Dengan ngelink ini jika ada patent disuatu negara, akan dicari kesamaan dengan patent di negara yg masuk dalam link. Itu sebabnya pihak Bajaj mengajukan argumen bahwa DTS-i sudah punya hak patent yang udah ngelink dengan hak patent Amerika yang notabene juga mematenkan dual busi utk multi silinder punya Honda sebelum dual busi dipatentkan di HAKI oleh Honda Indonesia dan tidak dipermasalahkan. Nah..gk tahu nih kalo HAKI, udah ngelink apa gk 😀

    nitip om..
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/15/mobil-its-juara-tertahan-bea-cukai-sepertinya-bukan-hanya-masalah-kepabeanan/

  4. Bisa saja dibilang menyerobot, mas.

    Tapi kalau demikian, maka yang menyerobot sayangnya si Bajaj. Wah, nggak mungkin tho, Pulsar ya Bajaj. Ya itu karena kita tahunya gitu soalnya Kymco kurang eksis dimari dan ga jelas tingkah polahnya, tapi coba deh googling..

    Nama Pulsar sudah dipakai Kymco sejak tahun 2000, dan Bajaj tahun 2001. Atau gampangannya buka saja katalog motor terlengkap bikez.com. Browse Kymco Pulsar, cari tahun terlamanya bandingkan dengan Bajaj Pulsar.

    Artinya PULSAR di motor merupakan trade marknya Kymco, Bajaj yang sebetulnya meniru.

    Jadi Bajaj mau ga yah kalo digugat sama Kymco? 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s