Ada Apa Denganmu Yamaha Byson??

Well…jika dilihat secara launching, harga, bentuk bodinya..dan para penggilanya yg buanyak…maka ngk salah kalo motor sport terbaru dari yamaha ini dikatakan sebagai motor yg 85% perfect…yah terlepas dari power mesinnya :mrgreen:

Nah motor ini juga membuat ane jatuh hati..ingin memilikinya..namun masih bingung antara doi ama kompetitornya..bagus semua sih :mrgreen: …bahkan kerap ada seorang brother yg nyeletuk seandainya ada Byson mesinnya pakai NMP…ck..ck.ck…sungguh suatu impian seorang bikers :mrgreen:

Namunn..impian indah itu ada yg sedikit mengganjal…dengan banyaknya komplain terhadap Byson…mulai terlacak di media online pas ada surat pembaca yg kecewa dengan Byson…..ini udah dibahas ama blog2 sebelah sih..namun ane kasih reviewnya :

Rabu, 20 Oktober 2010 | 07:16 WIB

Pada tanggal 25 September 2010 merupakan hari bahagia dan membanggakan bagi saya ketika menerima Yamaha Byson dari Yamaha Utama Kalasan Motor – Yogyakarta mengingat motor tersebut sudah saya inginkan dan tunggu sejak tahun lalu. Tapi saya masih sulit mempercayai rasa bahagia dan bangga itu bisa sirna dalam waktu tidak sampai sebulan. Saya jadi berpikir apakah keputusan saya mengganti merek sepeda motor saya sebelumnya dengan Yamaha Byson menjadi keputusan yang salah dan harus saya bayar amat mahal. Semua berawal dari kecelakaan yang cukup fatal pada hari Minggu tanggal 17 Oktober 2010 sekitar pukul 10 malam di perempatan Jl. Pahlawan – Semarang depan Mapolda Jateng yang diakibatkan mesin Yamaha Byson mati mendadak waktu menikung dan sukses ditabrak sepeda motor yang ada di belakang hingga saya dan isteri tersungkur. Saya langsung bangkit untuk menolong isteri saya setelah itu saya berusaha menghidupkan mesin motor yang ternyata susah hidup. Sesampainya di rumah saya segera mengirim komplain melalui www.yamaha-motor.co.id/contact us mengenai kejadian tersebut. Keesokan harinya saya lanjutkan menghubungi contact center di 021-2457-5555 dan ditindaklanjuti dengan dihubungkan dengan Yamaha Flagship Shop – Semarang yang melakukan Servis 1 motor saya. Yang saya ingin tanyakan, bagaimana tanggapan dan tindakan Yamaha Motor Indonesia terhadap kejadian ini? Mengapa bisa begini dan harus saya yang mengalami hal ini? Apakah semua beban harus saya tanggung semua sebagai konsumen yang dirugikan dengan harus menanggung sendiri kerusakan yang diakibatkan kecelakaan? Tolong diingat kecelakaan itu diawali dengan matinya mesin secara tiba-tiba. Di tengah ketatnya persaingan merek sepeda motor yang ketat dan makin gencar promonya, tapi saya tetap memilih Yamaha yang ternyata menghasilkan kekecewaan yang saya alami, Touching Your Heart menjadi Slicing My Heart buat saya. Mohon tanggapan dari Yamaha Motor Indonesia, bukankah kepuasan customer harus selalu diperhatikan dan dijaga. Semoga kejadian ini tidak terulang pada customer yang lain.

SUMBER:http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/17399

Selain itu ada juga beberapa komplain..salah satunya di KASKUS..namun anehnya…beberapa pemberitaan citra buruk Byson di KASKUS seolah2 lenyap..entah dilenyapkan oleh adminnya ato dari suatu pihak tertentu…ane lacak yg tentang ambrlnya mesin byson….malah ngk ketemu..alias udah dihapus..lalu ane cari tentang meng embunnya spidometer tuh motor juga dihapus..seolah2 ada yg ingin di sembunyikan….yah bisa dimaklumi..mngkin juga ini blck campaign..namun bisa juga tidak…seperti kesimpulan yg diambil dari artikel berikut :

“Kita masih pertimbangkan masalah kualitas motor yang aslinya di India bernama FZ16 ini untuk dipasarkan di Indonesia, karena kan dengan yang di India pasti berbeda,” ujarnya ketika ditemui di MU Cafe, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Spesifikasi dan kualitas Byson di India, lanjut Dion, sudah pernah dites oleh pihak YMKI, dan ternyata hasil evaluasinya belum memenuhi standar kualitas untuk dipasarkan di Indonesia.

Sehingga, sampai saat ini, YMKI masih terus melakukan riset dan pengujian agar nantinya saat sport yang spesifikasinya berada dibawah Yamaha V-ixion ini layak untuk dipasarkan di Indonesia.

“Kita sih berharap secepatnya, ya mudah-mudahan Juli bisa diluncurkan,” ujarnya.

Mungkin ini bisa dijadikan contoh untuk pabrikan yang berniat untuk menghadirkan sebuah type motor baru yang awalnya berbasis produksi di negara lain, melakukan riset dan beberapa proses adaptasi adalah sebuah tahapan penting sebelum meluncurkan sebuah produk masal, terutama sepeda motor. SUMBER: KASKUS
http://otomotif.kompas.com/read/2010…Juli.Mendatang

Buktinya dari pernyataan diatas ada keragu2an dalam meluncurkan nih motor…disinyalir ini adalah motor yg kurang siap…alias belum saatnya meluncur malah meluncur…bukan motor cacat produksi seperti yg selama ini dibilang ama beberapa orang…disebabkan belum siap dikarenakan saat itu AHM menggebrak dengan meluncurkan NMP…jelas itu bakalan mengganggu kue Yamaha di motor sportnya….

Oh iya…mngkin komentar yg pertama itu dijawab miring sama beberapa orang..namun nih ada balasannya :

Saya ucapkan terima kasih buat semua tanggapan baik yg positif maupun yg negatif, saya tetap menganggap hal itu merupakan masukan yg positif buat saya. Saya memang bukan orang yg bergelut di dunia blogger ataupun komunitas klub otomotif apapun krn saya cuma pengendara motor biasa. Saya akan menceritakan lbh detail disini, Byson ini sudah saya running test dari Jogja hingga Semarang dgn selamat dan tanpa masalah berarti, bahkan menurut saya motor ini amat user friendly en easy riding. Masalah skill mengemudi itu saya gak mau berkomentar krn sangat subyektif, tp sebagai info justru motor pertama yg saya sentuh itu Yamaha RX-K dan sampai skrg semua motor yg saya gunakan berkopling manual. Buat yg tahu daerah Semarang tepatnya di perempatan Jl. Pahlawan pasti amat mengerti kondisi jalanan disana entah berapa kali saya sdh sering melalui daerah itu selama 7 tahun di Semarang. Masalah servis 1 sudah saya lakukan bahkan menurut saya servisnya memuaskan mengingat motor terasa lbh ringan akselerasinya dibanding sebelumnya. Soal bensin kondisinya masih penuh mengingat saya habis mengisi bensin di SPBU Sriwijaya sebelum lokasi kejadian. Ketika itu kondisi mulai hujan waktu saya meninggalkan SPBU lalu saya sempat berhenti sebentar sendirian dan sempat menetralkan perseneling di perempatan karena lampu merah. Ternyata lampu langsung hijau dan saya langsung memasukkan perseneling 1 lalu perseneling 2 melewati kisi-kisi selokan di perempatan tersebut ketika saya mulai menambah gas lagi tiba-tiba mesin langsung mati dan refleks yg saya lakukan menarik tuas kopling utk menghindari engine brake dan berusaha mengarahkan motor ke sisi kiri. Tapi tiba-tiba brakkkk roda belakang langsung terasa terlempar ke sisi kiri seperti ngepot hingga saya tersungkur bersamaan dgn istri saya yg langsung terlempar cukup jauh dan saya tertimpa motor. Setelah itu saya langsung refleks bangkit dan berlari menolong isteri saya dibantu seorang bapak-bapak dan polisi yg bertugas di pos penjagaan Mapolda Jateng saat itu. Saya baru melihat di sisi kanan jalan ternyata ada motor Revo hitam terjatuh dan rusak di bagian depan dengan pengemudi seorang ibu-ibu yang ternyata telah menabrak motor saya (tepatnya kaki istri saya ) krn menurut beliau motor saya berhenti mendadak di tengah jalan. Ini sebagian gambaran yg bisa saya berikan, wajarkah jika motor ini saya kembalikan ke Yamaha dan mempertanyakan ada apa dgn motor ini? Coba seandainya bapak-bapak yg mengalaminya sendiri dan merasakan proses klaim ini. Hari ini saya sudah bertemu dengan pihak YMKI Jakarta & Semarang membahas masalah ini dan mereka memberikan apresiasi yg cukup baik kepada permasalahan yg saya hadapi dgn melakukan investigasi scr menyeluruh. Saya tdk mau berandai-andai mengenai hal yg saya alami krn kondisi motor masih standar dan YMKI masih melakukan investigasi. Terima kasih

semoga bisa menjawab kecurigaan kita pada sang Biker dan menjawab ada apa sebenarnya dengan surat pembaca itu…

kesimpulan, silahkan Anda nilai sendiri…

sumber:http://bennythegreat.wordpress.com/2…agalan-produk/

KASKUS

Oh iya…dari forumnya sendiri di FB..ane coba searching…nemunya yah ada beberapa keluhan…soal mesin lagi…ternyata di bagian mesin sebelah kiri (mungkin blok mesinnya) keluar rembesan oli mesin…

itu ane dapatakan dari Sini

Nah adalagi seorang blogger yg share..tentang Bysonnya..coz mas bro satu ini juga rider Byson..soal masalah Spidometer yg kemasukan air dan berembun…selain itu juga soal tangkinya yg retak…bisa dilihat disini..diklik aja..disitu dijelaskan panjang lebar:

Soal Spidometer

Soal Tangki

oh iya..ada lagi yg koment nih di KASKUS seperti ini :

Yah begitu deh motor baru sekarang menang model doank…..
Info yg saya dapat dari teman yg kerja di Yamaha pabrik Karawang:
mesin Byson datang CBU dari India…..
setahun lebih Test Ride sebelum Launch & dijual di Indonesia oleh tim Endurance Yamaha nunjukkin kalo banyak masalah yg timbul & berusaha diperbaiki sesuai standar Indonesia…..

Kesimpulan saya: jangan terlampau senang bisa beli motor keluaran terbaru, kualitas belum dijamin…..

Saya aja pake NouvoZ 2007 AIS ( electric choke ) keempat nouvo saya bermasalah di karburator nya……kadang bisa idle tapi gak mau di Gas…..
Bawa ke Yamaha dikasih solusi ( dimatikan aja Chokenya Pak )… tp tetep aja masalah terus……

Masalah hilang setelah ganti karburator assy pake Nouvo Lama, & saya coba pake punya Skywave…..

Mana mau Yamaha ngakuin produknya gagal & ngeganti semua karburator Nouvo Z thn 2006-2007

akhir 2007 Nouvo Z discontinue….gtu doank bisanya

Sumber:KASKUS

Nah ane cuma sekedar share aja..ada apa sih dengan Byson??…kok penyakitnya banyak amat untuk motor yg baru keluar dari pabrik??…yah ngk hanya Byson aja sih..Bajaj Pulsar 135 juga pernah di dera trouble di spido dan kelistrikanya..toh semua trouble2 itu bisa kok di bawa ke beres..apalagi motor baru masih garansi…yuk di share :

Biar ngk tegang…liat bonusnya dulu:

 

102 thoughts on “Ada Apa Denganmu Yamaha Byson??

  1. premium juga diamankan ๐Ÿ™‚
    back to topik, kalo menurut saia, dari 1000 unit motor dengan merek en tipe yang sama, pasti ada-lah yang ‘cacat’….masuk akal, wong gawenane menungso…jadi gak usah-lah dilebih-lebihkan…
    apalagi ATPM yang bersangkutan sudah berusaha maksimal meng-fix-kan masalah yang timbul…
    gak BYSON, gak NMP, ada aja kok problemnya…ex : BYSON mati mendadak, NMP mberebet pas ujan…
    ayo yang lainnya segera menyusul :mrgreen:

  2. Ping-balik: Dari Purwodadi, Janin Dibuang di Semarang | Indonesia Search Engine

  3. wah, tampaknya request saya tentang bonus jepang udah ditanggepin :mrgreen:

    serius nih
    om asmara,,, menurut pendapat saya sih,,, kalo masalah Byson sih itu bukan hal yang luar biasa, maksudnya tuh,,, namanya cacat produksi tuh biasa, dan semua pabrikan aja punya masalah ini, pulsar 135 aja itu aslinya bukan cacat masal, tapi cacat produksi yang berjamaah,,, kalo soal yang gak lebih dari 10 ini gak papa deh kayaknya,,,
    sebelum YMKI ngeluarin pernyataan resminya…

    • menurutku betul juga pendapat ente bro…
      maksude masuk akal gitu, kesalahan manuasia itu pasti ada dan itu wajar dengan catatan jangan melebihi ambang batasnya. (kayak sok tahu aja aku ini ya?)

    • gak papa bagi siapa bro??? bagi pabrikan sekelas yamaha/honda jelas masalah besar…ini menyangkut kredibilitas soalnya!! nek aku dadi vice presidennya jelas ngamuk!! engineer dibayar mahal kok buat motor aja gak becus!!
      tanya aja ama yang pernah kerja di pabrikan motor….mesti wareg omelan!!

      • Tapi menurutku setiap pabrikan membuat suatu produk belum tentu sukses semua. gak jauh-jauhlah banyak produk yang direcall, lha itu salah satu sebabnya karena kesalahan manusianya itu. Tapi dengan catatan melebihi ambang batas. lha kalau ambang batasnya 0,1 % maka dari seribu, trus 1 sepeda motor ada yang bermasalah, menurutku masih wajar itu bro…. tetapi masalah sekecil itu bisa besar apabila diexpos jadi karena masalah yang terjadi pada byson tadi ke expos maka dapaknya tidak tanggung tanggung, lain halnya bila yang mengalami itu aku yang tidak tahu apa itu komplain, jadi yo aku mestine mung meneng wae, paling menganalisane paling keno awu njur macet gt.
        Eh lagi-lagi menurutku lho…..(orang awam yang tidak tahu seluk beluk motor dan sok tahu motor)

      • malah menurutku kalo cuma kasus gini ya,,,
        yang harus diuji itu layanan aftersalesnya,,,
        gimana kah??
        baik kah? respon cepat kah,,, gitu…
        hehe :mrgreen:

  4. Ping-balik: Wisata Betawai Tempoe Doeleo di Thamrin City | Indonesia Search Engine

  5. jd bingung nich mo bli apan…. stiap mongtor pasti ada plus minus na, tp kpuasan konsumen hrus d jaga..
    jd mikir ulang nich buat nebus banteng.
    thx masbro buat ingfoh na

  6. wakakaka… beli yang paling disuka aja mas bro..
    saya pake byson.. nggak pernah rembes oli nggak pernah macet…
    yah.. mungkin dari ribuan produk ada yang eror satu dua (toh digaransi…tinggal klaim aja)
    soal power emang nggak segahar tampang, tp dah lumayan kok, terutama putaran bawh – menengah, pingin kenceng beli aja kakaknya.. si pio..hehe

  7. Namanya barang NG alias cacat produksi sampai ke konsumen itu masalah besar, dulu ditempat kerja gue sama pernah kejadian 1 part NG hingga ke konsumen, itu benar-benar jadi masalah besar, investigasinya aja mpe 1 bulan, yang kena marah gak cuman 1 orang, ribuan orangpun bisa kena damprat, kredibilitas jadi turun, belum cost yang harus ditanggung akibat trouble tersebut, line stop lah, pengecekan semua barang lah, kebayang kalo ada jutaan barang? Sayangnya perlindungan konsumen di Indonesia lemah, jadi konsumen sellau kalah, lihat hancurnya perusahaan Mits*b*sh* di Jepang, sepele gara-gara adanya satu produk yang gagal, nimbulin kecelakaan dan merenggut nyawa sang pemilik. So sudah saatnya para pabrikan terbuka terhadap kasus RECALL, kepuasan konsumen adalah segalanya, apalagi kalo menyangkut urusan nyawa……
    Jangan Sampai Ada Pembodohan Otomotif !!!!

    • wadow…istilahnya kok pabrikan banget “NG” alias Not good…..!!! kalo ampe barang/part NG lolos ke tangan konsumen…lha mbok udah 1 tahun berselang…itu para bos2…kalo ngamuk bakal diungkit2 itu…apalagi kalo pas rapat management!!
      meskipun yang nganterin snack cewek kayak di bonusnya lingga…rasane tetep pait!!!
      service (pelayanan)..kata para big boss is numero uno…jadi kalo ada cacat kok lolos…supervisor QC, produksi beserta managernya habis deh pokoknya!!!

    • hmm…kok toyota ngk masalah tuh??….setahu ane mitsubishi hancur gara2 krisis global deh..toyota aja dlu kalo ngk salah di amrik pernah newaskan 1 konsumennya dikarenakan pedal rem bermasalah CMIIW :mrgreen:

      • Awal kebangkrutan M***ub*sh* Grup yang terdiri dari otomotif mpe elektronik gara-gara kasus tersebut, kasus tersebut pernah jadi fokus utama yang ditekankan oleh para petinggi ditempat kerja ane, intinya agar jangan mpe terjadi di tempat kerja ane, gara2 ntu juga ada meeting dadakan…. ๐Ÿ˜ฆ Berabeh pokoknya…. intinya jangan pernah mengalirkan barang cacat ke market… ๐Ÿ™‚

  8. sebenarnya kalo lihat scorpio yang notabene jadi amblas, banyak biker yang ninggiin dengan biaya rata rata 200rebu komen ini pernah ane buat, bayangkan jumlah biker yang melakukan peninggian agar motornya gak keliahatan ambles, dan tahukah anda komen YMKI, dan tahukah berapa uang yang keluar dikali motor yang ditinggikan, sebanyak itulah dosa ATPM terhadap motor yang pemiliknya harus memperbaiki kesalahan ATPM
    Just komen

  9. Oooh mesin byson CBU Indiahe tho? Mungkin ini cara bwt menarik minat para rider2 tanah air yg percaya klo CBU lebih memiliki power dibandingkan CKD. Tak tau lah!!!!

  10. hmm…kok jadi meradang ya si sapi bison,,moga ada perbaikan dari yamaha,jo ditelantarkan konsumennya,satukan hati untuk indonesia yang semakin didepan,,jgn saling adu,toh ada customer carenya yang siap layani,bukan tak menanggapi

  11. koq gw aman2 aja yakk…byson gw udh satu stgh bulan umur’y…KM juga udah hampir 3000… ga ada tuh yg oli’y rembes lah…mati dijalan lah…shock depan bocorlah…atw speedo meter berembun….
    dan jangan lupa semua tergantung pemiliknya juga….. ada yg saking sayang’y sama tuh motor rusak dikit aja langsung heboh…..wong tinggal bawa ke bengkel trus minta dibenerin atw klo ada yg cacat produksi kan tinggal diklaim….koq repot sih…
    maap aje nih gw bukan fanboy…dirumah gw ada 3 motor dengan merk berbeda, Honda supra 125x, suzuki sky wave sama yamaha byson…klo gw suka ya gw beli…klo ga suka ya ga perlu koar2 buat BC…
    BC kaga ada untung’y buat konsumen, yg ada tuh ATPM makin pada besar kepala…

    lagipula menurut gw ATPM sebelum mengeluarkan produk’y pasti dites dengan segala macem rangkaian tes…ga mungkin asal launching aja, karena itu kan mempertaruhkan nama baik si ATPM itu sendiri….ya klo dari 1000 produksi ada 1 yg cacat ya wajar lah…nama’y buatan manusia…

    ini indonesia bung…semakin dihujat justru malah semakin besar simpati yg didapat…

  12. saya sempet baca juga trit itu masbro dengan judul :
    ‘baru km 100 mesin yamaha byson dah rontok’
    setelah pindah BeRes akhirnya diketahui bearing nya jebol tp saya lupa bearing yg mana, kalo dr fotonya bearing di sisi kiri atas silinder head (maaf saya awam mesin hehe).
    setelah diganti ternyata mesin masih ada suara2 berisik, dengan pembanding byson temannya. CMIIW
    no offence buat byson rider, saya juga tertarik buat minang byson hehe

  13. gak salah klo byson memang cuma jual tampang kata petinggi YMKI.
    kualitas masih sangat si sangsikan.
    mnalah di blog sebelah udah banyak kompalin ttg speedo dan tangki yg udah retak, padalah baru 1.5 bulan.
    why?

  14. Dri dulu yamaha kalo ngeluarin motor pas awal2ny trouble mulu, ntar bru d perbaiki pd tahap slanjutny! Mkanya jgn bli mtor yg blm ktauan troubleny! Seri faceliftny pasti lebih baik, jgn cm ngandelin gengsi pnya mtor baru!

  15. maaf nih sblumnya agan2…masalah pada mesin itu emang bener kok,,dan terbukti pada kebo ane jg…

  16. say amengunakan byson sudah 11 bulan tidak ada kendala, sempet service ke 4 baut pembuangan oli mesin ada rembesan oli, saya cek ternyata mekanik yang bodoh itu tidak terlalu kenceng ngunci nya, hal hasil saya adukan mekanik nya ke bengkel yamaha pusat, kebetulan saya service di dealer yamaha kabupaten… akan tetapi tidak ada lagi kelanjutan nya atas pengaduan saya, dan kepala mekanik nya juga sama saja o’on nya,,, hhmmmm seharus nya hal seperti ini harus di hindari secara profesionalitas,,, sangat memalukan dan membuat marah……. untuk performa saya rasa dengan body seperti itu dan cc 150 cukup untuk jalan2 di bandung, yang terpenting di jalan tanjakan motor masih bisa lari, kalo jalan lurus memang segitu ada nya untuk kecepatan nya, kalo menurut saya pass deh, beda dengan megapro yang baru, saya telah coba bandung lembang, wow… sangat tidak nyaman di sektor mesin, di kasih nanjak motor kerasa ngeden kaya mau kentut, hadjuuhhhhh sangat ga nyaman menggunakan mega pro, beruntung saya ga beli itu motor..

    Trims….

  17. malu gw pake new mega pro, ga bisa lari maz bro, gw udah niatin mau jual lagi nih, honda OK jika mesin built up, seperti cbr, sekarang gw ngerti apa kendala di honda, 10 tahun saya menggunakan honda, tetapi sekarang saya beralih ke yamaha (pio1897)

  18. wah ko sama mas, megy saya jg lemot banget, padahal dulu saya menggunakan GLpro 93 terasa lebih nyaman pada thn 1993 untuk mesin nya….. hmmm,,, saya juga mau jual nih megy biru saya, & sudah ada yang naksir sama abang ojeg komplek,,, mudah2 deal

  19. lah ko sama sama yg komen di atas ??? megapro yang saya idam2 kan selami ini ternyata hasil nya 0 besar, ga puaassssssssssssssssss……… mau di bore up aja biar bisa lari…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s