Sebuah Komparasi Yang Ngak Etis Untuk Pabrikan Sebesar Bajaj..

Beberapa waktu lalu ane pernah membahas soal komparasi yg ngk etis dari sebuah pabrikan jepang terbesar yaitu Honda..kali ini ane nemu di sbuah blognya om Ardiyanto yg menshare pengalamannya saat maen ke dealer bajaj…

Disana doi nemu sebuah tanggalan yg superr anehh..yap…tanggalan ini berisi sebuah komparasi yg ngk sehat…yaitu produk Bajaj dikomparasikan dengan produk motor lain..dan sialnya malah secara terang2an nyebut merknya..haduhh…dan juga dicantumkan perbandingan powernya..

Jujur aja..banyak sebagian konsumen yg beli motor ngk mandang powernya..banyak faktor yg mempengaruhi seorang konsumen buat beli produk tersebut..apalagi soal masih butuh bebeknya..ya..masih..untuk wilayah Indonesia masih tuh…sebagai orang yg side job nya tukang buah..ane masih membutuhkan bebek untuk angkut2 barang dagangan..kalo rusak gampang cari onderdilnya di pinggir jalan…jadi ngk perlu risau buat angkut2..beda kalo ane punya motor bajaj..masih pikir2 dlu kalo mo angkut2 barang berat…kuat sih iya..tapi takut cat lecet + kalo ada onderdil yg rusak..harus indent dah…

Yah sebagai pabrikan non jepang..sudah seharusnya memberikan contoh yg baik ke pabrikan jepang..ngk usah lah masang komparasi yg ngk etis diliat gini..beda lo ama klubnya yg sangat broterhood sekali..mo orangnya ngk punya motorpun boleh2 aja ikut 😀

Semoga bisa diubah cara promosinya..komparasi boleh aja..tapi bukan konsumsi publik seperti ini 😀

Sours:Ardiyantoyugo

72 thoughts on “Sebuah Komparasi Yang Ngak Etis Untuk Pabrikan Sebesar Bajaj..

  1. lho kenapa gak etis…?
    kan datanya valid, fakta, gak mengada2,,,, cek deh di masing2 website pabrikan….,

    jadi gak etis di mananya oom… ? 🙂

  2. MOTOR INDIA ITU SEBELAS DUA BELAS SAMA MOCIN,,MASA MAU BELAGU,MALU DONK…,FULSAR ITU KHUSUS UNTUK MEREKA YG MISKIN YANG GA KEBELI MOTOR JEPANG..

      • wkwwkwk… iya dah mas.. rumah lo aja bisa gw beli… jangan liat orang dari kendaraannya. gw tau sampean masih idup susah. itu aja. biar di kata keren belinya yang mahalan. padahal kridit.. ga bisa bayar ya tinggal serahin lagi.. wkkwwwk..

    • sabar ya klo pengen pulsar tapi ga bisa beli pulsar…
      jangan marah2…
      masih ada taun depan kok…ato taun depannya…taun depannya…lagi…lagi…
      =))

      • sdahlah gak usah fanatik merek lo…
        la wong Aq klo dikasih gratis pulsar jga nolak kok, modelnya gak ada yg beda skilas trlihat sma aja, kualitas bhan plastik yg amit2 jelek, punya kwan bru beberapa blan dah kusam, pokoknya harga berbicara bung…!
        inget lo diindia pangsa psar bajaj sdah mulai digerogoti ma Honda n Yamaha…

    • @felix : klo ane si netral aja…coz ane juga punya scorpio…
      makanya nickname ane pionize… 🙂
      bajaj di beli buat ganti tiger malahan om…klo jujur masalah QA ya emang kurang lah…tapi so far ane malah jauh lebih puas terutama buat mesinnya…
      (btw, ga perlu bawa2 shock amblas…ga usah di kasi tau ane juga uda tau… :D)

      • QC maksudnya…Quality Control… maaf2… 😀
        intinya buka mata aja selebar mungkin, ga perlu fanatik merk…toh perasaan banyak banget yang sirik sama bajaj, padahal klo ane amati yang pake bajaj juga ga sirik sama motor laen…biasa aja tuh

  3. kok aku memandangnya masih etis ya om, kenapa? karna disitu yang dicantumkan data. beda dengan artikel mu yang sebelumnya om karna yang ditulis di situ bukan data, tapi rasa (subyektif). wong kita saja sering mengkomparasikan satu sama laen kok (walau tidak untuk menjual), ya tho?

    tapi memang dari beberapa gambar di atas, masih ada satu gambar yang nyepetin mata, ya yang P135 itu, masih ada kata2 “bebek”. malah itu adalah pemilihan kata yang buruk, kenapa? value “bebek” lebih tinggi ketimbang value si baby Pulsar.

    *siap-siap dijuluki FBP

  4. ane dah comment panjang lebar di blog sebelah….hahahaha…blog sapa tadi yah……pokoknya saya merasa masih melihat kaedah2 dalam kompetisi adv, bukan content yang black campaigne…..tidak melebih2kan dan tidak pula merendah2kan produk kompetitor….

  5. Iya, udah jelas itu untuk keperluan internal, biar sales force-nya apal klo ditanya pelanggan, dengan catatan klo ditanya, klo ndak ditanya juga ngapain cerita-cerita merek orang.
    Nulis judul jangan heboh-heboh deh 🙂 Menurutku wajar aja klo underdog mengeluarkan segala jurus dan terkesan kurang ‘anggun’ demi menggapai omzet. Lah yang pabrikan besar dan nomor satu aja gak malu-malu nyontek konsep pabrikan tetangga je :p

  6. podo bae kelakuannya
    pabrikan jepang sudah melakukan hal yg sama sejak lama
    jangan terbutakan oleh merek

    ok kah….

    • Saya bisa tuh om dengan bobot 68kg 😀 non nunduk, tapi lamaaaaa naeknya. Yooi, harusnya ditelusur dulu kalender dibagikan untuk umum aau pribadi bai. Data sampah maj diolah paké metode se canggih apapun keluarnya sampah. Be careful, bisa dianggep bc lho.

    • Saya bisa tuh om dengan bobot 68kg 😀 non nunduk, tapi lamaaaaa naeknya. Yooi, harusnya ditelusur dulu kalender dibagikan untuk umum aau pribadi bai. Data sampah maj diolah paké metode se canggih apapun keluarnya sampah. Be careful, bisa dianggep bc lho. Tergolong

  7. Ini kalo gak salah produksi kalendernya udah di stop,emang buat di ruang tunggu service konsumen,mungkin di stop di komplain komunitas pulsar.cmiiw

  8. ini bukan bc tapi beneran.motor bosku.pake bajar pulsar yang 135 cc.plat masih merah.kok shock depan sebelah kiri dah basah bocor.padahal lom ada 3 minggu.dan jujur finishingnya kasar.saya ada fotonya bukan skdar bc

  9. Maaf om ikut nimbrung. Sy jg pemilik pulsar. Wktu beli motor yg p180 sy jg pernah minta kalender meja itu. Tp sama mbak yg jaga ga di kasih. Katanya hanya untuk internal bajaj aja. Nah sebagai konsumen sy cuma dikasih brosur iklannya. cuma memyimpulkan kalo kalender tsb hanya untuk internal.

  10. @ wangwa
    P135 gw shocknya gak ada masalah tuh udah 1 tahun lebih,ente janga ngarang gitu lah,kalo finishing P135 udah lumayan bagus dari pada P180,karna P135-P180 ada di garasi gw.

  11. @Bram
    He aLay fanatik merk jepang,
    Justru anda sendiri adalah
    “orang MISKIN” yg sok ngaku kaya
    tapi faktanya anak kemarin sore
    yg bisanya cuma mrenggek sama ortu minta di beliin motor merk penjajah jepang bangsat nan keparat…..!!!
    Hondoon, Yamahoo, susukin, kaos kaki, sami mawon gak bebek gak motor batangan produknya downspek semua.
    Beda dg yg di pasarkan
    buat negara lain selain NKRI…..!!!!
    NKRI dari dulu hanya dimanjakan produk sampah…..!!!
    bener2 penjajah KemaRuuukk…….!!!!!
    Mudah2an orang yg anda bilang miskin
    aka orang biasa yg mampunya beli motor murah 11 12 kayak mocinlah segera mendoakan anda suatu hari nanti jatuh miskin 7 turunan……..!!!!
    camkan itu semua
    hai anak aLay yg pintar mrenggekkk…!!!

  12. klo ane liatnya, yang ini tidak menggiring opini secara langsung…coz cuma menyajikan data fakta yang ada n ga ngasi opini, jadi yang baca sendiri yang narik kesimpulan…
    klo si bled n jupiz kan beda lagi, kliatan banget langsung ngasi opinin menggiring pola pikir…

    kayaknya judulnya terlalu heboh mas… 😀

  13. hahaha
    aku setuju sama Om Hanx, kang Dadang, Om Pionize
    kayaknya itu materi internal salesnya Bajaj aja, kalo pas ada orang yang nyari motor ke dealer dan masih bingung mau ambil motor apa. gak ada yang salah kalo menurutku.
    wong di manualnya Bajaj asli India sana juga ada komparasi kayak gitu

    kalo yang udah pernah beli susu bayi di supermarket, malah lebih ngeri lagi sebenernya
    kadang2 SPG merk ini sampe ngasih fakta palsu tentang merk itu. Coba aja iseng maen ke deretan susu bayi dan megang2 satu merk, pasti langsung dideketin SPG merk lain.

  14. Termasuk

    PENDODOLA OTOMOTIF ini…!!!
    ╔═╦╦═╦╦╦╗╔═╦╦═╦╦╦╗
    ║╚╣║║║║║║║╚╣║║║║║║
    ╠╗║║╔╬╬╬╣╠╗║║╔╬╬╬╣
    ╚═╩╩╝╚╩╩╝╚═╩╩╝╚╩╩╝

  15. Kalo aku malah seneng ngliat ada cetakan tentang komparasi, asal… data untuk produk kompertitornya juga harus sesuai.
    Kalo ngliat data komparasi P220 dengan rival2nya, datanya sesuai fakta dan di situ juga tertulis kalau Rasio Tenaga/Berat masih kalah dengan Scorpio. Di sini bisa dinilai bahwa ngga ada kesan untuk menjelak-jelakkan produk kompetitor malah keunggulan rivalnyapun ngga ditutup-tutupi. Saluut….

    Tapi kalo soal yg “Mengapa harus naik bebek….” paling komenku, “Biar gampang bawa barang belanjaan.” 😀

  16. sebenarnya yang ga etis ya ‘harga bebeknya’

    xixixixi
    kenapa harganya tinggi?
    Kan di harga yang jadi perbandingan, bukan kasta,

    lah wong hp, pc tablet aja dikomparasi terang terangan akan perbandingan harganya,
    spek plus keunggulan dan kelemahan masing2,

    masalah angkut meng angkut, lah rx king malah banyak digunakan.
    Apakah rx king itu bebek?
    Xixixixi

  17. Kalo datanya real masa dibilang gak etis…di datanya juga gak menjelekkan produk lain,,,cuman membandingkan spesifikasi dari tiap produk…masih dibilang gak etis?????

  18. komparasi sah2 aja mau pake yang seperti di atas apalagi klo ada datanya yang jelas. sekarang tergantung pembacanya untuk memahami isinya. klo masalah Black campaing ane rasa bukan toh di kalender tersebut tidak menyebutkan kata2 ” jangan membeli produk A karena lebih lemot atau lebih mahal”. jadi masih wajar. apa iya klo ada tukang buah menerangkan ciri2 buah busuk mesti kita kamplengi karena kebetulan buah yang kita jual ada yang busuk???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s