Nge Blog…Jangan Nanggung!

Pertama ngeblog tuh darimana sih??..pertanyaan itu kerap terlontar ketika ane ngobrol…sedikit cerita dah….pertama ngeblog dlu bermula dari liat2 tulisan aja di Kafemotor yg di komandoi oleh Om ilhams…yah waktuitu cuman liat2 aja..ngk berani koment (selain itu ngk bisa caranya..malum katrok dlu  :mrgreen: )….


Setelah itu berlanjut ke blognya Om Triatmono…berani koment dikit2 dah…kebetulan udah bisa caranya :mrgreen:  …trus berlanjut mengenal Om Taufik dan Indomotoblog…yah sekedar membaca artikel2 aja…dulu favorit artikelnya Mbah Dukun..keren dan ringan..enak dibacanya..

Nah berlanjut ke iseng2…mbikin blog ah..secara otodidak tentunya…coba ini-itu akhirnya jadi lah sebuah blog sederhana ini…wuhh..dulu ganti tema aja lom bisa…posting masih semrawut…dan akhirnya dengan beberapa kali percobaan lancarr..mulai dah nuliss…warung pertama buka..wuhh..sepii..ngk ada seorang pun koment…kalo keinget itu jadi ketawa aja….  :mrgreen:

Lanjut belajar ninggalin jejak link agar blog yg kita kunjungi bisa berkunjung…setelah itu akhirnya lancar jaya..apalagi udah dimasukin ke Indomotoblog ama Om Taufik TMC..wiuhh..tmbah tmen dah  

Ngeblog itu gampang..dan ngk usah dibuat sulit..pertama nulis..bingung mo nulis apa??..gampang lah…pertama tentukan tema blogmu..mau motor ato apalah..sebagai contoh milih tema motor..nulis aja pengalaman soal naik motor, tetangga dan motornya, kelakukan pengguna jalan..intinya hal sehari2 lah..kalo suka sport..bisa tulis balapan bebek-motoGP..intinya berbagi cerita dan melepaskan beban (bukan nulis dengan beban)..coz blog itu sama juga dengan buku harian…kalo kesulitan soal upload gmbr ato tata blog..coba tnya ama yg pengalaman ato yg udah senior…


Saran sih..kalo mo nulis..tulislah inspirasi yg tiba2 muncul diotak..kalo saat itu ngk ada komp..mending ditulis di kertas ato di hp..ntar kalo udah log in WordPress…di tambahin kata per kata..ntar jadi sebuah artikel..

Soal hits ato kunjungan ato klik terbanyak…hmm…memang itu sebuah hal yg bisa dipungkiri..tuh angka pencapaian yg bisa dibilang kebanggaan semua blogger..but suksesnya blog itu ngk dikur dari Hits lo ternyata..tapi dari tata bahasa yg enak di baca (ngk ribet lah), santai tulisannya dan pembahasannya…yg punya blog juga friendly…itu adalah kuncinya..oh iya..dan atu lagi..yaitu konsistensi..mo sesibuk apapun…sapalah pengunjungmu..kalo pas ngk pegang HP, laptop..ya mampir warnet hanya sekedar balas koment2 pengunjung…Jujur sih..pas pertama ngeblog adalah hal yg menyenangkan..coz lom kenal rank, hits, Alexa…dll..

Soal pengunjung..well bukannya besar kepala..tapi ane seneng liat orang seneng…pas baca sebuah komentar dari seorang pengunjung yg bilang nih warung Ok..coz setiap koment selalu dibalas…Yap..ini sebuah hal sepel yg kadang ngk di lakukan seorang blogger…kadang yg senior pun lupa..yaitu balaslah koment pengunjungmu..walopun ente sibuk..yah luangkan waktu beberapa menit lah buat balas satu per satu koment…walopun kadang balasan dinilai orang ngk berbobot..tapi ngk usah dibawa serius jawabnya..ntar ente stress sendiri…kalo ane sendiri..pas waktunya padat..yah di balas rombongan…tapi kalo ada waktu sedikit diusahakan dibalas satu persatu..dengan begitu bisa jadi akrab…

Jadi bloger ngk ngejar popularitas dan pengen terkenal lo…kalo pelru identitas disembunyikan aja..coz kadang ada beberapa pengunjung  dan blogger lain yg ngk sejalan..wahh..bahaya itu..kadang mereka juga terlalu fanatik..hal2 yg seperti itu mending ngk usah digubris..dibuang aja di tempat sampah..

Biar ngk boring..sekali2 blog di kasih artikel guyonan..biar pengunjung bisa sedikit ketawa lah…oh iya..buat tulisan..kalo mo copy paste dan tulis ulang..sebisanya dikasih nama sumbernya..yah menghargai hak cipta lahh…

Nah ini yg kadang bikin seseorang berhenti nge blog..yaitu WAKTU…okei..kalo ane liat2..banyak kok jamana sekarang yg udah punay HP Android, Symbian, BB, Terminator, Transformer..dll…trus ada Netbook, komputer kantor, komputer rumah, laptor, I-pad, tablet, pil koplo…dll..yg intinya semua dapat tersambung ke koneksi internet..toh apa susahnya kalo pulangkerja..ato pas tengah malam..ato pas BAB..ato pas ada waktu luang lah…utak-utik WP sebentar..toh ngk masalah..

Jujur ane sampai saat ini..cuman punya HP Java..toh kalo buat ngeblog ngk bakalan se sip HP2 canggih diatas…tapi kalo buat bales koment ok lah masih bisa (kalo pulsa ngk abis lo)…tapi sampai saat ini ane ngeblog pakai komputer minjem dan koneksi minta ditempat krja ..alias serba gratisan..kalopun di luar kota..kalo ngk minjem orang yg dikenal, ato mampir ke warnet lah..ambil paket dan ngeblog..sekalian siapa tau di warnet ada mbak2 ehm yg bisa diajak chek in kenalan…  :mrgreen:

Kalo ditanya net book, laptop, komputer ama HP androidnya mana ?? (biasanya bloger2 kelas berat pada punya nih)…ane cuman jawab..ngk punya um..duitnya buat kebuthan sehari2 dlu lah..xixiix…ini aja masih nabung buat beli net book..tapi keganjel mo beli motor..lahmilih motor dlu dah … :mrgreen:

Well..cuman itu dlu aja yg mo ane sampaikan soal ngeblog..jadi ngk ada alasan berhenti ngeblog..dll…kalo rehat dlu no problem..bisa jadi inspirasi abis… :mrgreen:

Keep bloging aja..buat yg tnya2 dan belajar soal blog…yuk di coba2 dlu..toh buat anak coba2..buat artikel masak ngk berani coba2?  :mrgreen:

 

58 thoughts on “Nge Blog…Jangan Nanggung!

  1. dimasa depan, sebuah ide yg nelor dari otak bisa langsung diconvert dlm bentuk artikel dan langsung terpublish diblog.. no kibord dah

  2. saya -komputer ada, netbook ada
    -hp symbian uiq3 ada, symbian 60v5 ada, android ada (sony ericsson semua)
    tapi gak jadi blogger..

  3. Wiih mangstab ….. ! Boleh di coba nih tipsnya,salam kenal mas ! sering mampir ke warungnya tapi ga pernah komen….. :malus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s