Daijiro Kato legend in Japan

Daijiro Kato ( 4 Juli 197618 April 2003)

Awal karir balapnya dimulai sejak ia berumur 3 tahun. Pada tahun 1979, itu ia telah berlatih mengendarai motor pocket bike dan di usia 5 tahun ia telah mengikuti kejuaraan balap pocket bike bahkan sering menjadi juara. Saat usia 11 tahun ia mulai berlomba dengan mengendarai motor minibike, dan berhasil menjuarai semua kelas yang dilombakan di daerahnya.

Tahun 1998 Ia turun di GP 250 cc di GP Jepang sebagai pembalap wild card, dan berhasil menjuarainya. Pada tahun 2000 ia mengikuti GP 250 cc secara penuh dengan bergabung dalam tim Axo Honda Gresini. Hasilnya, ia berhasil menduduki peringkat 3 dunia dikelas tersebut dengan 259 poin dan 4 kali juara seri yaitu di sirkuit Suzuka (Jepang), sirkuit Estoril (Portugal), sirkuit Nelson Piquet (Brasil), dan sirkuit Motegi (Jepang).

Saat menjadi juara dunia 250 cc

Pada tahun 2001, dengan bergabung dengan tim Telefonica Movistar Honda dan mengendarai Honda NSR 250 pembalap bernomor 74 ini, meraih gelar juara dunia GP 250 cc. Ia meraih 11 kemenangan dari 16 seri yang dilombakan dan merebut 322 poin. Tahun 2002 ia pindah ke kelas MotoGP, bergabung dengan tim Fortuna Honda Gresini dan mengendarai Honda NSR 500 ia mampu menyaingi pembalap pabrikan Honda dan pabrikan lainnya yang menggunakan motor 4 tak 990 cc. Di pertengahan musim ia mendapat jatah Honda RC211V 4 tak 990 cc, dan langsung meraih posisi kedua di sirkuit Brno GP Ceko.

Saat membela Fortuna Honda

saat head to head sama Valentino Rossi

Saat head to head dengan max Biaggi

Musim 2003 ia membalap dalam tim yang sama dengan sponsor baru Telefonica Movistar dan turun penuh dengan RC211V. Sayang pembalap yang menjadi harapan Jepang untuk menjadi juara dunia pertama asal Jepang ini, tewas setelah mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama MotoGP 2003 baru berjalan. Tragis, ia tewas setelah motor RC211V yang dikendarainya menabrak dinding pembatas lintasan dan hancur berkeping-keping di depan fansnya sendiri, di lap keempat GP Jepang pada tanggal 6 April 2003. Kato menghabiskan dua minggu dalam keadaan koma setelah kecelakaan itu sebelum dia meninggal sebagai akibat dari cedera dia berkelanjutan. Penyebab kematian adalah terdaftar sebagai infark batang otak. Banyak pembalap MotoGP memakai ban lengan hitam dan memasang # 74 pada racing suit mereka dan motor mereka di lomba berikut di Afrika Selatan untuk mengenang almarhum. Rekan setimnya, Sete Gibernau, telah mengenakan # 74 pada racesuit selama dia berlomba. Ia meninggalkan istri, seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang lahir beberapa waktu sebelum kecelakaan naas itu terjadi.

Sirkuit Suzuka Japan

Kejadian sebelum dan sesudah kecelakaan yg tragis

Dan untuk menghormati almarhum FIM memensiunkan nomor start Daijiro Kato…yaitu #74

The Doctor pun menghormati Kato dengan memasang #74 di helm nya

Sete Gibernau juga memasang #74

Hiroshi aoyama juga memasang #74

Bahkan Tomizawa si Juara Moto 2 juga memasang #74

Races by year

(Races in bold indicate pole position)

Year Class Bike 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Pos Pts
1996 250cc Honda MAL
-
INA
-
JPN
3
ESP
-
ITA
-
FRA
-
NED
-
GER
-
GBR
-
AUT
-
CZE
-
IMO
-
CAT
-
BRA
-
AUS
-
23rd 16
1997 250cc Honda MAL
-
JPN
1
ESP
-
ITA
-
AUT
-
FRA
-
NED
-
IMO
-
GER
-
BRA
-
GBR
-
CZE
-
CAT
-
INA
-
AUS
-
19th 25
1998 250cc Honda JPN
1
MAL
-
ESP
-
ITA
-
FRA
-
MAD
-
NED
-
GBR
-
GER
-
CZE
-
IMO
-
CAT
-
AUS
-
ARG
-
20th 25
1999 250cc Honda MAL
-
JPN
5
ESP
-
FRA
-
ITA
-
CAT
-
NED
-
GBR
-
GER
-
CZE
-
IMO
-
VAL
-
AUS
-
RSA
-
BRA
-
ARG
-
20th 11
2000 250cc Honda RSA
2
MAL
3
JPN
1
ESP
2
FRA
6
ITA
3
CAT
4
NED
8
GBR
10
GER
4
CZE
6
POR
1
VAL
5
BRA
1
PAC
1
AUS
3
3rd 259
2001 250cc Honda JPN
1
RSA
1
ESP
1
FRA
1
ITA
10
CAT
1
NED
11
GBR
1
GER
2
CZE
3
POR
1
VAL
1
PAC
Ret
AUS
1
MAL
1
BRA
1
1st 322
2002 MotoGP Honda JPN
10
RSA
4
ESP
2
FRA
Ret
ITA
Ret
CAT
8
NED
12
GBR
7
GER
Ret
CZE
2
POR
Ret
BRA
Ret
PAC
Ret
MAL
5
AUS
4
VAL
4
7th 117
2003 MotoGP Honda JPN
Ret
RSA
-
ESP
-
FRA
-
ITA
-
CAT
-
NED
-
GBR
-
GER
-
CZE
-
POR
-
BRA
-
PAC
-
MAL
-
AUS
-
VAL
-
- 0

Grand Prix career statistics

Season Class Motorcycle Team Race Win Podium Pole FLap Pts Plcd
1996 250cc Honda NSR250 1 0 1 0 0 16 23rd
1997 250cc Honda NSR250 1 1 1 0 0 25 19th
1998 250cc Honda NSR250 1 1 1 1 0 25 20th
1999 250cc Honda NSR250 1 0 0 0 0 11 20th
2000 250cc Honda NSR250 16 4 9 3 1 259 3rd
2001 250cc Honda NSR250 16 11 13 6 9 322 1st
2002 MotoGP Honda NSR500
Honda RC211V
Gresini Racing 16 0 2 1 1 117 7th
2003 MotoGP Honda RC211V Gresini Racing 1 0 0 0 0 0 -
Total 53 17 27 11 11 775

19 thoughts on “Daijiro Kato legend in Japan

  1. Walaupun pake helm titech skalipun,kalo menghajar beton dg kecepatan 100-200kph,otaknya tetep kopyor juga…jian,padahal kato is the best fighter nippon je…selain norifumi abe#6…

  2. hmm,,..
    di F1 juga suzuka mang di permasalahin gan fktor septi’a gra2 tembok yg terlalu dket,,..

    moga da kato jr.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s