Sedikit Mengenal Piringan cakram : Antara Piringan cakram Beralur Dan Polos…Sesuaikan Penggunaanya..

Jaman dulu…yg namanya Piringan cakram variasi yg segede tampah itu sulit carinya…makannya kudu pinter2 ngakalin pakai punya motor semprot yg lebih lebarr ukurannya…itu jaman duluu…seiring perkembangan teknologi…semakin kreatif juga bangsa ini..sekarang mo pesen piringan segede tampah juga ecess…..

Nah di toko variasi motor kerap ditemukan 3 pilihan piringn cakram variasi yg lebarr…yah kalo kata orang sih semakin lebar piringan cakram itu..semakin mantabbb ngeremnyaa dibandingkan bawaan standart motor…3 piringan itu yg pertama adalah piringan Polos..bentuknya kek cakram bawaan pabrik..tapi dimensi lebih lebarr….yg kedua model beralur..kerap disebut piringan cakram kembang..yah karena bentuknya emang bergerigi kek bungan gitu…yg terakhir hanya tambahan  aja..coz yg kek gini sekarang kurang ngetopp..tapi masukin aja dah..yap piringan unik yg menempel di velg…motor pabrikan yg aplikasi ini salah satunya adalah BUELL motor amrik…dlu tahun 2004 an nih piringan tenar juga lo..

Model ala Buell dulu diminati…

Kira2 yg sesuai untuk harian itu yg mana yah??..secara harga beda2 tifiss…apakah pas peruntukannya??…nah yg kerap disarankan untuk di gunakan sehari adalah model poloss…dari kontruksinyaa udah sama dengan bawaan pabrik…selain itu yg penting adalah pringan cakram model kek gini ini lebih mampu menyebar panas secara merata…jadi aman disaat kita melakukan pengereman dalam waktu lama….

lebih sip buat harian

Hal ini berbanding terbalik dengan model beralur alias model kembang…design yg bergerigi gak mampu menyebarkan panas ke seluruh permukaan cakram saat terjadi pengereman dengan jangka waktu panjang..nah yg ditakutkan KALO bahannya gak bagus kualitasnya..bakalan ngolet (melengkung) tuh piringan cakram…wahh gak enak buat ngerem dan bahaya tentunya…

Beralur..mendingan buat jarak pendek saja

Sedangkan untuk si model BUELL…walopun penampangnya sevelg…tapi soal kontruksi yg made in lokal berbeda jauh dengan made in Buell sendiri…bahkan kalo diadu ama cakram standart..ternyata kemampuan mengeremnya sama aja…jadi cuman menang gaya doang…

yang kek gini kalo buatan lokal mending buat nampang aja (pict aseli lo ini)

Nah kalo udah tau gini..lebih baik saat memilih piringan cakram..difikirkan dlu penggunaannya untuk apa..kalo untuk gaya muter2 koplek plus jalan2 dalam kota..gak terlalu masalah pakai yg model beralur dan model BUELL…kalo buat harian..terutama doyan kebut2an dan touring jauhh..baiknya pakai yg model polos aja…

 

30 thoughts on “Sedikit Mengenal Piringan cakram : Antara Piringan cakram Beralur Dan Polos…Sesuaikan Penggunaanya..

  1. ya mending yang polos aja dan floatingnya asli dari pada yg kembang tapi floatingnya abal-abal

    tapi masbro justru model kembang (yg asli) untuk pendinginan malah bagus karena bidang cakram tidak terus terusan bergesekan dengan kampas aka selang seling , ya sama seperti fungsi lubang-lubang di piringan cakram

    dan salah satu fungsi floating (asli) kan untuk mencegah panas menjalar ke seluruh piringan cakram yg bisa menyebapkan piringan melengkung

    pendapat saya loh Cmiiw

  2. berarti cakram kawasaki cuma cocok buat jarak pendek ? ah, itu lain soal. kan bawaan pabrik pasti sudah dihitung matang (tak jawab sendiri saja :mrgreen: )

  3. Pabrikan indihe ada juga yang pake model kembang, rotopetal disc istilahnya.. Cmiiw..
    Klaimnya dapat memperluas permukaan, so pendinginan pelat cakram lebih maksimal.

  4. Sangat2 tjerdas artikelnya!!!

    Kmren sempet lirik2 velg variasi yg lebar gitu, gr2 piringan cakram aus, gr2 telat ganti kampas

    Tp stlh mencermati artikel ini; maka kesimpulan saya=
    Mendukung standar pabrik!!!

    Kualitas jelas… Safety diperhitungkan

    Pake velg tapak lebar, semakin besar gaya yg disalurkan ke cakram… bahaya kalo yg pake alay sruntulan… Ngerem ndadak, ndlosor dia…

    Wkwkwkwkkwkwkwk

    Kalo yg kembang bawaan pabrik fine2 aja… Tp yg aftermarket??? Mikir2 lg brow… Kmren liat cakram kembang, bolong2nya lebay…. Lebar banget… Ga kebayang deh kalo kampas rem nyangkut ke lobang tsbut… Bs2 motor berhenti dadakan… jelas bahayain dr sendiri ma org laen…

    Sy mendukung akan adanya standarisasi piringan cakram… Tu aspek penting safety berkendara…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s