AHM…gimana nasib Honda Kharisma mu????

Kalo melihat produk2 AHM sekarang di line bebek…jelas kelihatan banget kalo AHM bner2 mengalami kemajuan pesat dari segi mesin, body, dan tekhnologi…..dari jejeran kelas low entry aja mesin c-100 yg legendaris pun udah dilengserkan….dan mereka mengganti line-up motor mereka dengan honda absolute revo yg berkapasitas 110cc dan honda blade yg cc nya juga sama…tampilan bodi juga modern bgt dah….ngk kayak Honda astrea grand, supra x 100 cc, legenda…..

Sedangkan di kelas 125 cc….kelas yg dulu rame buangett….disini sekarang diisi oleh Honda supra x 125cc, CS-One….tapi yg masih jadi pertanyaanq….gmna yah nasib si Honda kharisma??….padahal dulu disaat motor2 honda masih bertampang jadul…dan musuh2 honda ngeluarin senjata andalannya…dan kharisma mampu kok bertaji melawan mereka…dan bisa dikatan ne motor mbahe 125 cc 4 tak…

Neh spesifikasinya:

Panjang x Lebar x Tinggi 1901x708x1078 mm.
Jarak sumbu roda 1246 mm.
Jarak terendah ke tanah 137 mm.
Berat kosong 102,2 kg (NF125D), 101,6 kg (NF125).
Tipe rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dan peredam kejut ganda.
Ukuran ban depan 2,50 – 17 38L
Ukuran ban belakang 2,75 – 17 41P
Rem depan Cakram hidrolis (NF125D), Tromol (NF125)
Rem belakang Sistem tromol
Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter
Tipe mesin 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah 52,4 x 57,9 mm.
Volume langkah 124.9 cc.
Perbandingan kompresi 9,0 : 1
Daya maksimum 9,3 PS/7500 rpm.
Torsi maksimum 10,1 N.m/4000 rpm.
Kapasitas minyak pelumas mesin 0.70 liter pada penggantian periodik
Kopeling Otomatis, tipe basah, tipe ganda
Gigi transmisi 4 kecepatan, rotary
Pola pengoperan gigi 1- N – 2 – 3 – 4 – N
Starter Pedal dan elektrik
Aki MF 12 V – 3,5 Ah
Busi ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
Sistem Pengapian CDI-DC, Battery

YAMAHA JUPITER Z :

Engine
Type……………. SOHC 4 stroke
Bore x Stroke………………………… 51.0 mm x 54,0 mm
Displacement……………………….. 110,3 cc
Compression Ratio………………….. 9.3 : 1
Carburation………………………. VM 17 x 1 MIKUNI
Fuel Tank Capacity………………………. 4,5 lt

Dimension
LxWxH…………………. 1.910 x 675 x 1.040 mm
Seat height………………….. 760 mm
Wheelbase………………………. 1.225 mm
Minimum Ground Clearance………………. 130 mm
Weight Tank Empty…………….. 97 kg

Chassis
Front Tyre…………………. 70/90-17 38 P
Rear Tyre………………….. 80/90-17 44 P
Rear Brake……………………….. Teromol
Front Suspension……………… Telescopic Fork
Rear Suspension……………… Swing Arm

Electric
Ignition System……………………. CDI
Maximum Power……………………. 9,0 PS/8000 rpm
Maximum Torque ……………… 9,2 N-m/5000 rpm

Tapi setelah berlalunya jaman Jadul di AHM…kok si Kharisma di lengserkan yah??…setelah di facelit pake nama kharismaX….namun di ganti sama supra x 125 cc….sungguh sangat disayangkan…

Nah ditahun yg baru ini…coba deh honda menghidupkan Honda kharisma dari tidurnya…untuk menggempur pabrikan kompetitornya….dan dengan mesin baru tentunya….tapi ingat…bentuknya jangan terlalu revolusioner kayak CS-one….

Ditunggu lhooo……………

69 thoughts on “AHM…gimana nasib Honda Kharisma mu????

    • bukannya sampe sekarang spra v dan xx malah jadi varian langka yg malah bnyak dicari orang??……..karena udah kopling manual…ane aja dulu minat bgt ma ne motor…sayangnya carinya sulit…

  1. iya bener.. gw dulu pernah pake supra double x. lumayan asyik lho… tp hidupin cbr aja deh. soalnya gw udah ninggalin era bebek.. he..he..

  2. kharisma mantep bro. kharisma di rmh ku dah 6 tahun lebih, servis aja nggak terlalu teratur tetap bisa kenceng. lari 115an km/jam. Sebelum pakai revo 100cc aku pakai kharisma. dan memang tenaganya yang aku suka. Kalo dibandingkan dengan supra 125 yg sekarang, kharisma lebih aerodinamis.

    Selain power nya, saya suka nafasnya kharisma yang panjang. Gigi 1 bisa 55km/jam. 2 sampai 80km/jam. 3 sampai 100km/jam. mesin masih standar.

    sekian mas sharing tentang Honda Kharisma. Meski udah jadul, tapi masih tetap ber-Kharisma

      • kharisma kcptan bleh diadu dg revo,supra 125
        cz aq prnh coba dr jateng-jatim
        pkkx siiip wlau dlm keadaan cpat,tp ttep tenang…..
        tp kelemahannya bodynya gmpang goyah……….
        apa ada yg setuju???????????

  3. karisma x produk honda terakhir yg kupakai…
    akhirnya kelain hati.
    setelah impressa’97 & supra v bikin dongkol lalu pakai karisma x ’04 tp bodynya bergetar minta ampun sdh beberapa kali ke ahass nggak terselesaikan, akhirnya dioper kredit temen.

  4. sedih hatiku….supra x 125 keluaran tahun 2007ku akhirnya terjual juga…dimana telah banyak berbagi penderitaan dan kesenangan…terakhir km 50.000….pas beli sebenernya agak nyesel..2 bulan kemudian keluar tipe CWnya yang pake doble disc,,harga lebih murah 300 rebu lagi…knalpot udah miring ke atas..batok model baru…bodi lebih yahuuud…nasib nasib…
    penderitaannya nggak pernah habis2…batok lampu gampang pecah..karena getarannya alamaaaakkk….sampe ke biji biji…cat bodi gampang ngelupas….kalo ujan gas susah balik…kadang lepas tangan motor jalan sendiri…sampe orang bingung..nih motor di remotin sama siapa….lalu mesin sering brebet…di gigi 4 sering terdengar bunyi mendengung…nguuuung nguuung….lama lama akhirnya ganti seher dan kawan2nya ( turun mesin total…buset padahal baru 3 taon….)…dengan segala daya dan keyakinan akhirnya motor diperbaiki dan didandanin lagi dan akhirnya dijual dengan harga 7 juta….buat nambahin beli honda megapro kurang lebih 13 jutaan….motor udah ada dirumah tinggal tunggu plat nomor….eh tanya kesana kemari lalu liat thread2 mengenai megapro….buseeeeeeet masalahnya lebih banyak dari supra x 125 yang gw punya sebelumnya….tapi karena pengalaman2 mereka tersebut bisa dijadiin referensi pencegahan sebelum masalah2 tersebut muncul…mudah mudahan,,,,WOIIIIII AHM inikah cara mu agar penjualan sparepartmu meningkat dengan menurunkan kualitas barang agar bisa diganti dengan CEPATTTTTTTTT……WOIIII JAWAB

    • hehhehe..itu mah biasa bro…kalo mo irit…untuk part yg ngk terlalu vital (kayak body, dan lampu2)….pakai aja yg KW…kalo untuk bagian Vital (kayak Mesin)….harus tebus yg asli…gitu aja deh patokannya…thnks dah maen2 ke mari bro :mrgreen:

  5. aku baru beli motor bekas setelah sekian lama nyari akhirnya pilihanku jatuh pada supra x 2005 ini motor empuk banget masih bisa nyampe 105km/jam di jalan datar, beda ama kharisma yang keras shok brekernya.(aku dah coba beberapa)….tapi sayang nih motor (supra x 2005) bodynya terasa agak miring ke kanan tangan jadi cepat pegal…..mohon pencerahan….

  6. Honda karisma saya udah berumur 5 tahun nih, 2 tahun yang lalu ada yang nawarin beli 9 juta…
    tapi saya gag mau jual soalnya saya suka pake ni motor, cuma terdapat beberapa kendala nih…. yang pertama sudah 2 bulan elektrik staternya gag berfungsi tapi gag tau solusinya, terus yang kedua sekarang teman-teman pada ngeledekin nih soalnya motor saya di bilangin motor jadul, tapi saya ingin tunjukin walaupun motor jadul tapi larinya kenceng, tapi solusinya ini belum dapat……..

    mohon saranNya yaaaaa…….

  7. Aku suka banget ma kharisma D, soalnya ada tutup rantainya tapi sayang susah kalo mau mbawa barang di belakang naliinya agak susah ga kaya supra X..(maklum pedagang).

  8. aku tadi ke pasar ngantar ibu belanja, kulihat kharisma 125 D…baguss..bangett…aku belum pernah lihat srtipping model spt itu,,,,SUKAAAAA…

  9. Menurutku kelemahamahan Kharisma 125D adalah
    1. Bodi mudah berisik (pating grobyak:jawa)
    2. Jok untuk pembonceng tipis dan tidak nyaman sebagai akibat tengki bensin di belakang (ini juga pada varian terakhir yaitu SUPRA X 125)
    3. Penunjuk posisi Gigi kurang terang
    4. Nilai jual kembali jatuh (ditempatku) dibawah supra x 100cc
    5. Pegangan pemboceng pendek sehingga sulit mengaitkan tali.

  10. motor karisma X ku th 2005, alhmd body tidak bergetar. Pernah setelah service di Ahass jadi bergetar, dan akhirnya aku bongkar terus aku akalin deh. Alhmd sampe skrg nyaman2 saja. Motorku bisa tembus 140, pernah hampir mentok 160km/h. Motorku hanya menggunakan kopling manual dan bubut cam-nya saja.. Sudah cukup kok tarikannya…

  11. ech……ku pernah….”KARISMA” sya…di kebut…..tpi,..belum di diapa-apa(bor up)….pas kemudian…..langsung hilang gas…..lama-kelamaan langsung…..mati……mohon minta informasi nya

  12. Mas, bodi karisma saya bergetar gak karuan gara pecah di sana sini. Kalau saya mau ganti total bodi karisma saya kira2 habisnya berapa juta ya?
    Tengkiu.

  13. Permisi mas, sy Tommy pemilik Honda Karisma thn 2003. Saya mau ganti knalpot standar saya dengan NOB1 3bold nih. Apakah spuyernya perlu digedein (maksudnya pilot jet yg harus digedein atau main jet yg harus digedein atau dua2nya)?
    Kl aki kering, bisa gak diganti dengan kepunyaan Satria FU125?, konon kukuran aki keringnya 6ampere (kl punya Karisma ada 3ampere).
    Seandainya seher mau diganti pake merek Izumi ukuran 53mm, apa saja yg perlu dirubah?

  14. Karisma X saya sudah 9 tahun (2005). tahun ke-8 sudah belah mesin setengah (ganti seher, ring seher) karena sudah ngebul. pemakaian perhari sekitar 35-40km, sekarang km 98.000. sudah ganti aki 2x, gear set 4x, shockbreaker belakang 1x, per shock depan diganti tahun ke-8, cover jok 1x, ganti ban lupa deh… lampu rem gak tau berapa kali, lampu depan 2-3 kali, lampu sen belum pernah ganti. dijual? gak ah… dipake saja sampai akhir hayatnya hehe…
    Menurut saya, karisma itu motor bandel yang bisa diacungi jempol. aerodinamis, irit, dan bertenaga. Namun, kekurangannya:
    1. bodi bahannya terlalu tlpis, jadi banyak yang pecah/retak di sana sini.
    2. di jalan datar/lurus bisa diajak lari, tapi di tanjakan ampun….. gak kuat
    3. jok tipis, perjalanan di atas 1 jam pantat panas deh….
    4. shockbreaker keras, saya ganti pake shock supraX125, tetap keras.
    5. nasibnya gak berlanjut karena digantikan oleh SupraX125 yang mesin generasi awalnya nyaris sama dengan karisma.

  15. Emang bener mas bro…karisma emang kenceng abis…punya ane karisma 04′ ane pasang kopling n ganti per kopling BRT alhasil motor ane kayak motor balap…ane gak tau tuh motor lari berapa soalnya spido dh mati tapi di adu sama megapro n vixion motor ane emang kalah di awal tapi di ahir motor ane bisa paling depan…bahkan sempet ane di panasin ama ninja…ane mikir kagak bakal bisa lah ngalahin tuh motor…tapi ane heran knp bisa kesusul tuh ninja walaupun butuh waktu lama n pegel harus geber terus tuh karisma…
    pernah ane adu drag sama satria FU alhasil jarak 200m ban motor ane nyampek finis duluan…mantap deh pokoknya tapi sayang bodynya itu lho… :(

Berikan Balasan

