Sebenarnya Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Honda NMP Vs Yamaha Byson??

Hal itu yg sering ditanyakan ke ane….wah jujur aja sebagai seorang blogger yg juga manusia..ane juga bingung tenteng kelebihan dan kekurangan duo motor baru itu..dan kalo disuruh milih??…hmm..ane rasa ngk bisa deh..coz masih bingung oi :mrgreen:

Nah saat ini ane baru bisa ngasih info tentang kekurangan dan kelebihan si NMP dan Byson itu..yuk dibahas..apa aja sih kekurangan dan kelebihannya??

Honda New Megapro


Spesifikasi Rinci Honda New Mega Pro 2010:
Panjang X lebar X tinggi 2.050 mm x 757 mm x 1.075 mm
Jarak sumbu roda 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah 152 mm
Berat kosong 136 Kg
Tipe rangka Pola Berlian (diamond steel)
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
Ukuran ban depan 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless utk CW
Ukuran ban belakang 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless utk CW
Rem depan Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang Cakram hidrolik dengan piston tunggal (Tromol utk SW)
Kapasitas tangki bahan bakar 12.,0 Ltr
Tipe mesin 4 langkah, OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah 149,2 cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 10,1 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum 12,8 Nm / 6.500 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin 1 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi transmsi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5
Starter Pedal & starter elektrik
Aki MF 12 V – 5 Ah
Busi NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Sistem pengapian DC – CDICDI

Varian terbaru dari Honda ini dibungkus oleh bodi baru yg bner2 freshh…ngk jadul seperti pendahulunya..dann mesin yg baru juga..ngk 160 cc seperti yg lawas..namun 150 cc..dan soal performa sama kok dengan mesin yg lawas…apasih kelebihannya??

Harga

18,3 juta (SW)

19,5 Juta (CW)

Kelebihan:

Rem Belakang Cakram


Ini jelas terlihat paling unggul dulu…melihat si byson yg rem belakangnya teromol..hmm..jelas udah jadi nilai plus buat NMP :mrgreen:

Lampu Penerangan plat nomer


Mungkin itu sebutannya..coz ane juga kurang tahu namanya :mrgreen: ….si NMP udah aplikasi ini untuk menerangi plat nomer di bagian belakang :mrgreen:

Mesinnya


Lebih powerfull di rpm bawahnya si NMP (katanya lo :mrgreen: )..coz ditunjang bodi yg ramping dan pakai ban yg lebih kecil dari Byson…apalagi udah aplikasi sistem canggih di karbunya..yg bikin nih motor irit banget.. katanya sih 1:50 an lah..itu katanya lo :mrgreen:

Safety

udah jelas paling aman..coz pakai kunci ala magnetik..ato kunci modern sepeerti di motor2 bebek Honda :mrgreen:

Shock beker Belakang


Lebih ok kayaknya daripada Byson..coz diambil dari 2 jenis type shock yg disatukan..cuma klik penyetelan di NMP cuma 3…sedangkan byson ada 5

Kekurangannya:

Bodi

jujur aja bodinya emang berubah..namun msih kurang kekar gitu..dann..kalo sayapnya yg di tangki itu dilepas..maka tangkinya malah jadi mirip Megapro lawas :mrgreen:

Roda

Velg ane rasa kekecilan..jika dibandiingkan dengan Byson lo…padahal udah sama2 aplikasi ban Tubelles… :mrgreen:

Shock depan


dimensi jelas lebih kecil dari si Byson :mrgreen:

Spidometer


Masih menggunakan semi digital..alias sebagian digital aja..sebagian pakai analog

*Foto NMP dari blognya Ki Kolor Ijo :mrgreen:

Yamaha byson


Dimensi :

PxLxT : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda : 1.334 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter

Mesin :

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, 2 klep, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : Silinder tunggal/tegak
Volume silinder : 153 cm3
Diameter x langkah : 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi : 9,50:1
Daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator : Mikuni BS26X1
Tipe kopling : Basah, kopling manual
Tipe transmisi : 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka :

Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Monocross
Ban depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol

Kelistrikan :

Sistem pengapian DC CDI
Battery : YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy : NGK CPR 8EA-9

Rival berat dari YMKI ini juga ada kelebihan dan kekurangannya..apa aja sih??..yuk diliat :mrgreen:

Harga

19,5 Jutaan (only CW)

Kelebihan

Bodi

Jelas lebih berotot dari NMP..ini yg jadi andalannya si Byson

Shock depan


Lebih kekar dari NMP

roda

Jelas lebih kekar dan lebar

Muffler knalpot


Ini juga yg jadi daya tarik Byson…lebih keren daripada NMP :mrgreen:

Cakram Depan

lebih besar diameternya dari NMP..dikarenakan rem belakang Byson masih teromol..jadi tumpuannya yah depan :mrgreen:

Spidometer


Udah pakai full digital :mrgreen:

Kekurangan:

Rem belakang

Masih teromol…kalah dong ama New Jupe MX :mrgreen:

Monoshosck


Disinyalir menganut sistim seperti Yamaha Scorpio lawas..namun sepertinya sih ngk..cuma msih pakai sok biasa dan punya setelan 5 klik aja

Mesin


Kalah di putaran bawah dari NMP..yah bisa dikarenakan ban yg gambot sih..selain itu konsumsi BBMnya lumayan irit juga 1:44 :mrgreen: (katanya lo)

Nah itu mungkin sebagian kelebihan dan kekurangan yg ane ambil dari NMP dan Byson..toh saran ane ngk usah membela adil ato ngk adil ane nulisnya..coz tulisan ini cuma masukan..kalo ok ya ayok aja..kalo ada yg salah yah maaf dan mohon masukannya…lagipula ngk ada motor yg sempurna di dunia ini :mrgreen:

Oh iya..jujur aja ane masih bingung soal kal milih kedua ini motor…jadi ane simpulkan gini aja: kalo yg mau tampilan gaya dan ngk mementingkan mesin..pilihh Byson aja..kalo mo cpet, irit dan ngk meduliin tampilan motor…pilih NMP aja…kalo mau kenceng+keren??…mending bareng2 ane aja nabung buat beli New CBR 250 aja :mrgreen:

Kalo ane juga bingung nih milih yg mana?? :mrgreen:

35 thoughts on “Sebenarnya Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Honda NMP Vs Yamaha Byson??

  1. semua fitu di motor tersebut ada di CS1 xixixixix
    fitur : speedo digital, double diskbrake, punukan plastik, :mrgreen:

  2. byson bukanya 19,9 jt bro CMIIW…

    Gambar celengan pertama modelnya NMP
    gambar yg kedu modelnya Byson karna sama2 pake koyo,byson di jidat modelnya di bemper depan

  3. Ane coba tambahin bro (sori kalo salah), seperti yang ane pernah baca di blog tetangga (lupa yang mana), tentang kelebihan Byson :
    1. Ada fitur engine cut off. Di NMP fitur ini malah dihilangkan
    2. Ada fitur tombol pass. Fungsinya buat kalo mau nyusul kendaraan di depan. Detilnya kaya gimana ane ga tau (belum pernah nyoba). Coba tanyain mas iwan banaran yang udah punya

    Oiya, tetangga ane udah ada yang punya. Kesan ane waktu ngeliat si byson:
    1. Waktu lewat, ssssss…..buset…knalpotnya hening banget ya. Nyaris tak terdengar :mrgreen:. Ane demen model yg kaya gini
    2. Byson dalam keadaan sedang jalan, keliatan keren. Padahal dulu waktu pertama liat byson lagi nangkring di dealer, kesannya biasa aja. Kok bisa ya? :mrgreen:

    Kesimpulannya : berhubung ane ngga doyan ngebut dan ngga berani ngebut (karena ngga punya skill ngebut), kayanya ane lebih cenderung ke byson.
    Kalo NMP, ane belum pernah liat satupun yg ngaspal

  4. kemarin di JMS.. ane sempet nyoba dua-duanya..

    NMP.. dipakenya enak.. ane nyoba mulai dari ngegas asal-asalan ampe diurut.. nich motor enak banget.. suara kenalpotnya merdu.. bulat en ngebass.. buat ane ergonominya passsss… :D

    ane 166-167 cm, 65 kg

    kalo byson… pas ane nyoba ngegas asal-asalan… kayak ada suara nembak-nembak dari knlapot.. persis kayak abangnya scorpio225.. en akselerasinya agak nahan sedikit.. suara knalpot sunyi senyap… bahkan lebih senyap dibanding skuter ato bebek sekalipun.. (kata salesnya emang kayak gitu karakternya tapi it’s ok..)
    ergonominya lumayan enak walo agak nunduk dikiiittttt… perlu dimodif nich stangnya..

    kesimpulan;
    NMP lebih enak dibawa.. tinggal ngegas.. atur persneling.. langsung ngeluncur..
    Byson, (ini yang bikin ane bingung) biar kata tarikannya agak nahan… tapi dijalanan (yang ane liat) larinya pada lumayan kenceng..

    ane pribadi pilih NMP.. walopun lebih seneng ngeliat Byson.. :D :D :D
    alasannya simple, NMP lebih bersahabat ama boncenger.. soalse jok belakang NMP lebih lebar en sedikit lebih panjang dibanding byson..
    ( lha iya.. pan enak kalo buat mbonceng anak – istri.. :D )

Tinggalkan Balasan

