Istri tewas kecelakaan..suami dipenjara : Seharusnya Kematian Sudah Cukup Untuk Menjadi Pelajaran Hidup…

Baru2 ini masih anget dikuping kita soal berita seorang artis…nyang namanya Saipul Jamil..sedang berduka karena istrinya kecelakaan saat arus balik kemaren..yah yg terjadi biarlah terjadi…ibarat susu udah dikenyot..pasti udah gak bisa dimasukin lagi ke tempatnya :mrgreen:

Gambar : Bennymaringin :mrgreen:

Dan berita nyang selanjutnya santer terdengar adalah si Artis itu bakalan di hukum atas perbuatannya nyang lalai dalam berkendara sehingga menyebabkan nyawa orang lain hilang…ada sih pasalnya nih :

Coba kita intip sanksi yang tertuang dalam pasal 310 UU 22/2009. Pasal ini khusus sanksi bagi pengemudi yang lalai.

(1) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang pidana penjara paling lama enam bulan dan/atau denda paling banyak Rp 1 juta.

(2) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama satu tahun dan/atau denda paling banyak Rp 2 juta.

(3) Berkendara lalai yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berat dipidana penjara paling lama lima tahun dan/atau denda paling banyak Rp 10 juta.

(4) Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 juta.

Bagi pengendara yang terbukti ada unsur kesengajaan diatur dalam pasal 311 yang mencakup:

(1) Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

(2) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp 4 juta.

(3) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau barang dipidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak Rp 8 juta.

(4) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat dipidana penjara paling lama 10 tahun atau denda paling banyak Rp 20 juta.

(5) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta.

Source : Eyang Edo

Yah emang sih mau ngk mau kita harus menghadapi situasi nyang kalo kata peribahasa..habis jatuh tertimpa tetangga… :mrgreen: …coz negara kita adalah negara hukum…

Tapi..dari sisi humanis dan psikologis tersangka..apakah itu patut??…toh anggap nyang mengalami adalah kita…riding sore2 ama orang terkasih..entah itu istri, pacar, ato selingkuhan sekalipun..dan misal ngk pakai safety gear sama sekali..tiba2 aja kita nabrak angkot ngetem dan menyebabkan orang terkasih kita meninggal..apakah kita bakalan ngerasain shock dan bner2 kehilangan??…kalo masih sayang iya..kalo udah anak 3 dan udah keriput bisa ada nyang jawab ngk tuh..malah bisa cari nyang baru..glodagh :mrgreen:

Balik ke cerita…misal pas kita udah sangat2 depresi dan kehilangan…eh pas diacara penguburan orang terkasih ente di kata2in ama orang..goblog..idiot..cacat..dll…nyang intinya mojokin ente..apa ngk makin nambah ente tertekan dan depresi tuh??…apalagi setelah itu ente di tuntut atas dasar kelalaian nyang nyebabkan kematian orang..kalo ente ngk kuat bisa nambah satu orang gila lagi tuh di jalan… :mrgreen:

Seharusnya tragedi nyang nimpa pelaku itu udah ckup buat menjadi pelajaran mereka….contoh..kalo ane nolong orang nyang kecelakaan..ah ngk bakalan ane ceramahin+ane goblog2 in soal safety riding lah..pakai helm lah..ini itu lah..intinya biarlah secara alami pengalaman itu membekas dihati mereka dan menyebabkan mereka berubah..ingat..orang berubah harus ada kemauan dari diri sendiri..bukannya malah dihukum ato dikata2in..biarlah mengalir apa adanya..yah selain itu faktor kuasa yang kuasa juga ada sih :mrgreen:

Selain itu…kalo mau penjarain si SJ yah segera lah..kenapa pas tabrakan ngk langsung di jeblosin aja??…toh polkisnya udah ready to go??…sekedar flash back..dlu ada berita nyang sempet bikin geger…yaitu seorang warga Solo (kalo kagak salah)..yaitu pak Lanjar…saat itu beliau sedang riding boncengan bareng istri tercinta…namun karena suatu kecelakaan..nyawa sang istri akhirnya melayang..dan saat itu juga akhirnya beliau dijadikan tersangka dan dipenjara..bahkan mengikuti pemakaman istrinya aja beliau ngk diijinkan (menurut berita gitu)…

Hal ini berbeda dibandingkan dengan si SJ itu..apa karena dia artis??..jadi boleh dengan bebas melenggang??..ah Indonesia emang unik..katany berpatokan pada hkum..kok malah timpang gini??..apa besok kalo perang rakyat kecil dlu yg dijadikan benteng pertahanan ama orang2 berduit??..ah..percuma dong ada hukum..

52 thoughts on “Istri tewas kecelakaan..suami dipenjara : Seharusnya Kematian Sudah Cukup Untuk Menjadi Pelajaran Hidup…

  1. Kehilangan orang yang paling disayang akibat kelalaian sendiri harusnya udah amat sangat lebih dari cukup buat jadi pelajaran hidup yang besar banget. Jangan sampe makna pelajaran itu ilang dengan dalih penegakan hukum.

  2. nyang kausus pak lanjar itu katanya gara2 pihak kedua dlm kecelakaan itu perwira polisi jadi dia buat kambing hitam. tau lah negara kita gak berpihak sama orang kecil

  3. wong cilik yo iso opo…gur pasrah tenan..
    sekarang malah yg mbelain si artis barangkali dari wong cilik juga..lha kepiyeee…?

    beda sama si artis…pasti perlakuannya lebih..

    polisi kalau mau bertindak..jangan pandang bulu dong

  4. emang dilema sih, tapi kalo kagak ditegakin hukumnya, apa ada orang yang belajar? permasalahan si SJ adalah kecelakaan tunggal, penyebabnya adalah diri dia sendiri, beda kalau kecelakaan itu terjadi karna orang laen.

    lha piye, avanza di kasih 10 orang + barang bawaan + katanya rem cuma satu yang berfungsi + katanya dia sendiri mobil gak enak. tuh, udeh brapa kali dodolnya dia.

    ini sekedar opini, monggo yang mau mencaci.

  5. Harusnya semua pelanggaran baik dilakukan orang besar atau kecil ya dihukum. Coba lihat pas mudik. Itu ortu yg bawa bayi naik motor jalan jauh apa iya mikirin anaknya beresiko tinggi mengalami kecelakaan dan jatuh sakit? paling kalo sampai anaknya meninggal cuma bisa nangis dan nyalahin orang lain. harusnya hal2 seperti ini tidak ditoleransi dari awal, karena saat sudah menjadi umum sulit untuk diperbaiki. IMHO

  6. gak perlu mencaci maki,,, yakin deh yang mencaci maki itu seakan dia lebih tahu daripada Yang Maha Tahu,,, apalagi yang ngegoblokin, apa gak sadar dia itu juga manusia,,, tempatnya salah dan lupa…

    *mantap om lingga, btw, blog bekicot yang baru mana neh? :mrgreen:

  7. Seharusnya jangan masyarakat terus yang disalahkan itu bukti ketidak mampuan pemerintah meyediakan sarana transportasi yang baik untuk rakyatnya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s