SEdikit Mengenal Plat Nomor

Pas Browsing2 dapet ini nih…yah biar nambah sedikit ilmu..msok nempel di motor kita tiap hari kok ngk bisa bacanya??..cekidot :

Nomor urut pendaftaran kendaraan bermotor, atau disebut pula nomor polisi, diberikan sesuai dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor urut tersebut terdiri dari 1-4 angka, dan ditempatkan setelah Kode Wilayah Pendaftaran. Nomor urut pendaftaran dialokasikan sesuai kelompok jenis kendaraan bermotor(untuk wilayah DKI Jakarta):

* 1 – 2999, 8000 – 8999 dialokasikan untuk kendaraan penumpang.
* 3000 – 6999, dialokasikan untuk sepeda motor.
* 7000 – 7999, dialokasikan untuk bus.
* 9000 – 9999, dialokasikan untuk kendaraan beban.

Apabila nomor urut pendaftaran yang telah dialokasikan habis digunakan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal yang telah dialokasikan dengan diberi tanda pengenal huruf seri A – Z di belakang angka pendaftaran. Apabila huruf di belakang angka sebagai tanda pengenal kelipatan telah sampai pada huruf Z, maka penomoran dapat menggunakan 2 huruf seri di belakang angka pendaftaran. Khusus untuk DKI Jakarta, dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran, sesuai kategori atau dengan permintaan khusus.

 

Format kategori 3 huruf seri umum yaitu: B XXXX XYZ

X = Umumnya mewakili tempat kendaraan tersebut terdaftar

Huruf yang mewakili kategori tempat terdaftarnya kendaraan:

U -> Jakarta Utara

B -> Jakarta Barat

P -> Jakarta Pusat

S -> Jakarta Selatan

T -> Jakarta Timur

E -> Depok

N -> Tangerang

K -> Bekasi

Y = Umumnya jenis kedaraan berdasar golongan

Huruf yang mewakili kategori kendaraan:

A -> Sedan

F -> Minibus, Hatchback, City Car

J -> Jip dan SUV

Z = Huruf acak yang diberikan untuk pembeda

Contoh: B XXXX PAA -> Mobil tersebut terdaftar di Jakarta Pusat (P), berjenis sedan (A), dan memiliki huruf pembeda (A).

ternyata artinya itu

Ini ada tambahan sedikit tentang warna plat nomer

Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ditetapkan sebagai berikut:

* Kendaraan bermotor bukan umum dan kendaraan bermotor sewa: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih
* Kendaraan bermotor umum: Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam
* Kendaraan bermotor milik Pemerintah: Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih
* Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna hitam
* Kendaraan bermotor Staff Operasional Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih dan terdiri dari lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian
* Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, atau dealer ke dealer): Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna merah.
tambahan.. plat putih utk mobil baru dgn seri ujung XX di beli dgn harga lunas bkn kredit

kalo dulu kita sering liat plat nomor ‘B’ dg hurup belakang ‘BA, BH, BS, BP, BL, BD, BU,,,’ sekarang dah ganti jadi ‘RFS, RFH, RFD, RFO dsb…’
karena sekarang plat ‘BD, BS, BP’ dll udah “diperjual belikan”….

jd kl liat plat ‘BS’ ugal2an di jln, belum tentu dia pejabat pemerintah

Oh iya kode plat seperti di Jakarta ini juga berlaku di daerah Purwokerto – Banyumas dengan huruf depan ‘R’… contoh :
– R xxxx A = kendaraan dr kabupaten Banyumas/Purwokerto
– R xxxx B = kab Cilacap
– R xxxx C = kab Purbalingga
– R xxxx D = kab Banjarnegara

Sori kalo misal Repost..lah sekedar share dari Sumbernya : KASKUS

35 thoughts on “SEdikit Mengenal Plat Nomor

  1. kalo awalan kode depannya biasanya sesuai dengan karateristik daerah tersebut, contoh:

    aceh = BL, karena banyak lembu
    sumatra utara = BK, karena banyak karet,
    pekanbaru = BM, karena banyak minyak
    padang = BA, karena daerah tersebut banyak ajo
    kepri(kepulauan riau, batam, karimun,tanjung pinang) = BP, karena banyak pelacur
    jawa barat, bandung = karena banyak Damang,,,,, :mrgreen:
    jakarta = B, karena Bingung lalulintasnya,, semrawut,, macet,,
    jogjakarta = AB, karena banyak ABdi dalem

    *sumber : http://www.mercon.com

    *nek ora percoyo,, yo udo,,,

    :mrgreen:
    GPM, gak pake mosok,,,,

  2. Pic diatas yg pnya Alphard & Yaris tdk mencirikan org2 yg terpelajar klo dilihat plat nomernya, justru spt orang kampungan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s