Siang itu..ane sedang berbincang2 dengan seorang teman..sebut aja namanya Emon…tiba2 sebuah pembicaraan mengkerucut menjadi soal safety riding nih…namun ada yg sedikit aneh dari perkataan tmen ane :
Emon: Ane kalo di bangjo pasti matiin mesin kalo lebih dari 60 detik..selain hemat bahan bakar…selain itu juga safety riding dan ramah lingkungan….
Ane : mosok sih??…sejak kapan ada aturan itu??
Emon: bneran..elu kan yg anak motor harusny ngerti π
Cuplikan percakaapan diatas membuat ane sedikit bingung…apakah benar??..akhirnya ane SMS beberapa teman yg melek soal safety…jawabannya??
Lumayan mengejutkan juga..ada beberapa yg jawab..bahwa mematikan mesin di lampu merah juga kerap mereka lakukan..bahkan di jakarta dan kota2 besar lainnya ada lo lampu merah yg sampai 2 menitan..hal itu katanya menyebabkan pemborosan dan ngk ramah lingkungan..
Ada pula yg jawab..bahwa ngk perlu..kalo buat mesin katanya bisa ngefek ke dinamo starternya (yg pakai)..ada juga yg jawab ngk usah karena mesin yg hidup bisa meminimalisir jika ada kendaraan yg nyelonong..jadi bisa menghindar gitu..yah ane ingat pas kejadian di daerah Banyumanik, Semarang..pas ada truk yg rem blong dan nabrak bikers yg sedang menunggu lampu hijau…kalo gitu apa perlu mesin dimatiin??…
Hal ini masih menjadi sebuah dilema..coz sebagian yg jawab matiin mesin juga masuk di RSA (Road Safety Association)..sebagian lagi juga blogger kondang…sebagian lagi anak klub..hmm…nampaknya peraturan soal ini masih simpang siur..kalo ente sekalian bagaimana Bro??…kalo ane sih ngk lah..toh bensin yg keluar ngk seberapa
*Tambahan dari salah seorang blogger : sebelum berhenti di lampu merah jangan lupa check spion&blindspot..jaga2 kalo ada motor/boil yg terlalu dekat…dannn selalu kurangi kecepatan jika menjelang lampu merah..kalo menitan masih nunjukin angka tiga..jgn gass..nanggung om..mending nunggu bentar…..ride safe..enjoyit
*kotak ajaib bergoyang… kotak ajaib bergetar…*
sip http://cafebiker.wordpress.com/2011/08/10/persaingan-atpm-di-indonesia-bagaikan-la-liga-spanyol/
G juga kok
Tergantung sikon
dit4 ane minim lamer
kalopun ada kalo gak ditungguin polis,nasibnya gak lebih dari lampu jalan yang lupa dimatikan
wkwkkwkw..ngeriiiii
di bikin ngga langsam aja…
gak beli PCX sekalian??
Mas lingga, klo di jalanan Daerah Saya tinggal lampu merah itu artinya ‘jalan terus’ lho Mas.. Klo harus matiin mesin berarti di suruh ‘NDORONG’ gitu maksudnya.. π π π
*daerah Saya tinggal Masih Indonesia Juga lho.. Xixixixiixi
PISS..
bhuahahhahah..
Gak ah..
“mumpung preminum masih murah.. ngapain matiin mesin itung2 jadi pemanas lingkungan pan π ”
tapi owe selaloe matiin mesin apalagi klo lampu merah diatas 1 menit itung2 ademin mesin bntar π³
ngk sekalian ridernya ikutan ngadem??
klo motor 2 tak sejenis NSR 125R memang dianjurin matiin mesin coz suka overheat klo lama ngga dapet pendinginan dari angin tapi klo motor laen kayaknya jarang yg matiin mesin memang sih bisa ngurangi konsumsi BBM klo dilakukan serentak, ente bayangin aja klo biker se Indonesia matiin mesin slama dilampu merah, berapa banyak BBM yang bakal dihemat n polutan yang bisa dikurangi.
jahh..motor legend bin mahal ngk setangguh bebek lokal om

Hmm..kalo bikers sini kebanyakan pikiranya mesin ttp hidup..malah buat ajang mainin gas cari lawan tuh
ane kalo lampu merahnya lebih dari 1 menit, ane matiin mesin…
ane mikirnya bukan karena safety riding, tapi mengenai lingkungan…coba, berapa gas karbon yg bisa di-reduce kalo kita matiin mesin di lampu merah selama 1-2 menit aja….juga penghematan BBM, bukan masalah kantong..tapi ke stok minyak bumi yg makin tipis…
ayo lah, kita bikers harus jadi orang yg peduli lingkungan….jadikan planet bumi ini indah untuk masa depan anak2 kita…
π
wew..pecinta lingkungan ne
hehe,, kalo ane si lebih milih tetep dihidupin ya daripada dimatiin, sejalan dengan apa yang ente bilang om,,, kalo ada apa2 kayaknya lebih ngerasa safe kalo mesin idup, kalo peraturan luar negeri kayak RSA, ane selalu milah2 lah, ga di aplikasi mentah2, itu kan orang luar sono yang buat, yang dimana patokannya lalu lintasnya lebih tertib en aman dibanding disini,
ane setuju dah ama ente
titip..
http://nunoe25.wordpress.com/2011/08/10/konfirmasi-dari-marco-melandri-di-twitternya-mengenai-kabar-tentang-valentino-rossi-yang-akan-pindah-ke-honda-gresini-tahun-depan/
Motor manghal bs mati loh,
contoh : honda pcx
lah jebol kantongnya kalo beli PCX
tidak… peraturan dari siapa itu…? saya aja kaget.. katanya hemat.. tau nggak…? dengan begitu aki atau apalah namanya kan bisa abis… bukan itu aja.. harusnya bisa 10 – 15 baris mobil yang keluar, malah cuma 5, karna mobil / kendaraan paling depan malah mogok…
ndi wonge… ta kemplangi yang bikin peraturan gitu.. π
wkwkwk…wes mblayu Eyang
di jogja untung aja cuma 180 detik, bisa nyenden dulu
sambil udut2..segerr
klo saya selalu matiin klo masih diatas 40 detik. Bukan soal hemat sih. Ngurangin asep aja bro. Secara bangjo di Jakarta penuh sesak. Itung2 berbuat baik sama yang dibelakang saya.
apalagi kalo belakangnya serabi lempit yak?? ….ngk tega gitu ..xixiix
tergantung kondisi dan situasi bangjonya.. klo bentar y msh idup, lama y dimatiin. maslh ntar ad hal2 tak terduga itu udah takdir..
takdir juga kalo ente koment disini yah om??
tergantung sikonnya mas,,
http://motomotif.wordpress.com/2011/08/10/logo-baru-hero-honda/
kalo saya si ambil simple-nya aja. matiin mesin saat parkir (kalo parkir ga matiin mesin itu namanya minta dimaling). berenti di lampu merah bagi saya masih masuk dalam kategori berkendara jadi mesin nyalakan saja π
wkwkkw..ane mau ambilnya dah
Sebenarnya relatif mas bro, kalau menitannya masih di atas 40 detik ya mending dimatiin trus nyalain lagi ketika detik dah di angka 20 (katanya dinamo starter atau apalah itu akan aman kalau ada jeda waktu 20 detikan dari kondisi dihidupkan sampai gerak). Arahnya memang lebih ke lingkungan, walaupun matiin mesin cuma 10 detik, namun itu dilakukan banyak biker, efeknya masssive alias besar. Kira-kira begitu pendapat saya mas bro, no offense ya hehehe….soalnya lingkungan kita sudah parah kerusakannya, ga ada salahnya kita ikut berperan meminimalisir kerusakan itu dengan mengurangi “jejak” kita di alam
yg sial kalo ngk ada elektrik staternya..+ motornya mogokan…wuhh..bisa2 dikamplengi orang satu bangjo..wkwkkwkw
muosok se itu “peraturan” ? imho, itu lebih condong ke “pilihan” bro… Kalo ane tetep biarin mesin nyala tapi gigi netral…
woh salah ungkapan berarti
Izin save gambarnya ya ka. Nanti dipakein creditnya