Ternyata Perang 250 cc Lebih Seru Jaman Dahulu…

Dahulu sebelum Indonesia mengenal mesin canggih…kira2 di tahun 80 an….terjadi perang besar di Jepang sono…saat itu kekuatan The Big Four bisa dibilang lagi berkembang2nya….keempat raksasa itu membuat motor 250 cc….walopun cc nya cuman 250 cc..soal speed…jgn ditanya..coz silindernya rata2 ada 4!

Berbeda dengan sekarang…karena regulasi keselamatan dan harga BBM serta hrga motornya semakin mahal..maka dikebirilah kelas 250 cc…ada yg 2 silinder…ada yg 1…sayang ngk sekompak dlu..selain soal power timpang…masih 2 pabrikan lagi yg belum mengeluarkan jagoannya……

Saat itu Honda dengan angkuhnya bilang bahwa CBR250 adalh motor yg enjoy riding dan beertenaga…intinya motor terbaik lahh…namun Ninja 250 cc adalah musuh yg bisa dibilang menakutkan…selain itu Yamaha juga menciptakan mesin 250 cc yg dinamakan Yamaha FZR250….dengan sasisnya yg terkenal ok…mampu melibas lawannya di tikungan…namun pasar berkata lain…saat itu Suzuki dengan GSX 250 nya menjadi yg paling ok….berikut spcnya :

Honda CBR250:

Punya 2 model

Motor sport Honda yg udah ada turunannya ini emang bisa disebut sebuah sejarah panjang motor sport Honda..walopun titisannya yg baru launching beberapa bulan yg lalu itu lebih mirip ama VFR..namun karena nama besar CBR..bisa dibilang penjualannya ok…nih specnya :

Make Model

Honda CBR 250R

Year

1988-89

Engine

Liquid cooled, four stroke, Transverse four cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 48.5 x 33.8 mm
Compression Ratio 11.5:1

Induction

Ignition  /  Starting

CDI   /  electric

Max Power

40 hp 29.2 kW @ 14500 rpm

Max Torque

23.5 Nm @ 11500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

Rear Suspension

Front Brakes

Rear Brakes

Front Tyre

100/70 -17

Rear Tyre

130/70-17

Dry-Weight

153 kg

Fuel Capacity 

14 Litres

CBR 250 adalah motor ke 2 yg menurunkan titisanya di thaun ini :

Sayang satu silinder yg membuat powernya kecil….

Kawasaki ZXR250

Keren juga kalo warna kebanggaannya diaplikasi ke N250 jaman sekarang

Bisa dibilang ini lah the real Ninja250….bukan ninja 250 yg saat ini merupkana titisannya…coz N250 yg sekarang mengusung mesin Kawak seri Ex250..sama seperti CBR….nama besar Ninjalah yg membuat varian terbarunya laku…nih specnya :

Make Model

Kawasaki ZX-R 250 Ninja

Year

1989

Engine

Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder.

Capacity

249
Bore x Stroke 49 x 33.1 mm
Compression Ratio 12.2:1

Induction

Ignition  /  Starting

Max Power

45 hp 32.8 kW @ 15000 rpm

Max Torque

2.6 kg-m 24.5 Nm @ 11500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

Rear Suspension

Front Brakes

2x discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single disc 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Dry-Weight

144 kg

Fuel Capacity 

15 Litres

Kawasaki Ninja 250 adalah motor 250 cc pertama dari the big four yg menitiskan motor 250 cc terbaru..sayang N250 sekarang mengusung mesin Kawak EX250


Yamaha FZR250


Dengan keunggulan di sasisnya..mampu bersaing dengan para pesaingnya…namun hingga saat dan detik ini lom muncul titisannya…why??…ayo perang udah dimulai…nih specnya:

Spek Yamaha FZR250

Engine

Engine Type: 249 cc, 4 Stroke – Liquid Cooled – Inline-4
Engine Bore and Stroke: 48 mm x 34.5 mm
Compression Ratio: 12:1
Valves DOHC, 4 valves/cylinder
Ignition System: Electronic
Claimed Horsepower: 45 hp (33.6 kW) @ 14500 rpm
Maximum Torque: 24.5 Nm (18.1 ft. lbs) @ 11500 rpm
Type of Lubrication: Wet sump

Transmission type: 6 speed
Final Drive: Chain
Starting: Electronic

Tires & Brakes

Tire – Front: 100/80-17
Tire – Rear: 120/80-17
Brakes – Front: single 300 mm disc with 2-piston calipers
Brakes – Rear: single 220 mm disc with 1-piston calipers

Dimensions

Overall – Length: 2010 mm (79.1 inches)
Overall – Width: 680 mm (26.8 inches)
Overall – Height: 1120 mm (44.1 inches)
Wheelbase 1375 mm (54.1 inches)
Ground clearance 135 mm (5.3 inches)
Fuel Capacity: 12 l (3.2 Gal)
Dry Weight (without fluids): 141 kg (310.9 pounds)

Suzuki GSX250R


Bisa dibilang ini adalah motor 250 terperfect…power ok dan bobot ringan adalah 2 hal yg disukai pada waktu jaya2nya…namun hingga detik ini belum muncul penerusnya..ayo Suzuki..bangkitkan lagi The GIxxer..nih specnya :

General information
Model: Suzuki GSX-R 250
Year: 1988
Category: Sport
Rating: 67.6 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 248.00 ccm (15.13 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 45.00 HP (32.8 kW)) @ 15000 RPM
Torque: 24.00 Nm (2.4 kgf-m or 17.7 ft.lbs) @ 10500 RPM
Top speed: 180.0 km/h (111.8 mph)
Max RPM: 20000
Compression: 12.5:1
Bore x stroke: 49.0 x 33.0 mm (1.9 x 1.3 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Carburettor. Twin Mikuni BSW 27
Fuel control: DOHC
Ignition: Full transistor
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Clutch: Wet multi-plate type
Fuel consumption: 4.00 litres/100 km (25.0 km/l or 58.81 mpg)
Greenhouse gases: 92.8 CO2 g/km. (CO2 – Carbon dioxide emission)
Exhaust system: ´Suzuki Power Up Exhaust´
Chassis, suspension, brakes and wheels
Rake (fork angle): 26.0°
Trail: 103 mm (4.1 inches)
Front suspension: Telescopic forks
Rear suspension: Full Floater, single shock, swingarm
Front tyre dimensions: 100/80-17
Rear tyre dimensions: 130/70-17
Front brakes: Double disc. 2-piston calipers
Front brakes diameter: 275 mm (10.8 inches)
Rear brakes: Single disc. 1-piston caliper
Rear brakes diameter: 210 mm (8.3 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 138.0 kg (304.2 pounds)
Power/weight ratio: 0.3261 HP/kg
Seat height: 770 mm (30.3 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,105 mm (43.5 inches)
Overall length: 2,000 mm (78.7 inches)
Overall width: 700 mm (27.6 inches)
Ground clearance: 125 mm (4.9 inches)
Wheelbase: 1,370 mm (53.9 inches)


17 thoughts on “Ternyata Perang 250 cc Lebih Seru Jaman Dahulu…

  1. Yg FZR dah pake EXUP, kalo di Ninja150 two stroke KIPS,
    sekarang dah ada di TVS TORMAX, exhaust tubenya variabel choy…

  2. jaman itu mah gendeng…gak mikir boros 😀
    250cc aja 4 silinder..sarap..
    tapi emang, yg paling keren pun Gixxer 250…serasa kayak Kotaro Minami 😀

  3. barang langka iku mas, sebelah kantor ada yang punya tuh kayaknya yang cbr 250 apa yang 400 cc ,
    jan angker tenan mesin inline 4

    keep brotherhood,

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s